kumparan
search-gray
News25 Juli 2018 21:36

5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar

Konten kiriman user
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69694)
Zanzibar (Foto: Wikimedia Commons)
Tinggal di Afrika bukanlah pilihan semua orang dan mungkin orang akan berpikir berulang kali untuk tinggal di sana. Namun berbeda dengan saya, pada saat saya ditugaskan untuk penempatan ke Afrika, tanpa pikir panjang saya langsung mengiyakan (karena memang tidak ada pilihan lain hehe).
ADVERTISEMENT
Saya mungkin salah satu orang yang beruntung bisa merasakan tinggal di negara orang apalagi di Afrika, atau tepatnya di negara Tanzania. Beruntung karena mungkin apabila tidak ditempatkan disana saya tidak akan pernah tau seperti apakah kehidupan di Afrika, dan memang Afrika, khususnya Tanzania bukanlah tujuan wisata bagi kebanyakan orang. Banyak pengalaman dan pelajaran hidup yang dapat saya ambil selama 3 tahun bertugas di sana. Intinya Afrika tidaklah seburuk/seseram yang terlihat di TV.
Karena saya sempat tinggal di Afrika, banyak yang bertanya “ada apa di sana?”, “Kalo libur ke mana?”. “Ngapain aja di sana?”, sebenarnya banyak sekali spot wisata di Tanzania yang belum banyak diketahui orang. Bagi orang yang sedikit paham mengenai Afrika, mungkin yang terpikir wisata di Afrika adalah Safari, memang benar, apalagi di Tanzania, Safari adalah salah satu tujuan utama wisatanya
ADVERTISEMENT
Namun selain Safari banyak orang yang tidak tahu bahwa di Tanzania ada objek wisata lain yang tidak kalah menarik yaitu Pulau Zanzibar. Zanzibar, adalah bagian integral dari negara Tanzania. Zanzibar terletak sekitar 25-50 km dari pantai Mainland Tanzania yang mayoritas penduduknya beragama Muslim (95%). Zanzibar adalah kepualauan yang terdiri dari 2 pulau besar, Pulau Unguja dan Pemba serta beberapa pulau-pulau kecil.
Tentu saja karena merupakan kepulauan maka wisata unggulan di sini adalah wisata pantai, namun tidak hanya pantai ada beberapa spot wisata di Zanzibar yang cukup menarik untuk dikunjungi.
Berikut adalah 5 objek wisata yang wajib dikunjungi saat anda berkunjung ke Zanzibar
1. Wisata Pantai
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69695)
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69696)
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69697)
Kegiatan yang bisa dilakukan di pantai pantai Zanzibar dan salah satu penginapan 
Di Zanzibar, banyak pantai-pantai yang bisa dikunjungi. Hampir seluruh pantai di Zanzibar berpasir putih dan airnya berwarna biru kehijauan, ada beberapa pantai yang terbaik yaitu Pantai Nungwi, Pantai Kendwa, Paje, dan Kiwengwa yang seluruhnya berada di pulau Unguja. Namun jika anda ingin agak jauh lagi mencari pantai untuk snorkeling ataupun diving anda bisa menyebrang dari Pulau Unguja ke Pulau Pemba. Di pantai-pantai yang saya sebutkan tersebut biasanya akan selalu didampingi oleh penginapan-penginapan yang tak kalah cantiknya, anda bisa memilih penginapan luxury atapun budget.
ADVERTISEMENT
2. Stone Town
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69698)
Salah satu bangunan di Stone Town. Foto: Koleksi Pribadi
Terletak di pulau Unguja, Stone Town adalah kota tua di Zanzibar yang masuk dalam daftar “World Heritage UNESCO”. Saat anda mengunjungi tempat ini anda akan merasa dibawa menuju abad ke-19 dengan bangunan-bangunan kunonya. Jalan-jalan di Stone Town akan sangat mengasyikan karena Anda akan berjalan di jalan/gang sempit yang diapit oleh bangunan-bangunan tua bersejarah.
3. Mercury House
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69699)
Salah satu objek wisata yang unik lagi di Zanzibar adalah “Mercury House”, buat anda penggemar berat band “Queen” maka ini adalah tempat yang tepat untuk mengunjungi rumah kelahiran serta rumah tinggal penyanyi band tersebut, Freddy Mercury. Freddy Mercury yang memliki nama asli Farrokh Bulsara lahir di Zanzibar pada tahun 1946 dan menetap di sana sampai umur 8 tahun. Memang tidak banyak yang bisa dilihat di rumah tersebut dan biasanya kita hanya bisa melihat pintu depan rumahnya di mana di dindingnya tertempel informasi mengenai Freddy Mercury. Untuk penggemar berat band Queen berfoto di depan pintu “Mercury House” adalah suatu kewajiban.
ADVERTISEMENT
4. Forodhani Garden
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69700)
Salah satu pedagang makanan di Forodhani Garden. Foto: Koleksi Pribadi
Forodhani Garden adalah surga bagi pecinta makanan, berbagai makanan khas Zanzibar dijual di sini. Tempat ini adalah sebuah taman kota di siang hari namun pada malam hari tempat ini disulap menjadi pusat jajanan khas Zanzibar. Beberapa makanan yang dijual disana adalah antara lain Zanzibar Pizza (di Indonesia adalah Martabak telur), Mishkaki (Sate Daging Sapi), Seafood BBQ (cumi, udang, gurita, lobster, dan ikan yang ditusuk tusuk seperti sate), dan apabila sedang musimnya maka anda akan menemukan durian di Zanzibar. Setelah makan makanan tersebut maka lengkap rasanya untuk ditutup dengan minum-minuman khas Zanzibar yaitu air tebu dimana pada saat menggiling tebunya disisipkan potongan jahe dan jeruk nipis sehingga airnya akan terasa lebih nikmat.
ADVERTISEMENT
5. Prison Island
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69701)
Pantai di Prison Island. Foto: Koleksi Pribadi
5 Tempat yang Harus Dikunjungi saat Kamu Berlibur ke Zanzibar (69702)
Kura-kura raksasa yang berdiam di Prison Island. Foto: Koleksi Pribadi 
Prison Island adalah sebuah pulau kecil yang terletak 15 menit menyeberang dari Stone Town. Dinamakan Prison Island adalah karena pulau ini dahulu kala merupakan penjara bagi para budak, bangunan penjaranya masih berdiri tegak disana untuk dijadikan museum. Selain itu di Prison Island kita juga bisa melihat Kura-kura raksasa yang sudah puluhan tahun hidup di pulau tersebut. Tidak hanya penjara dan kura-kura raksasa saja yang bisa kita nikmati di pulau ini tetapi lengkap dengan keindahan pantai dan spot snorkeling juga tersedia disana.
Itulah 5 tempat di Zanzibar yang wajib dikunjungi saat anda berkesempatan untuk berkunjung ke sana, semoga dapat bermanfaat dan memberikan pilihan baru untuk anda berwisata. Karibu Zanzibar! (Selamat Datang di Zanzibar)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white