Vitamin Sea! Lombok, We’re Coming!

Konten dari Pengguna
29 Desember 2017 18:00 WIB
Tulisan dari Indah Permata Sari tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Anadia: Indaaah... Akhir bulan gw ajak liburan mau nggak?
Me: Kemana dan tanggal berapa dulu nih? Semakin deket tanggal tua semakin tidak mungkin.
Anadia: Ke Lombok Yuk!
Well, itulah percakapan yang mengawali tercoretnya “pergi ke Lombok” dari bucket list gue. Intinya sih, temen gue si petualang dari Tegal ini butuh temen cewek untuk pergi ke Lombok. Udah dari lama, Lalu, anak didiknya waktu SMPTN ngajakin Nadia untuk pergi ke kota asalnya, Mataram. Itu sebabnya Nadia ngajak gue pergi ke pulau yang terkenal dengan pantainya yang indah-indah ini.
Singkat cerita, gue langung mengiyakan aja soal rencana jalan-jalan terjauh yang pernah gue lakukan. Gak lama kita berdua langsung atur waktu untuk ketemuan. Mau beli tiket aja diskusinya panjaaang banget, karena ini perama kalinya kita pergi backpackeran berdua. Untung mesen #tiketkemanapun pakai tiket.com (https://www.tiket.com/pesawat) itu gampang, jadinya kita gak perlu ribet lagi.
Mesen tiketnya itu dari dua bulan sebelum keberangkatan. Selama itu whatapps kita berdua rame ngomongin rencana trip 3 hari 2 malam di Lombok. Sering banget gue bolak balik liatin tiket online gue, sambil senyum-senyum gak sabar nungguin liburan ini. Mungkin bagi sebagian orang Lombok udah jadi spot wisata mainstream, tapi bagi gue ada yang spesial dari perjalanan kali ini. Tahun 2017 ini adalah tahun pertama gue kerja. Sekarang gue udah bisa pergi jalan-jalan dengan uang gue sendiri. Ada kebanggaan tersendiri aja bisa sampai ke tempat sebagus itu dengan jerih payah gue sendiri. Apalagi mengingat udah sekitar 10 tahun gue gak ke pantai dan sekalinya ke pantai langsung ke Lombok! Wow!
Akhirnya hari H tiba juga. Gue sama Nadia excited banget pergi ke bandara sampai akhirnya harus nunggu sekitar 3 jam disana. Ini emang pengalaman pertama kalinya Nadia naik pesawat dan kedua kalinya buat gue. Kita berdua jalan-jalan sambil ngabisin waktu. Disitu kita liat ada display koper di bungkus pakai plastik untuk pengamanan ekstra. Pas ceki--ceki di tiket.com ternyata fasilitas ini bisa didapatkan secara gratis kalau kita beli tiket dari riket.com untuk perjalanan ke luar negeri. Menarik juga ya promonya. Lumayan juga itu untuk menghindari tangan-tangan jahil yang mungkin mau bongkar-bongkar koper kita.
Dua jam berlalu dan kita masuk ke pesawat. Perjalanan 2 jam kita berjalan tanpa kendala apapun. Kita berdua sampai di Lombok Internatinal Airport malam hari dan ketemu sama satu temen Nadia dari Surabaya yang juga ikut dalam perjalan ini, Mas Andika. Gak lama kemudian kita bertiga nunggu Lalu dan temannya Faqih datang dan kita berlima caw dari bandara.
Pas perjalanan di mobil Lalu menuju hotel Lalu sempet bikin kita kaget karena ternyata dia mau UAS. Itu artinya rencana trip kita untuk pergi ke sana kemari bareng Lalu bisa gagal. Nah kita sempet bingung soal transportasi. Waktu itu Lalu ngasih info kalau disini gampang buat sewa mobil untuk jalan-jalan. Kita bisa sewa mobil dari tiket.com (https://www.tiket.com/sewa-mobil) dengan harganya oke dan udah ada supirnya. Udah gitu supirnya orang asli sana lagi, udah pasti hapal jalan. Kuylah naik mobil untuk menjelajahi pulau sambel ini selama 3 hari 2 malam.
Day 1 Pantai Mawun, Pantai Kuta, Tanjung Aan, Bukit Merese, Desa Sade
Day 2 Trip to Gili Air dan Gili Trawangan.
Day 3 Taman Narmada, Stokel Kelambu dan Stokel Benang.
Awalnya pengen kita pengen ke pink beach juga. Tapi kata yang empunya mobil disitu treknya lumayan jauh dan susah karena jalannya semuanya belum di aspal. Seharian bisa gak kemana-mana kalau kita bela-belain ke sana. Akhirnya kita milih tempat wisata lain. Emang enak kalau ada orang asli situ, jadi bisa minta rekomendasi dari backpacker ala-ala kita. Meskipun sayang banget gak bisa ke pantai terkenal itu, tapi yang namanya Lombok gak ada pantainya yang gak cantik.
Pantainya asli gak tahan banget. Pasirnya putih bersih, airnya biru jernih tanpa ada sampah-sampah berserakan dan langit yang cerah. Foto-foto disitu asli bikin foto gue yang biasanya langsung di delete habis cekrek jadi instagramblae. Mau berapa kalipun gue ngeliatin tuh pantai sumpah gak puas-puas. Apalagi tanjung Aannya. It’s like a heaven in earth!
Day 2 perjalanan ke pulau. Jadi kita dua kali ke gili, pertama ke Gili Air untuk snorkeling terus sorenya ke Gili Trawangan untuk sunset. Ini pertama kalinya gue snorkeling dan gue takut banget. Soalnya gue gak bisa berenang hahaha… Tapi ternyata berkat pelampung dan temen-temen gue yang janji bakalan jagain gue di laut, akhirnya gue coba.
Ikannya warna warni! Mereka ngumpul di sekitar kita berkat roti tawar yang kita bawa. Rasanya lucu banget ngerasain mereka berenang deket kaki gue. Woah, gue seneng banget tadi beraniin diri untuk snorkeling! Di tengah laut kita ketemu seorang bule dari Amerika and you know what? Dia bilang dia mau liburan sebulan di Lombok. Sumpah ngiri! Ini perjalanan 3 hari aja nabungnya berbulan-bulan tapi dia bisa sebulan. Tapi gue bangga sih, soalnya dia milih Lombok dan Indonesia dari puluhan pilihan lainnya sebagai tempat dia ngabisin waktu dan ehem*duit*ehem untuk berlibur. Keindahan alam Indonesia itu emang gak bisa dipungkiri lagi.
Siangnya kita naik kapal ke Gili Trawangan untuk ngeliat sunset. Disitu kita semua duduk di samping nahkodanya. Ngeliat pantai dan laut Lombok yang indah ini bikin gue bersyukur banget milih pergi ke sini meskipun ada banyak halangan sebelum pergi. Apalagi gili Trawangan juga gak kalah instagramablenya dibandingkan spot lain di Lombok.
Sayangnya disini kita gak sempet liat sunset karena jadwal yang gak mendukung. Saran aja sih, lain kali kalau mau liat sunset di Gili Trawangan, lebih baik nginep disitu ataupun gak usah sama sekali. Soalnya kapal terakhir itu jam 5 jadi gak akan keburu buat lihat matahari menghilang di ujung horizon laut Lombok. Apalagi kalau gak lu sampai haru bergegas naik delman merek “ferari” kayak gue. Lucu sih naik delman lagi setelah segede ini, tapi muahalnya itu tak terkira. Untuk 1 kali perjalanan 100 ribu raib sudah.
Meskipun day 3 kita gak pergi ke pantai sama sekali, kita masih belum bisa jauh-jauh dari air. Di Taman Narmada kita lihat peninggalan kerajaan Mataram yang penuh dengan pohon-pohon hijau. Sayangnya disitu ada sedikit kecelakaan yang bikin kuku kelingking gue lepas. Mana habis itu kita masih harus Stokel Kelambu dan Stokel Benang yang jalannya jauh banget, kaki gue rasanya kesiksa banget. Nyut-nyutan sepanjang jalan. Tapi begitu udah sampai di air terjunnya, semua rasa sakit gue ilang. Lupa aja kaki gue lagi luka dan langsung nyelup di air terjun. It’s so beautiful…
Sayangnya malamnya kita harus pulang. Emang kalau waktu dihabiskan untuk senang-senang itu pasti berlalunya cepet banget. Btw trip kita ini cuma selisihan beberapa hari sama kedatangan Gong Yoo di Lombok. Rada nyesek sih secara waktu itu suka banget sama ahjussi rasa oppa yang satu itu. Tapi ada om goblin ataupun nggak, Lombok emang udah cantik sih. Kalau masih ada umur (dan yang terpenting rejeki serta promo dari tiket.com) gue mau banget balik lagi ke situ.