• 0

Kisah Pria yang Lepaskan 16 Love Bird Berharga Jutaan Rupiah ke Alam

Kisah Pria yang Lepaskan 16 Love Bird Berharga Jutaan Rupiah ke Alam


Melepas Love Bird

Melepas Love Bird (Foto: Dok. Istimewa)
Kicau mania atau pecinta burung berkicau pasti tahu love bird. Salah satu burung berkicau yang banyak dipelihara masyarakat. Kontes burung love bird juga kerap digelar.
Mengutip wikipedia, love bird atau burung cinta adalah salah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis. Mereka adalah burung yang berukuran kecil, antara 13 sampai 17 cm dengan berat 40 hingga 60 gram, dan bersifat sosial.
Dan berbicara soal love bird ini, ada seorang pria yang melepaskan 16 burung love bird-nya ke alam. Namanya Deden Gunawan (40), dan tinggal di Bogor. Burung-burung love bird miliknya juga bukan burung murah, tapi berharga jutaan rupiah, mulai dari Rp 1 juta hingga yang termahal sepasang Rp 4 juta.
"Itu ada yang impor dari Thailand," beber Deden saat dikonfirmasi kumparan (kumparan.com), Rabu (18/10).
Deden melepaskan burung-burungnya itu ke alam liar di dekat Gunung Salak beberapa waktu lalu. Dan dia mengunggah ke akun instagramnya.
"Sudah saatnya burung-burung ini kembali ke alam," beber pria yang berprofesi sebagai wiraswasta ini.
Deden yang selama tiga tahun memelihara burung akhirnya melepaskan seluruh burungnya. Selain 16 burung yang dia lepas, ada juga 20 burung yang dia berikan ke salah satu pesantren di Bogor, untuk dipelihara dan diternak para santrinya. Burung love bird memang burung yang biasa diternak dan dijual.
"Pelajaran saya sudah selesai, biarlah burung ada yang kembali ke alam dan ada yang berguna untuk para santri yang menuntut ilmu," bebernya tanpa merinci pelajaran yang dimaksud.


NewsBurungLingkunganViral

500

Baca Lainnya