News
·
19 September 2017 16:29

Panglima TNI Ungkap Alasan Beri Perintah Pemutaran Film G30S/PKI

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Panglima TNI Ungkap Alasan Beri Perintah Pemutaran Film G30S/PKI (313944)
Panglima TNI Gatot Nurmantyo (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo punya alasan mengapa memerintahkan prajurit TNI memutar film G30S/PKI. Menurut Gatot, langkah itu dilakukan guna mencegah bangsa Indonesia terpecah belah.
ADVERTISEMENT
"Sehingga kita tidak mudah untuk terprovokasi dan terpecah-pecah hingga dapat menyebabkan peristiwa tersebut terulang lagi karena sejarah cenderung berulang,” kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di sela kunjungan ke makam Soeharto di Astana Giri Bangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (19/9).
Gatot juga menegaskan, dia memang memerintahkan langsung pemutaran film pengkhianatan PKI dan pembunuhan jenderal-jenderal ke prajurit TNI.
Tujuan dari pemutaran film ini bukanlah untuk mendiskreditkan siapa yang salah, tetapi agar masyarakat dan generasi muda mengetahui bahwa kita pernah punya sejarah kelam.
“Saya memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI dan menghimbau kepada masyarakat untuk memutar Film G 30 S/PKI tersebut," beber dia.
Film itu sendiri dihentikan tayangnya setelah masa reformasi. Ada permintaan dari purnawirawan AURI, karena isi film itu mendiskreditkan TNI AU. Misalnya soal Halim Perdanakusuma yang dituding sebagai pusat pergerakan PKI.
Panglima TNI Ungkap Alasan Beri Perintah Pemutaran Film G30S/PKI (313945)
Telegram TNI soal nobar Film G30S/PKI. (Foto: Dok. Istimewa)
Panglima TNI Ungkap Alasan Beri Perintah Pemutaran Film G30S/PKI (313946)
Telegram TNI soal nobar Film G30S/PKI. (Foto: Dok. Istimewa)
ADVERTISEMENT