Pencarian populer

3 Pemain Buangan Barcelona yang Musim Ini Gemilang di Klub Lain

Deulofeu tampil mengecewakan. (Foto: Reuters/Sergio Perez)

Selama bertahun-tahun FC Barcelona terkenal sebagai klub yang memproduksi pemain top dunia. Akademi La Masia telah menghasilkan beberapa pemain terbaik sepanjang masa. Carles Puyol, Andres Iniesta, Xavi Hernandez, hingga Lionel Messi merupakan produk asli Barcelona yang jadi pemain terbaik.

Selain memproduksi pemain yang punya bakat luar biasa, Blaugrana juga melakukan pembelian yang tepat dan dibutuhkan klubnya. Ada nama-nama seperti Romario, Johan Cruyff, Ronald Koeman, Ronaldinho, Samuel Eto'o, dan Ronaldo Nazario yang sempat memperkuat Barcelona.

Kombinasi pemain lulusan akademi dan pembelian yang tepat memuat Barcelona jadi salah satu klub tersukses sepanjang masa. Walau begitu, tak semua pemain bisa sukses bersama raksasa Catalunya tersebut. Beberapa pemain gagal bersinar di tim utama dan harus rela dijual ke klub lain..

Salah satunya Gerard Deulofeu. Penyerang asal Spanyol tersebut merupakan lulusan akademi Barcelona. Bergabung bersama tim senior pada 2012 silam, sayang Deulofeu gagal menembus skuat utama. Kala itu, saingan Deulofeu memang berat. Ada nama-nama seperti Pedro Rodriguez, David Villa sampai Lionel Messi yang tentu tak tergantikan.

Gerard Deulofeu. (Foto: Instagram @gerardeulofeu )

Alhasil, Deulofeu hanya bisa jadi pemain langganan dipinjamkan. Pemain yang kini berusia 25 tahun tersebut sempat jadi pinjaman di Everton, Sevilla dan AC Milan. Kembali ke Barcelona musim panas 2017 setelah sebelumnya diboyong secara permanen oleh Everton, Deulofeu tetap gagal masuk rencana pelatih Ernesto Valverde.

Akhirnya Deulofeu pun kembali dipinjamkan dan kali ini ke Watford pada musim dingin 2018 dan dipermanenkan jadi 13 juta euro. Musim ini Deulofeu tampil luar biasa bersama Watford. Deulofeu jadi salah satu pemain yang punya peran paling penting atas performa apik The Hornets musim ini. Terakhir dua golnya membawa Watford ke final Piala FA.

Selain Deulofeu, ada beberapa pemain buangan Barcelona yang musim tampil gemilang bersama klub lain. Berikut tiga nama tersebut.

1. Andre Gomes

Andre Gomes membela Everton. (Foto: Getty Images)

Merupakan pemain lulusan akademi Benfica, Andre Gomes yang tampil impresif sejak usia muda akhirnya membuat Valencia meminjamnya pada musim 2014/15. Performanya yang luar biasa bersama Los Che membuatnya dipermanenkan pada musim berikutnya. Tak butuh waktu lama buat Gomes jadi pemain andalan di lini tengah Valencia.

Gelandang yang kini berusia 25 tahun tersebut mulai jadi sorotan dunia ketika sukses membantu Portugal menjuarai Piala Eropa 2016. Beberapa klub pun berebut tanda tangan bintang muda Portugal tersebut, tapi akhirnya Barcelona jadi klub pilihan. Sayang, menyusul rentetan performa buruk, Gomes pun tak dapat jam main.

Barcelona pun memutuskan melepas Gomes ke Everton sebagai pemain pinjaman. Dengan atmosfer baru dalam klub, Gomes bisa kembali ke performa terbaik di bawah arahan Marco Silva. Sudah 25 laga dilakoni bersama The Toffees di Liga Inggris, jelas sebuah peningkatan ketimbang 16 penampilan bersama Barcelona yang kebanyakan dari bangku cadangan.

2. Lucas Digne

Lucas Digne, bek kiri asal Prancis. (Foto: PAU BARRENA / AFP)

Merupakan punggawa Paris Saint-Germain yang gagal tampil maksimal, Lucas Digne pun sempat dipinjamkan ke AS Roma sebelum akhirnya diboyong Barcelona pada tahun 2016 silam. Pembelian dengan harga 20,5 juta euro pun jadi kejutan dunia kala itu. Sepanjang waktunya di Barcelona, Digne kebanyakan berperan sebagai pelapis Jordi Alba.

Namun, Digne ternyata gagal beradaptasi dengan gaya bermain Barcelona. Ketika bermain, Digne sering melakukan kesalahan. Dua musim bersama Barca, Digne sukses menang berbagai gelar, seperti halnya saat bersama PSG. Namun, dirinya tak punya kontribusi signifikan kala raksasa Catalunya tersebut berprestasi.

Musim panas 2018, Everton pun memboyong Digne dengan mahar 18 juta paun. Sempat dikhawatirkan gagal, Digne justru berhasil jadi salah satu pemain terbaik Everton musim ini. Digne bahkan menggeser posisi Leighton Baines dari tim utama. Kini Digne sudah tampil 30 kali di Liga Inggris dan sudah mencetak 3 gol dan 4 assist, lebih banyak dari selama dua musim bersama Barca.

3. Paco Alcacer

Di Dortmund, Alcacer moncer. (Foto: AFP/Ina Fassbender)

Merupakan pemain akademi asli akademi Valencia, Paco Alcacer kemudian dipercaya jadi andalan lini depan klub yang membesarkannya tersebut. Selama lima musim bersama Los Che, Alcacer main 93 kali dan mencetak 30 gol. Barcelona pun kepincut dan memboyong Alcacer 30 juta euro pada 2016 silam.

Bersama Barcelona, Alcacer memang sempat tampil 50 kali di semua kompetisi. Namun, penyerang berkebangsaan Spanyol tersebut hanya jadi pelapis trio Messi-Suarez-Neymar. Alcacer pun kebanyakan hanya main sebagai pengganti. Tak dapat banyak waktu membuktikan diri, Alcacer hanya mencetak 15 gol di semua kompetisi.

Pindah ke Borussia Dortmund sebagai pemain pinjaman ternyata jadi keputusan tepat buat Alcacer. Penyerang yang kini berusia 25 tahun tersebut sukses membangkitkan kembali karier yang sempat meredup. Total dalam 21 laga, Alcacer sukses mencetak 16 gol. Februari lalu, Dortmund kemudian mempermanenkan Alcacer dengan harga 23 juta euro. (bob)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63