kumparan
15 Apr 2019 11:55 WIB

3 Pemain yang Wajib Dimainkan Emery Kala Arsenal Menghadapi Watford

Duel Arsenal dan Watford di lini tengah. (Foto: Reuters/Tony O'Brien)
Persaingan empat besar yang makin ketat membuat Arsenal wajib mendulang poin saat bertemu Watford pada pekan ke-34 Liga Inggris, Selasa (6/15/2019) pukul 02.00 WIB. Bermain di Vicarage Road, musim ini ‘The Hornets’ jadi salah satu kuda hitam yang suka bikin kejutan, membuat ‘The Gunners’ kudu waspada.
ADVERTISEMENT
Kini Arsenal tengah berada di posisi keenam. Memang klub asal London Utara tersebut masih surplus dua pertandingan, tapi kedua laga tentu harus dimenangi demi menyusul Chelsea yang selisih tiga poin dari empat besar. Selain Chelsea, armada Unai Emery masih harus bersaing dengan Manchester United dan Tottenham Hotspur.
Jelang laga, Unai Emery menyebut performa timnya musim ini sudah cukup konsisten. Emery pun mengakui peningkatan yang membuat timnya lebih kompetitif tiap pekannya. Target Emery selanjutnya adalah agar Mesut Oezil dan kawan-kawan bisa mendulang tiga poin, baik pada laga kandang maupun tandang.
Unai Emery memberi instruksi pada pemain Arsenal saat menghadapi Vorskla di Liga Europa. (Foto: Reuters/Peter Cziborra)
“Kesulitan tergantung pada tim dan posisi bisa membantu kami jadi kuat di kandang. Kami mempersiapkan tiap laga dengan rencana tertentu demi menghadapi tiap tim, dan kami lihat kedepannya untuk menyiapkan (taktik) dengan ambisi meraih kemenangan,” ujar Emery dilansir dari situs resmi klub.
ADVERTISEMENT
Emery pun melempar pujian kepada manajer Watford, Javi Gracia. Menurutnya, Gracia merupakan pelatih yang jago mengatur timnya sehingga punya taktik bertahan yang hebat. Selain pertahanan, ‘Yellow Army’ disebut punya kapasitas penyerangan yang besar lantaran menciptakan pergerakan dan ide yang bagus. “Bisa dibilang gaya yang baik,” kata Emery.
“Mereka bakal berharap banyak pada kami, tapi ini adalah laga yang bagus dan saya menghargainya, dan saya mau menghadapi Javi Gracia dan Watford karena mereka menjalani musim yang hebat,” ungkap Emery.
Javi Gracia memimpin Watford pada pertandingan melawan Tottenham Hotspur. (Foto: Reuters/David Klein)
Sementara Javi Gracia juga memberi pujian kepada Unai Emery. Gracia mengaku punya hubungan yang baik dengan manajer asal Arsenal tersebut. Konon, keduanya memang pernah membela klub yang sama saat masih aktif sebagai pemain, yaitu Real Sociedad.
ADVERTISEMENT
“Ketika kami bermain bersama, kami tidak tahu akan bertemu kembali dalam situasi seperti ini (berhadapan sebagai manajer),” ungkap Gracia dilansir dari situs resmi Watford.
“Kami sempat dua kali makan malam bersama (sejak Gracia di Inggris) dan dia teman baik. Senang bertemu dengannya kembali. Kami begitu dekat, tapi gaya tim kami berbeda. Unai salah satu pelatih terbaik di dunia, tak hanya di Inggris,” ungkap pelatih berusia 48 tahun tersebut.
Demi bisa menghadapi skuat Javi Gracia dan melalui pekan padat, Emery mesti mencampur skuat terbaik dengan pemain pelapis. Jelang laga tersebut, ada setidaknya tiga pemain tim utama yang wajib diturunkan dan tidak dirotasi Arsenal. Berikut tiga pemain tersebut dilansir dari Sportskeeda.
1. Laurent Koscielny
Can melakukan duel udara dengan Koscielny. (Foto: REUTERS/Eddie Keogh)
Sejak kembali dari cedera achilles, Laurent Koscielny langsung jadi bagian terpenting pada lini pertahanan Arsenal. Bek asal Prancis tersebut membantu ‘The Gunners’ untuk menjaga gawang tetap nir bobol saat menghadapi Napoli. Sebelumnya, Arsenal harus tumbang 1-0 dari Everton, kala Laurent Koscielny absen karena cedera.
ADVERTISEMENT
Pengalaman Koscielny untuk menjaga garis pertahanan Arsenal membuat lini depan Napoli kerap terkena jebakan offside. Pengaturan posisi dan kepekaan terhadap situasi juga membuatnya berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat untuk melakukan adangan dan memotong bola.
Musim lalu Arsenal harus tunduk kala bertandang ke markas Watford. Kali ini, Arsenal jelas tak boleh mengulanginya. Kini dengan semakin matangnya taktik Emery, ditambah performa konsisten Koscielny, tentu pertahanan klub kota London Utara tersebut semakin kokoh.
2. Lucas Torreira
Lucas Torreira, pahlawan baru Arsenal. (Foto: Reuters/Matthew Childs)
Setelah absen akibat akumulasi kartu, Lucas Torreira kembali tergabung dalam skuat utama Arsenal. Torreira memang jadi pemain andalan sejak bergabung dari Sampdoria musim panas lalu. Pada laga menghadapi Napoli jadi bukti pentingnya peran gelandang bertahan asal Uruguay tersebut, dengan menyumbang satu assist.
ADVERTISEMENT
Walau berpostur mungil, peran besar diemban Torreira saat di atas lapangan. Gelandang bertahan berusia 22 tahun tersebut jago dalam melakukan potongan bola yang membuat rencana lawan berantakan. Tentu bila fit, Torreira jadi salah satu pemain yang wajib diturunkan kala menghadapi Watford.
Punya gelandang yang kuat, Watford punya skema serangan balik yang memanfaatkan Troy Deeney. Bila Torreira dipasang, dirinya bakal punya peran yang signifikan untuk menghentikan serangan Watford yang dibangun dari lini tengah.
3. Aaron Ramsey
Ramsey tengah berpendar. (Foto: REUTERS/David Klein)
Bakal pindah ke Juventus akhir musim nanti, Aaron Ramsey justru bermain pada performa terbaiknya. Beberapa laga terakhir kala Ramsey berlaga, gelandang asal Wales tersebut punya peran besar yang menentukan pertandingan. Performa saat menghadapi Napoli jadi buktinya.
ADVERTISEMENT
Pergerakan Ramsey sebagai box-to-box membuatnya jadi pemain yang luwes di atas lapangan. Punya pengalaman serta komitmen untuk memberikan yang terbaik di setiap laganya, membuat Ramsey layak mendapat tempat hingga akhir musim nanti.
Punya kreatifitas dan kemampuan menghubungkan permainan dari lini belakang dan penyerangan, membuat dirinya jadi salah satu gelandang tengah terbaik di dunia. Tentu Emery harus mempertimbangkan Ramsey untuk masuk dalam skuat Arsenal kontra Watford. (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·