kumparan
19 September 2019 9:53

5 Analisis Jelang Laga Persija Jakarta vs Bali United di Liga 1 2019

Gelandang Bali United, Stefano Lilipaly. Foto: Nyoman Budhiana/Antara
Laga Persija Jakarta menghadapi Bali United bakal tersaji di pekan ke-19 Liga 1 2019. Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Kamis (19/9/2019) pukul 15.30 WIB, ‘Macan Kemayoran’ bakal berusaha kembali meneruskan kebangkitan, sementara ‘Serdadu Tridatu’ tentu ingin mengokohkan posisi di puncak.
ADVERTISEMENT
Kemenangan pekan lalu membuat Persija lolos dari zona merah, menempati peringkat 15 dengan koleksi 17 poin dari 16 laga. Meski begitu, skuad arahan Julio Banuelos kini masih belum aman. Pasalnya, Rohit Chand dan kolega saat ini hanya selisih satu poin dari tim penghuni jurang degradasi.
Berbekal kemenangan pekan lalu, Banuelos menyebut timnya tengah punya momentum yang bagus. Karena itu, di laga nanti pelatih asal Spanyol tersebut bakal berusaha mempertahankannya. "Kita dalam momentum bagus. Kita coba pertahankan momentum tersebut dan kita harus hadapi Bali kita akan coba pertahankan momentum," kata Banuelos.
Mengenai rekrutan anyar Persija, Xandao dan Joan Tomas, Banuelos menyebut keduanya tampil dengan baik sesuai ekspektasi. "Saya sudah kenal dua pemain itu sehingga saya minta rekrut dan kami yakin dari pertandingan ke pertandingan mereka akan tampil lebih baik lagi," sebut Banuelos.
ADVERTISEMENT
Sementara Bali United kini masih nyaman di puncak klasemen, mengoleksi 41 poin dari 17 pertandingan. Meski bermain satu pertandingan lebih sedikit dari runner-up Tira-Persikabo, skuad arahan Stefano Cugurra Teco tersebut kini sudah unggul tujuh poin. Meski begitu, bukan berarti tiga poin sudah tak penting lagi buat Stefano Lilipaly dan kolega.
Bakal bertemu dengan mantan klub, Teco mengaku menaruh respek terhadap Persija. Teco pun menyebut dirinya masih berhubungan baik dengan semua elemen Persija. "Jadi kalau ada yang menganggap saya ingin mempermalukan Persija, itu sama sekali tidak benar," ungkap pelatih asal Brasil tersebut.
Adapun menurut Teco, meski Persija dalam posisi yang tidak ideal di papan klasemen, kewaspadaan akan selalu ada. Hal tersebut, menurut Teco, lantaran tim dekat dengan zona degradasi bakal berusaha mendapat poin di tiap laga. "Tapi kami juga punya keinginan untuk dapat poin agar bisa terus berada pada posisi pertama," kata Teco.
ADVERTISEMENT
Jelang laga Persija menghadapi Bali United di pekan ke-19 Liga 1 2019, berikut lima analisis yang bisa disimak terlebih dahulu.
  1. Persija kalah tipis rekor pertemuan dari Bali United
Bali United vs Persija Jakarta (Foto: Nyoman Budhiana/Antara)
Sudah bertemu tiga kali musim ini, Bali United memegang kendali atas Persija dalam jumlah kemenangan di lima pertemuan terakhir. Total Serdadu Tridatu mengoleksi tiga kemenangan, sementara Macan Kemayoran dua kali menang.
Bertemu dua kali di Piala Indonesia, Persija menang 1-0 di kandang, sedangkan Bali United menang 2-1 kala jadi tuan rumah. Persija pun lolos berkat gol tandang atas Bali United. Namun, tiga pertemuan di Liga 1, Bali United sempat menang 2-0 dan 2-1, sementara Persija cuma sekali dengan skor 2-1.
  1. Persija menang setelah gagal di empat laga beruntun
Laga pekan ke-18 Liga 1 yang mempertemukan Persija vs PSIS. Foto: Dok. Media Persija
Sejak menang atas Kalteng Putra dengan skor 3-0, Persija kemudian tersandung dengan gagal meraih hasil maksimal di empat laga beruntun. Total di lima laga terakhir, Persija menang sekali, imbang dua kali dan kalah juga dua kali.
ADVERTISEMENT
Laga tersebut meliputi imbang 1-1 dan 0-0 dengan Persebaya dan PSM secara berurutan.
Kemudian disusul dua kali kalah beruntun , 0-1 kontra Badak Lampung FC dan 2-0 lawan Persipura. Barulah pekan lalu Persija menang 2-1 atas PSIS Semarang.
  1. Bali United masih tak terkalahkan di delapan laga terakhir
Bali United (Foto: Nyoman Budhiana/ANTARA)
Pekan lalu kemenangan di tujuh laga beruntun dari Bali United harus terputus dengan hasil imbang 0-0 lawan Bhayangkara FC. Meski begitu, Serdadu Tridatu kini tetap belum kalah di delapan laga terakhir.
Terakhir Bali United kalah yaitu kala bertandang ke markas Persela dengan skor 3-0. Setelahnya, Bali United menang tujuh kali beruntun atas PSS (kandang, 3-1), Persib (tandang, 0-2), PSM (kandang, 1-0), Semen Padang (kandang, 4-1), Tira-Persikabo (tandang, 1-2), Madura United (tandang, 0-1), Arema FC (kandang, 2-1), dan Borneo FC (kandang, 2-1).
ADVERTISEMENT
  1. Pemain andalan kedua tim
Marko Simic (Persija vs Persela). Foto: Dok. Media Persija
Persija bisa mengandalkan bek anyar Xandao untuk memperkuat pertahanan di lini belakang. Sedangkan Rohit Chand bakal jadi pivot yang siap menjaga lini tengan. Riko Simanjuntak dan Marko Simic kemudian kembali diharapkan di depan.
Sementara Bali United bisa tetap mengandalkan Willian Pacheco dan Leonard Tupamahu di jantung pertahanan. Lini tengah ada Paulo Sergio sebagai konduktor di lini tengah. Adapun trio lini depan masih bakal diisi oleh Lilipaly, Platje, dan Spaso.
  1. Prediksi susunan pemain
Stefano Cugurra alias Teco. Foto: Alan Kusuma/kumparan
Persija Jakarta (4-3-3)
Pelatih: Julio Banuelos
Andritany Ardhiyasa (kiper); Novri Setiawan, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (bek); Sandi Sute, Rohit Chand, Joan Tomas (gelandang); Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Marko Simic (penyerang)
Bali United (4-3-3)
ADVERTISEMENT
Pelatih: Stefano Cugurra Teco
Wawan Hendrawan (kiper); I Made Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Leonard Tupamahu, Michael Orah (bek); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Paulo Sergio (gelandang); Stefano Lilipaly, Melvin Platje, Ilija Spasojevic (penyerang). (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan