kumparan
16 Agu 2019 14:28 WIB

5 Analisis Jelang Laga Semen Padang vs PSIS Semarang di Liga 1 2019

Selebrasi Pemain PSIS. Foto: Aditya Pradana Putra/Antara.
Laga Semen Padang menghadapi PSIS Semarang bakal tersaji di pekan ke-14 Liga 1 2019. Bermain di Stadion Haji Agus Salim, Jumat (16/8/2019) pukul 15.30 WIB, 'Kabau Sirah' bakal melanjutkan misi untuk meraih kemenangan perdana, sementara 'Laskar Mahesa Jenar' juga tengah berusaha bangkit dari keterpurukan.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, Semen Padang saat ini menempati posisi juru kunci lantaran belum sekalipun merasakan kemenangan. Sudah bermain 11 kali, skuad arahan Weliansyah baru mengumpulkan empat poin dari empat hasil imbang.
Bakal menghadapi PSIS yang tengah terpuruk, Weliansyah mengaku bakal memanfaatkan kelemahan lawan untuk mengamankan tiga poin perdana. Adapun Weliansyah menyebut evaluasi sudah dilakukan untuk membenahi kelemahan tim. “Apa-apa saja yang menjadi penyebab kekalahan sudah kita lakukan evaluasi dan untuk diantisipasi ke depan," kata Weli.
Sudah merancang strategi dan mematangkan taktik, Weliansyah juga mengaku sudah move on dari kekalahan pekan lalu lawan Bali United. "Pemain harus kerja keras dan penuh motivasi untuk menang lawan PSIS," ujar pelatih berusia 53 tahun tersebut.
ADVERTISEMENT
Sementara PSIS Semarang kini menempati posisi ke-13 di papan klasemen, mengoleksi 14 poin dari 12 laga yang telah dijalankan. Adapun kini PSIS belum menemukan pelatih pengganti Jafri Sastra yang dipecat pekan lalu.
Walau kini masih dilatih sang asisten, Widyantoro, PSIS mengaku bakal berusaha bangkit. “Kami di home kalah tiga kali berturut dan momen yang paling terdekat untuk kami bangkit ialah melawan Semen Padang. Mudah-mudahan kami besok bisa mendapatkan hasil yang terbaik,” ungkap Widyantoro dilansir dari situs resmi klub.
Adapun fokus Widyantoro adalah membangkitkan semangat dan mental para pemainnya. Pelatih sementara PSIS tersebut mengimbau agar PSIS bekerja lebih keras memberikan penampilan maksimal. “Lawan tidak mudah untuk dikalahkan. Jadi, saya tekankan ke anak-anak untuk semangat dulu, bekerja keras, nanti hasil akan mengikuti,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Jelang laga Semen Padang menghadapi PSIS Semarang di Liga 1 2019, berikut lima analisis yang bisa disimak terlebih dahulu.
1. Semen Padang dan PSIS sudah 12 tahun tak bersua
Pertandingan Liga 1 antara PSIS vs Persija. Foto: Dok. Media Persija.
Bermain di kompetisi yang berbeda, Semen Padang dan PSIS Semarang pun sudah lama tak saling berhadapan. Terakhir, 'Kabau Sirah' dan 'Laskar Mahesa Jenar' bertemu tahun 2007 silam, lewat laga yang berakhir imbang 0-0.
Sebelumnya, Semen Padang dan PSIS bisa saling mengalahkan di kala masing-masing jadi tuan rumah. Adapun Semen Padang menang dengan skor 1-0 di Padang, sedangkan PSIS mengamankan tiga poin dengan skor 3-0 sebagai tuan rumah.
2. Semen Padang belum juga meraih hasil maksimal
Bali United dan Semen Padang berhadapan di ajang Piala Presiden. Foto: Antara/Risky Andrianto.
Sebagai tim promosi, Semen Padang tentu berharap bisa bersaing di Liga 1 2019. Namun, klub asal Padang tersebut kini justru terdampar di posisi juru kunci. Total tak pernah menang di 11 laga terakhir, 'Kabau Sirah' hanya dapat poin dari empat hasil imbang, kalah tujuh kali.
ADVERTISEMENT
Kini Semen Padang hanya mendapat satu angka kala menahan imbang Persebaya di lima laga terakhir. Selebihnya, mereka kalah 0-1 lawan Arema FC, kemudian kalah 2-3 dari Bhayangkara FC, tumbang 2-0 kontra Kalteng Putra, terbaru digusur Bali United 4-1.
3. PSIS kalah di tiga laga beruntun
Pertandingan Liga 1 Indonesia antara Persib Bandung dan PSIS Semarang, Minggu (21/7/2019). Foto: Dok. Liga 1.
Rentetan hasil buruk membuat PSIS memecat sang pelatih, Jafri Sastra. Laskar Mahesa Jenar hanya menang sekali di lima laga terakhir, yaitu kala menghadapi PSS dengan skor 1-3. Sebelumnya, PSIS bahkan merasakan kekalahan 2-0 dari Borneo FC.
Adapun tiga laga terakhir merupakan kekalahan buat PSIS. Menghadapi Persib kalah tipis 0-1, kemudian tunduk 0-2 lawan Tira-Persikabo, dan yang terbaru adalah kekalahan 1-3 kala menjamu Persipura Jayapura.
ADVERTISEMENT
4. Pemain andalan kedua tim
Para penggawa Semen Padang di laga melawan Perseru Badak Lampung. Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww.
Semen Padang bisa kembali mengandalkan Shukurali Pulatov sebagai benteng di lini belakang. Jose Sardon dan Fridolin Yoku bakal jadi pembeda di lini tengah, sedangkan ujung tombak Irsyad Maulana bakal menebar ancaman.
Sementara PSIS bisa kembali diperkuat Wallace Costa di bagian jantung pertahanan. Septian David Maulana bakal jadi andalan Laskar Mahesa Jenar di lini kedua, sedangkan Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho dan Silvio Escobar jadi trisula maut.
5. Prediksi susunan pemain
Skuat PSIS Semarang jelang laga kontra PSMS Medan. (Foto: Dok. PSIS)
Semen Padang (4-4-2)
Pelatih: Weliansyah
Teja Paku Alam (kiper); Agung Prasetyo, Shukurali Pulatov, Boas Atururi, Dedi Gusmawan (bek); Dedi Hartono, Jose Sardon, Manda Cingi, Fridolin Yoku (gelandang); Irsyad Maulana, Riski Novriansyah (penyerang)
PSIS Semarang (4-3-3)
ADVERTISEMENT
Asisten Pelatih: Widyantoro
Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Soni Setiawan (bek); Patrick Mota, Septian David Maulana, Arthur Bonai (gelandang); Bayu Nugroho, Silvio Escobar, Hari Nur Yulianto (penyerang).
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan