kumparan
20 Sep 2019 10:51 WIB

5 Analisis Jelang PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2019

PSIS vs Persebaya di Liga 1 2018. (Foto: Dok. PT LIB)
Laga PSIS Semarang menghadapi Persebaya Surabaya bakal tersaji di pekan ke-19 Liga 1 2019. Bermain di Stadion dr. H. Moch Soebroto, pada pukul 15.30 WIB, Jumat (20/9), ‘Laskar Mahesa Jenar’ bakal berusaha bangkit dari kekalahan pekan lalu, sementara ‘Bajul Ijo’ tentu ingin pertahankan rekor bagus.
ADVERTISEMENT
Kini, PSIS Semarang berada di peringkat 13 klasemen sementara, mengoleksi 19 poin dari 18 pertandingan. Setelah sebelumnya sempat tak kalah di dua laga, pekan lalu skuad arahan Bambang Nurdiansyah akhirnya takluk dari Persija dengan skor 2-1. Hasil tersebut membuat Septian David Maulana dan kolega bakal berjuang kembali ke jalur positif.
Namun, meski bermain di kandang, PSIS nanti harus tanpa pendukung. Hal tersebut lantaran PSIS tak mendapat izin keamanan. Meski begitu, pelatih yang akrab disapa Banur tersebut tetap optimis dengan skuat asuhannya. “Kami tetap target tiga poin meski tanpa penonton. Kita hormati keputusan pertandingan berlangsung tanpa penonton,” ucap Banur.
Banur kemudian menyebut mewaspadai tim lawan. Pasalnya, Persebaya merupakan tim yang gaya permainannya sulit diprediksi. “Mereka kadang bermain bagus, kadang juga jelek, jadi sulit diprediksi. Tapi, saya kira Persebaya tetap tim bagus dan berbahaya. Saya minta pemain agar selalu siap,” ujar Banur.
ADVERTISEMENT
Sementara Persebaya kini menempati posisi kesembilan klasemen, menorehkan 26 poin dari 18 pertandingan. Tak terkalahkan di empat laga terakhir, skuad asal Surabaya tersebut bakal berusaha lanjutkan kemenangan. Masih harus tanpa Alfred Riedl, dan Wolfgang Pikal yang belum diizinkan melatih, sementara Persebaya masih dengan arahan Bejo Sugiantoro.
Meski begitu, Bejo mengaku sudah mendapat arahan dari asisten pelatih Riedl, Wolfgang Pikal. “Tim datang ke sini sesuai dengan arahan coach Wolfgang Pikal, sama dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya kami akan curi poin saat bermain di luar kandang,” ungkap Bejo.
Bejo pun menyebut persiapan sudah dilakukan dengan matang. Mengenai pemain asing yang ada, Bejo mengaku keputusan ada di tangan Riedl dan Pikal. "Intinya semua ini rangkaian dari coach Riedl dan Pikal, saya pembantu yang kedua. Semua 18 pemain yang kami bawa ke Magelang ini, semuanya 100 persen siap ditampilkan,” ujar Bejo.
ADVERTISEMENT
Jelang laga PSIS Semarang menghadapi Persebaya Surabaya di pekan ke-19 Liga 1 2019, berikut lima analisis yang bisa disimak terlebih dahulu.
1. Rekor Pertemuan PSIS dan Persebaya
Selebrasi Pemain PSIS (Ilustrasi). Foto: Aditya Pradana Putra/Antara
Pertemuan pertama di musim 2019 berakhir dengan skor imbang 1-1, kala Persebaya menjamu PSIS. Namun, total dari lima pertemuan terakhir, Bajul Ijo yang menang tiga kali masih memegang kendali atas PSIS yang cuma sekali menang.
Dua pertemuan sekaligus sempat dimenangkan Persebaya atas PSIS di musim 2017, dengan skor 2-0 dan 0-1. Musim lalu, PSIS kemudian bisa menang di depan publik sendiri, tapi kemudian Persebaya membalas di Surabaya dengan skor serupa, yaitu 1-0.
2. PSIS Menang Sekali dari Lima Laga Terakhir
Pertandingan Liga 1 antara PSIS vs Persija. Foto: Dok. Media Persija
Sempat bangkit usai menang kala bertandang ke markas PSM Makassar dengan skor 0-1, PSIS kemudian kembali tersandung dengan kekalahan 2-1 di kandang Persija. Alhasil, Laskar Mahesa Jenar kini hanya mengoleksi satu kemenangan di lima laga terakhir.
ADVERTISEMENT
Adapun dua kekalahan dan dua hasil imbang jadi hasil lain yang didapat PSIS. Tiga laga sebelum dua hasil yang sebelumnya disebutkan, PSIS imbang 0-0 dengan Bhayangkara FC, kemudian kalah 3-0 dari Madura United, dan remis 1-1 lawan Arema FC.
3. Persebaya Tak Kalah di Empat Laga Beruntun
Bhayangkara FC kontra Persebaya Surabaya pada putara pertama Liga 1 2018. (foto: Dok. PT LIB)
Sejak kekalahan telak 4-0 kala bertandang ke markas Arema FC, Persebaya sukses mempertahankan rekor tak terkalahkan di empat laga beruntun. Total hanya satu kekalahan yang diderita Bajul Ijo di lima laga terakhir, sisanya dua imbang dan dua kali menang.
Setelah kekalahan 4-0 dari Arema FC, Persebaya menang 1-3 kontra Badak Lampung FC. Sempat imbang 1-1 lawan Persija, Persebaya kemudian menang 0-2 lawan Bhayangkara FC. Pekan lalu, Persebaya imbang 1-1 dengan Kalteng Putra.
ADVERTISEMENT
4. Pemain Andalan Kedua Tim
Striker Persebaya, David da Silva. (Foto: instagram @satriowcs)
PSIS Semarang bisa mengandalkan Wallace Costa di bagian jantung pertahanan. Septian David Maulana kemudian jadi sosok yang diharapkan bisa menciptakan perbedaan. Adapun Jonathan Cantillana jadi ujung tombak andalan.
Sementara Persebaya punya duet solid, Otavio Dutra dan Hansamu Yama, untuk memimpin pertahanan. Diogo Campos kemudian jadi sosok andalan dari lini tengah. Sedangkan trio Irfan Jaya, Osvaldo Haay, dan David da Silva siap memberi mengancam tuan rumah.
5. Prediksi Susunan Pemain
Sejumlah suporter klub PSIS Semarang, Panser Biru melakukan gerakan koreografi dalam pertandingan lanjutan Liga 1 Indonesia antara PSIS melawan Persebaya Surabaya di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (22/7) Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
PSIS Semarang (4-3-3)
Pelatih: Bambang Nurdiansyah
Jandia Eka Putra (kiper); Fredyan Wahyu, Wallace Costa, Rio Saputro, Safrudin Tahar (bek); Heru Setyawan, Septian David Maulana, Bayu Nugroho (gelandang); Jonathan Cantillana, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva (penyerang).
Persebaya Surabaya (4-3-3)
ADVERTISEMENT
Asisten Pelatih: Bejo Sugiantoro
Miswar Saputra (kiper); Mokhamad Syaifuddin, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (bek); Aryn Williams, Misbakus Solikin, Diogo Campos (gelandang); Irfan Jaya, David da Silva, Osvaldo Haay (penyerang). (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan