Pencarian populer
USER STORY
13 Desember 2018 18:22 WIB
0
0
5 Fakta Helmy Putra Damanik, Pemain Muda Indonesia di Liga Spanyol
Helmy Putra Damanik, pemain muda Indonesia di Liga Spanyol.
Dibalik pasang surutnya prestasi sepak bola Indonesia, ternyata ada pemain tanah air yang tengah merintis karier dan mengharumkan nama Merah-Putih di Spanyol. Adalah Helmy Putra Damanik sosok tersebut.
Pemuda asal Balikpapan itu telah jadi pilar utama tim CIA Palencia A yang bermain di Liga Nasional U-18 Division de Honor Spanyol. Striker berusia 18 tahun tersebut pun dinilai sebagai salah satu masa depan sepak bola Indonesia.
Penyerang berpostur badan 186 cm tersebut merupakan program dari Vamos Indonesia, demi memunculkan talenta muda dari Indonesia dan bisa merumput di liga-liga Eropa. Tahap awal, Spanyol dipilih dengan pertimbangan kelengkapan akademi bola terbaik.
Berangkat dari sana, ini lima fakta seputar Helmy Putra Damanik, pemain muda yang kini berkiprah di Negeri Matador.
1. Lionel Messi pernah bermain di liga yang sama dengan Helmy
Saat Lionel Messi kirim ciuman untuk suporter Barcelona di Camp Nou. (Foto: REUTERS/Albert Gea)
Tempat Helmy memulai petualangan di Liga Spanyol, Juvenile A Division Honor bukan lah kompetisi sembarangan. Merupakan kompetisi kasta tertinggi U-18 di Spanyol. Pemain bintang hebat pun pernah berlaga di kompetisi tersebut.
Ada nama mentereng seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, Fernando Torres dan Pep Guardiola, bahkan mega bintang Lionel Messi juga sempat menimba pengalaman di sana. Nama paling akrab buat publik sepak bola Indonesia, Luis Milla, bahkan merupakan alumni liga junior Spanyol tersebut.
2. Tergabung bersama klub-klub raksasa versi junior
Helmy dengan Tim CIA Palencia A (Foto: @helmyputra07__/Instagram)
Helmy yang merupakan jebolan asli akademi Persiba, bergabung dengan Tim CIA Palencia A dan bermain di kasta teratas kompetisi junior. Menariknya, Helmy harus tergabung dalam liga yang berisi tim-tim besar seperti Real Madrid U-18 dan Atletico Madrid U-18.
3. Punya izin bermain di Liga Spanyol
Aksi Helmy bersama Palencia. (Foto: @helmyputra07__/Instagram)
Bermain di Liga Spanyol tak bisa sembarang. Orang asing non Spanyol harus punya kartu Ficha dari Federasi Sepak Bola Spanyol (REF) demi bisa berlaga. Baru-baru ini Helmy sudah mendapat izin tersebut dan akhirnya bisa merumput bersama klubnya.
4. Sebelum Helmy, Reza lebih dulu dapat Ficha
Reza bermain lebih dulu. (Foto: @rezakusuma07__/Instagram)
Reza Kusuma menjadi pemain yang lebih dulu mendapat Ficha. Reza pun sudah memulai kiprahnya dan jadi bagian dari Liga U-18 Provincial, satu level di bawah tempat Helmy bernaung.
5. Enam pemain akan ikuti jejak Helmy, serta tujuan proyek Vamos Indonesia
Proyek Vamos Indonesia. (Foto: @vamos.ina/Instagram)
Masih ada enam pemain yang akan ikuti jejak Helmy dan Reza. Mereka adalah Romzy (18 tahun, sayap kanan), Rafly (17, bek kanan), Nico (17, penyerang), Affasha (17, bek tengah), Risyad (17, bek Tengah), dan Afghan (17, gelandang serang). Keempatnya merupakan peserta program Vamos Indonesia.
Direktur Divisi Sport INAPGOC, Fanny Riawan, mengatakan program Vamos Indonesia dibuat dengan tujuan mengangkat prestasi sepakbola Indonesia. Fanny mengatakan usia emas pemain muda adalah 16-19 tahun. Karena itu, menurutnya, mereka harus tampil minimal sebanyak 30 kali per tahun “dalam kompetisi sesuai standar yang ditetapkan FIFA.”
Tanpa liga yang bagus untuk semua kelompok umur, menurut Fanny akan sulit muncul talenta muda yang siap menggantikan pemain senior. Karena itu solusinya, “memberangkatkan mereka ke Spanyol yang memiliki kompetisi cukup bagus." (bob)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: