kumparan
4 Sep 2019 17:54 WIB

5 Pemain yang Bisa Jadi Andalan Barcelona Meraih Treble Musim 2019/20

Selebrasi pemain FC Barcelona menjadi juara La Liga Spanyol di stadion Camp Nou, Barcelona, Spayol. Foto: AFP/LLUIS GENE
Seperti musim-musim sebelumnya, Barcelona jadi salah satu tim di lima liga top Eropa yang diunggulkan untuk meraih treble. Terakhir, raksasa Catalunya tersebut memenangi treble pada musim 2014/15, kala masih diperkuat Xavi dan Iniesta di tengah, serta trio Messi, Suarez, dan Neymar.
ADVERTISEMENT
Sejak terakhir meraih treble, Barcelona hanya bisa mendominasi secara domestik. Lima musim terakhir, empat di antaranya Blaugrana sukses menjuarai Liga Spanyol. Hanya di musim 2016/17 kala mereka finis di posisi kedua. Begitu juga dengan ajang Copa del Rey, Barca menang empat dari lima, hanya musim lalu mereka gagal usai kalah dari Valencia.
Trofi Liga Champions lebih sering jatuh ke tangan sang rival abadi mereka, Real Madrid. Los Blancos tiga kali beruntun sukses mengangkat ‘si Kuping Besar’, sebelum akhirnya musim lalu Liverpool memutus dominasi Madrid dan keluar sebagai juara.
Musim lalu, sejatinya Lionel Messi sempat lantang menyebut bakal membawa trofi Liga Champions ke Camp Nou, demi melengkapi treble Blaugrana. Namun, mereka justru secara dramatis tersingkir dari Liverpool. Pada laga tersebut, Barcelona yang sudah unggul tiga gol di leg pertama kemudian takluk dari Liverpool di Anfield dengan skor 4-0.
ADVERTISEMENT
Kesialan Barca kemudian berlanjut di Copa del Rey, setelah Lionel Messi dan kolega takluk dari Valencia dengan skor 1-0. Alih-alih treble, Hasil tersebut membuat Barcelona hanya meraih gelar Liga Spanyol.
Meski begitu, musim ini mereka masih bisa kembali mencoba untuk meraih treble. Terlebih, beberapa nama kelas dunia sudah didatangkan Barcelona di bursa transfer musim panas demi memperbesar kans untuk meraih gelar juara.
Berangkat dari sana, berikut lima pemain yang bisa jadi andalan Barcelona dalam meraih treble di musim 2019/20.
1. Frenkie de Jong
Frenkie de Jong menjalani sesi perkenalan bersama Barcelona. Foto: Albert Gea/Reuters
Musim lalu Frenkie de Jong membuktikan diri sebagai salah satu bakat paling bersinar di Eropa. Pasalnya, De Jong jadi sosok kunci kala Ajax yang berstatus sebagai kuda hitam sukses melaju hingga semifinal Liga Champions. Tak khayal bila akhirnya Barcelona rela menggelontorkan 75 juta euro buat gelandang asal Belanda tersebut.
ADVERTISEMENT
Sepanjang pramusim De Jong jadi pemain yang konsisten tampil dengan impresif. Punya umpan akurat, ketenangan serta visi bermain yang luar biasa, pemain berusia 22 tahun tersebut dipercaya jadi penggerak lini tengah Barcelona. Cepat beradaptasi, De Jong pun dinilai bakal jadi salah satu sosok kunci tim meraih treble.
2. Marc-Andre ter Stegen
Penjaga gawang Barcelona, Ter Stegen. (Foto: REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Mendominasi hampir di sepanjang pertandingan membuat lini pertahanan Barcelona tak bakal mendapat banyak ujian. Namun, bukan berarti penjaga gawang boleh lengah. Apalagi dalam situasi mendapat serangan dadakan dari lawan. Adapun Marc-Andre ter Stegen jadi sosok yang tepat buat menjaga mistar Barca.
Sejak jadi kiper utama Barca, Ter Stegen sukses menunjukkan diri sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Pasalnya, selain refleks yang hebat, serta kemampuan dalam menghalau bola-bola udara yang bagus, kiper asal Jerman tersebut juga bisa dipercaya jadi pembangun serangan.
ADVERTISEMENT
3. Antoine Griezmann
Antoine Griezmann di laga debutnya sebagai pemain Barcelona. Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon
Beberapa musim belakangan, Barcelona diketahui punya ketergantungan besar terhadap Lionel Messi. Terlebih musim lalu, kala Messi absen atau tidak dalam performa terbaik, Barcelona selalu menuai hasil buruk. Hal tersebut membuat Barca merogoh kocek yang dalam untuk mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid.
Penyerang asal Prancis tersebut diketahui punya karakter yang sama dengan Messi. Bermain sebagai fantasista saat di Atletico, Griezmann sudah membuktikan dirinya sebagai penyerang kelas dunia dengan mencatatkan 133 gol dan 50 asis dari 257 penampilan. Karena itulah, kehadiran Griezmann diharapkan bisa meringankan beban Messi.
4. Gerard Pique
Pique di laga final Copa del Rey melawan Valencia. Foto: AFP/Jose Jordan
Sudah mencatatkan lebih dari 500 penampilan di level tertinggi dan menjuarai total 32 kompetisi, jam terbang Gerard Pique sebagai bek kelas dunia tak perlu lagi diragukan. Bek berusia 32 tahun tersebut, selain solid dalam menjaga pertahanan, juga merupakan sosok pemimpin di wilayah pertahanan.
ADVERTISEMENT
Namun, beberapa musim terakhir Barcelona gagal meraih treble lantaran kekalahan yang tak seharusnya terjadi. Mereka takluk dari Liverpool dan AS Roma di dua edisi Liga Champions, setelah keduanya unggul tiga gol. Salah satu penyebabnya tentu pertahanan yang buruk. Namun, Pique tentu semakin matang dan bakal belajar dari pengalaman.
5. Lionel Messi
Selebrasi Pemain FC Barcelona, Lionel Messi usai mencetak gol ke gawang Olympique Lyon dalam leg kedua Liga Champions di Camp Nou, Barcelona, Spanyol. Foto: REUTERS/Susana Vera
Bisa dibilang kesuksesan Barcelona dalam satu dekade terakhir tak lepas dari andil Lionel Messi. Penyerang asal Argentina tersebut selalu tampil konsisten dan berada di level tertinggi tiap musimnya. Bahkan, kala Barcelona dalam situasi sulit, Messi bisa diharapkan untuk jadi pembeda.
Meski memasuki usia 32 tahun, sosok yang telah mencatatkan 603 gol dan 242 asis di semua kompetisi bersama Barcelona tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan. Bahkan, musim lalu bisa dibilang Barcelona bisa finis di papan tengah bila tanpa Messi. Adapun 51 gol dan 21 asis musim lalu jadi bukti Messi sebagai yang bakal paling diandalkan bersama Barcelona. (bob)
ADVERTISEMENT
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan