Bola & Sports
·
22 September 2019 12:12

5 Rekor yang Terpecahkan Kala Manchester City Menang 8-0 atas Watford

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
5 Rekor yang Terpecahkan Kala Manchester City Menang 8-0 atas Watford (129992)
Selebrasi pemain Manchester City Sergio Aguero usai mencetak gol ke gawang Watford di Stadion Etihad, Manchester. Foto: REUTERS/Jason Cairnduff
Selain sukses mengamankan tiga poin di pekan keenam Liga Inggris musim 2019/20, Manchester City pesta gol ke gawang Watford. Bermain di Stadion Etihad, Sabtu malam WIB (21/9/2019), ‘The Citizens’ yang main di depan publik sendiri menang dengan skor telak 8-0 atas ‘The Hornets’.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, tercatat Manchester City menang di 11 pertemuan terakhir kontra Watford. Setiap laga tersebut, Sergio Aguero dan kolega sukses mencatatkan dua angka dengan total mencapai 38 gol. Pertemuan sebelumnya di babak final Piala FA, City bahkan menang dengan skor 6-0 atas Watford.
Parade delapan gol City tersebut sejak menit pertama, lewat gelandang veteran David Silva. Sergio Aguero kemudian menggandakan keunggulan lewat titik putih di menit ketujuh, disusul dengan gol ketiga City oleh Riyad Mahrez di menit ke-12. Belum puas, Bernardo Silva (15’), dan Nicolas Otamendi (18’) mengakhiri babak pertama dengan skor 5-0.
Babak kedua City tak mengendurkan serangan. Tiga gol tambahan kemudian berhasil dicetak raksasa kota Manchester tersebut, lewat dua dari Bernardo Silva yang melengkapi hattrick-nya (48’ dan 60’), kemudian via aksi solo Kevin de Bruyne di menit ke-85. Skor telak 8-0 kemudian mengakhiri laga tersebut.
ADVERTISEMENT
Selepas laga, juru taktik City, Pep Guardiola, menyebut kualitas lini depan yang membuat perbedaan. Pada laga tersebut, Pep juga memuji efektivitas timnya di depan gawang. "Kami tajam dengan lima tembakkan lima gol, kadang kami mencatatkan 20 tembakkan dan tak bisa mencetak angka,” ungkap Pep.
"Setelah Liga Champions, perjalanan yang jauh dan tak ada waktu untuk bersiap, itu adalah hari yang luar biasa buat kami. Buat para pendukung, ada cahaya matahari dan banyak sekali gol,” lanjut Pep.
Mantan pelatih Barcelona tersebut kemudian mengaku senang, menyusul anak asuhnya yang tetap bermain sesuai rencana. Pasalnya, menurut Pep, biasanya pemain akan tampil semaunya ketika sudah unggul lima gol di babak pertama.
"Namun yang terjadi sebaliknya. Kami bermain lebih agresif, dan kami mengganti pemain sedikit. Kami tampil lebih agresif, menekan tinggi. Di babak kedua, kami mencetak gol lagi dan bermain dengan bagus. Itu saya sangat suka," ujar mantan pelatih Barcelona tersebut.
ADVERTISEMENT
Hasil tersebut, selain mengamankan tiga poin di kandang, membuat City sukses memecahkan beberapa rekor. Berangkat dari sana, dihimpun dari OptaJoe, berikut lima rekor yang sukses dipecahkan City pada laga tersebut.
1. Gol tercepat musim ini
5 Rekor yang Terpecahkan Kala Manchester City Menang 8-0 atas Watford (129993)
Pep Guardiola di laga Manchester City vs Watford. Foto: REUTERS/Phil Noble
Musim lalu, penyerang Southampton, Shane Long, sukses memecahkan rekor gol tercepat sepanjang masa Liga Inggris. Pemain asal Irlandia tersebut membuka keunggulan timnya di detik ke-7,69. Gol tersebut pun praktis jadi yang tercepat musim lalu.
Kini, meski belum memecahkan rekor Shane Long, City yang langsung tancap gas dengan membuka keunggulan di menit pertama, sukses mencatatkan rekor gol tercepat musim ini. Gelandang asal Spanyol, David Silva, mencetak gol pertama City pada detik ke-52.
2. Lima gol tercepat di Liga Inggris
5 Rekor yang Terpecahkan Kala Manchester City Menang 8-0 atas Watford (129994)
Kevin De Bruyne di laga Manchester City vs Watford FC. Foto: REUTERS/Phil Noble
Hanya 18 menit waktu yang dibutuhkan Manchester City untuk unggul lima gol kala menghadapi Watford. Capaian skuad arahan Pep Guardiola tersebut kemudian jadi yang tercepat sepanjang sejarah Liga Inggris.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh Blackburn Rovers di musim 1997/98. Kala itu, klub berjuluk Rovers tersebut sukses menang telak 7-2 atas Sheffield Wednesday, mencetak lima gol dalam waktu 24 menit.
3. Kekalahan terbesar Watford
5 Rekor yang Terpecahkan Kala Manchester City Menang 8-0 atas Watford (129995)
Kekecewaan pemain Watford usai kalah 8-0 dari Manchester City. (Foto: Reuters)
Selain menempatkan Watford di dasar klasemen Liga Inggris musim 2019/20, hanya mengoleksi dua poin dari enam laga, kekalahan tersebut juga jadi yang paling telak sepanjang sejarah klub.
Memang kebobolan delapan kali jadi yang ketiga sepanjang sejarah klub, tapi di dua laga sebelumnya Watford bisa membalas. Adapun laga tersebut menghadapi Aberdare Athletic dengan skor 1-8 di tahun 1926, kemudian dengan skor yang sama kalah dari Crystal Palace pada 1959.
4. Enam pencetak gol di satu laga yang sama
5 Rekor yang Terpecahkan Kala Manchester City Menang 8-0 atas Watford (129996)
Pemain-pemain Manchester City merayakan gol ke gawang Watford. Foto: REUTERS/Phil Noble
Bernardo Silva yang mencetak hattrick, kemudian Nicolas Otamendi, Riyad Mahrez, David Silva, Kevin de Bruyne, dan Sergio Aguero dengan masing-masing satu angka membuat City menyumbang enam pencetak gol dalam satu pertandingan.
ADVERTISEMENT
Buat si Manchester Biru, kejadian tersebut merupakan yang ketiga kalinya sejak kompetisi berubah format. City pertama mencatatkannya di tahun 200, kala menghadapi Portsmouth. Kemudian tahun 2017, menghadapi Stoke City.
5. Kemenangan terbesar City di kasta tertinggi
5 Rekor yang Terpecahkan Kala Manchester City Menang 8-0 atas Watford (129997)
Manchester City menang 8-0 atas Watford. Foto: REUTERS/Phil Noble
Sukses mencetak delapan gol tanpa balas kala menjamu Watford di Stadion Etihad, Manchester City kemudian memecahkan rekor kemenangan terbesar di kasta tertinggi kompetisi Liga Inggris.
Sepanjang sejarah klub, Manchester City memang sempat mencatatkan kemenangan 11-3 menghadapi Lincoln City tahun 1895, kemudian 10-0 kontra Darwen empat tahun kemudian. Namun, dua kemenangan tersebut tidak terjadi di kasta tertinggi alias Liga Primer Inggris. (bob)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
ADVERTISEMENT
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.