Bola & Sports
·
11 Mei 2020 16:22

Bagi Cannavaro, Pemain yang Terbaik itu Maradona, bukan Messi

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Bagi Cannavaro, Pemain yang Terbaik itu Maradona, bukan Messi (99700)
Maradona di perempat final PD 1986. (Foto: STAFF / AFP)
Perbandingan dengan pemain lain memang kerap kali menjadi alat ukur bagi kehebatan seorang pesepak bola. Jika berbicara soal sepak bola modern, Lionel Messi bisa dibilang adalah salah satu yang terbaik.
ADVERTISEMENT
Bagaimana tidak, Messi sudah mencetak lebih dari 600 gol selama kariernya dan telah memenangi enam trofi Ballon d'Or, terbanyak di antara pesepak bola lain.
Selain dibandingkan dengan Cristiano Ronaldo, Messi juga sering dibandingkan dengan pesepakbola masa lampau, dalam hal ini Diego Maradona.
Kebetulan, Messi dan Maradona disebut-sebut memiliki perawakan yang mirip, yakni sama-sama bertubuh mungil, tipe pemain yang menggunakan kaki kiri, dan berasal dari Argentina.
Ada beberapa faktor yang membuat keduanya dibandingkan, salah satunya yakni capaian di level klub dan timnas.
Pada level klub, Lionel Messi meraih lebih banyak sukses bersama Barcelona. Menurut Transfermarkt, Messi telah memenangi 35 gelar di level klub. Sedangkan Maradona 'cuma' mengoleksi 10 gelar.
Pada level Timnas, Diego Maradona punya satu catatan yang akan selalu diingat dalam sejarah sepak bola Argentina karena pernah menjadi juara Piala Dunia pada tahun 1986. Sedangkan Messi belum mampu menyamainya.
Bagi Cannavaro, Pemain yang Terbaik itu Maradona, bukan Messi (99701)
Lionel Messi memperbaiki ban kaptennya sebelum melawan Venezuela. Foto: REUTERS/Juan Medina
Oleh sebab itu, bagi kapten Timnas Italia di Piala Dunia 2006, Fabio Cannavaro, Maradona adalah yang terbaik. Ia juga menilai bahwa sepak bola di era Maradona berbeda dari saat ini dan terbilang lebih keras.
ADVERTISEMENT
"Saya sangat menghormati Messi. Dia adalah salah satu terbaik di generasi saat ini." ucap Cannavaro, dikutip dari Sky Sports.
"Tapi Maradona itu berbeda karena saat itu sepakbola tidak seperti sekarang,Dia banyak ditendang oleh lawan, tapi penguasaan bolanya lengket dan dia sangat tangguh."
"Lionel Messi itu pemain top, tetapi Diego Maradona dari dunia yang lain."
"Saya tidak pernah membandingkan Maradona dengan pemain lain. Saya tidak pernah melihat Pele, tetapi saya melihat Maradona. Selama tujuh tahun saya menyaksikan setiap laga yang dia mainkan. Maradona bukan salah satu yang terbaik, dia yang terbaik," tandas pria yang kini melatih klub China, Guangzhou Evergrande.
Perlu diketahui juga bahwa Cannavaro dan Diego Maradona memiliki satu persamaan. Mereka pernah bermain untuk Napoli. Fabio Cannavaro lahir di Naples, kota yang begitu mengidolai sosok Maradona karena pernah membawa Napoli ke era kejayaan.
ADVERTISEMENT