Bola & Sports
·
23 Februari 2021 16:37

Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham (71611)
Bos Chelsea, Roman Abramovich. Foto: REUTERS/Toby Melville
Jika Chelsea saja bisa dibeli dan diberi kucuran dana terus menerus, membeli dua buah kapal pesiar bisa jadi adalah hal yang lumrah bagi miliarder Rusia, Roman Abramovich. Terkini, kapal pesiar terbaru milik bos Chelsea itu baru saja menampakkan wujudnya.
ADVERTISEMENT
Diwartakan The Sun, Solaris menjadi nama yang dipilih untuk disematkan kepada super yacht milik pria berusia 54 tahun tersebut. Harganya diperkirakan mencapai 430 juta poundsterling (sekitar Rp 8,5 triliun).
Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham (71612)
Super yacht milik bos Chelsea, Roman Abramovich diberi nama Solaris. Foto: Instagram/@carl_groll
Memiliki tinggi 460 kaki atau setara dengan 140 meter, Solaris memiliki delapan dek dan sebuah landasan helikopter yang hampir selesai dari tahap pembangunan. Bahkan, dua mesin listriknya yang canggih dipercaya akan menjadikannya kapal pesiar paling kuat di dunia.
Kapal pesiar tersebut sedang dibangun di galangan kapal Lloyd Werft di Bremerhaven, Jerman. Tak tanggung-tanggung, gudang tempat pembangunannya bahkan lebih besar dari Istana Buckingham, Inggris.
“Untuk memberi Anda gambaran tentang ukuran Solaris, gudang yacht tempat dia dibangun lebih besar dan lebih tinggi dari Istana Buckingham. Anda mungkin akan memiliki gambaran tentang dimensi dari kapal tersebut,” ucap seorang sumber terkait ukuran kapal baru Abramovich, dilansir dari The Sun.
Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham (71613)
Solaris masih dalam tahap pembangunan di Bremerhaven, Jerman. Foto: Instagram/@booteexclusivmagazin
Sementara, Solaris memiliki 48 kabin, menampung hingga 36 penumpang, dan awak kapal sebanyak 60 orang.
ADVERTISEMENT
"Detailnya dirahasiakan, tetapi dia akan menjadi tambahan yang luar biasa bagi pemiliknya,” tambah sumber tersebut.
Sebelum Solaris, Ada Eclipse
Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham (71614)
Bos Chelsea, Roman Abramovich. Foto: Reuters/Dylan Martinez Livepic
Sebelum super yacht baru milik Abramovich siap berlayar, sudah ada kapal pesiar mewah lainnya yang dimiliki oleh bos Chelsea tersebut. Untuk yang satu ini, namanya adalah Eclipse.
Sebenarnya harga awal Eclipse hanya sekitar 300 juta poundsterling (sekitar Rp5,9 triliun) saja. Roman Abramovich memesannya pada 2010 dan menjadikan Eclipse sebagai kapal pesiar pribadi terbesar di dunia pada saat itu.
Namun, saat Abramovich mendapat kuncinya, kemewahan dan perangkat keamanan ekstra ditambahkan dalam kapal tersebut. Total, biaya untuk peningkatan kapal tersebut mencapai angka 1 miliar poundsterling (sekitar Rp19,8 triliun). Tentu angka yang fantastis.
Lantas, bagaimana bentuk dan isi dari Eclipse setelah mendapat banyak peningkatan?
Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham (71615)
Kaca kapal pesiar ini berlapis baja dan dilindungi oleh sistem pertahanan rudal anti balistik. Foto: AFP via Getty Images
Dibangun oleh pembuat kapal terkenal Jerman, Blohm & Voss di galangan kapal Hamburg yang juga tempat membangun kapal tempur Jerman, Bismarck, Eclipse diluncurkan setelah lima tahun perancangan, pengembangan, dan pengujian.
ADVERTISEMENT
Sebagai permulaan, panjangnya 533 kaki atau lebih dari dua kali ukuran lapangan Stamford Bridge. Tangki bahan bakarnya dilaporkan mampu menampung satu juta liter bahan bakar yang berarti kapal ini dapat menempuh jarak 6.000 mil sebelum perlu diisi ulang.
Eclipse menghadirkan sembilan dek dan bagian teratasnya diisi dengan dua helipad beserta sebuah garasi. Helipad tersebut dibuat Abramovich untuk mendaratkan Eurocopter EC155 miliknya yang kemudian disimpan di hanggar bagian bawah.
Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham (71616)
Eclipse memiliki sembilan dek dan bagian teratasnya diisi dengan dua helipad dan sebuah garasi. Foto: AFP via Getty Images
Untuk dek kedelapan Eclipse dilengkapi dengan kolam renang dan tempat berjemur, lengkap dengan alat panggang barbeque beserta oven pizza. Sementara untuk ruang utamanya menghadirkan perapian dan patung kayu besar yang didatangkan dari Bali, Indonesia.
Kolam lain juga tersedia di dek ketujuh dengan fitur kedalaman yang dapat disesuaikan. Ada juga gym besar dan area spa dengan salon kecantikan, sauna, dan ruang pijat. Sementara bagian dek bawah berisi suite room dan kabin yang dapat menampung 32 tamu dan 100 kru.
Bos Chelsea Beli Kapal Pesiar Baru, Ukurannya Saingi Istana Buckingham (71617)
Penampakan kapal pesiar mewah milik Roman Abramovich, Eclipse. Foto: AFP via Getty Images
Tak hanya itu, setiap kabin di kapal pesiar ini dilaporkan dilengkapi dengan layar bioskop pribadi setinggi 6 kaki, jacuzzi, spa, dan sistem keamanan khusus. Kacanya pun berlapis baja dan kapal ini dilindungi oleh sistem pertahanan rudal anti balistik yang dipasang oleh ahli Jerman.
ADVERTISEMENT
Tak aneh jika biaya perawatan super yacht yang saat ini sedang berlabuh di Hamburg itu sangat mahal. Per tahunnya saja Roman Abramovich harus mengeluarkan uang sebesar 40 juta poundsterling (sekitar Rp794 miliar) hanya untuk perawatan kapal mewahnya tersebut. Fantastis!