Bola & Sports
·
5 Januari 2021 16:03

Kisah Ronaldinho: Sempat Sisa Rp 95 Ribu di Rekening, Kini Raup Rp 13 Miliar

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Kisah Ronaldinho: Sempat Sisa Rp 95 Ribu di Rekening, Kini Raup Rp 13 Miliar (52097)
Ronaldinho setelah bebas dari penjara di Paraguay. Foto: REUTERS/Jorge Adorno
Kehidupan Ronaldinho memang bak ‘roller coaster’, sempat bergelimang harta saat masih jaya di dunia sepak bola, tetapi terpuruk setelah pensiun.
ADVERTISEMENT
Mulai dari terbelit persoalan finansial, beberapa kali berurusan dengan hukum, sampai akhirnya dipenjara pada 2020 lalu.
Ya, Ronaldinho diketahui memang sempat mendekam di penjara karena kasus pemalsuan paspor. Pria berusia 40 tahun itu ditangkap di Paraguay bersama kakak laki-lakinya, Roberto de Assis Moreira, karena menggunakan paspor palsu untuk memasuki negara itu.
Ronaldinho dan kakaknya diketahui melakukan tindakan ilegal tersebut untuk menghadiri sebuah acara amal dan promosi buku. Akibat ulahnya, keduanya ditahan di penjara dan dipaksa membayar denda masing-masing sebesar USD 90 ribu (sekitar Rp1,2 miliar) dan USD 110 ribu (sekitar Rp1,5 miliar).
Dilansir dari laporan El Pais Brasil, mereka mengklaim bahwa mantan pemenang Ballon d'Or tersebut telah memperoleh hampir 702 ribu poundsterling (sekitar Rp13 miliar) sejak meninggalkan penjara pada Agustus 2020 lalu.
Kisah Ronaldinho: Sempat Sisa Rp 95 Ribu di Rekening, Kini Raup Rp 13 Miliar (52098)
Ronaldinho berpose disela-sela pembuatan video klip lagu berjudul ‘Oclin e Evoque’ bersama rapper Djonga dan Recayd Mob. Foto: Instagram/@ronaldinho
Ternyata pemain yang pernah meraih juara Piala Dunia 2002 ini memiliki bisnis baru dan pekerjaan lain yang membantunya menghasilkan pundi-pundi uang tersebut, salah satunya ketika dia diminta untuk membantu mempromosikan stadion Atletico Mineiro.
ADVERTISEMENT
Diwartakan Sportbible, Ronaldinho juga kini menyandang status sebagai warga negara kehormatan di Belo Horizonte, kota terbesar keempat yang ada di Brasil. Di sana dia juga membangun sebuah studio musik serta merilis merek minuman keras miliknya sendiri bernama R-ONE.
Tak hanya membangun studio musik, dia juga ikut terjun dalam sebuah produksi video klip musik. Ronaldinho ikut ambil bagian menjadi model video klip dari sebuah lagu berjudul ‘Oclin e Evoque’ bersama rapper Djonga dan Recayd Mob.
Dalam video klip yang sudah ditonton oleh hampir dua juta orang ini, Ronaldinho terlihat dikelilingi oleh gadis-gadis berbikini.
Ronaldinho memang sempat dikabarkan hanya memiliki uang sebesar 5 poundsterling (sekitar Rp95 ribu) di dalam saldo rekeningnya. Sementara, dia memiliki utang pajak yang mendekati angka Rp70 miliar.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Ronaldinho juga dilaporkan tak mampu membayar denda sebesar 1,75 juta poundsterling (sekitar Rp33 miliar) yang ditetapkan oleh pemerintah Brasil. Ronaldinho mendapatkan hukuman tersebut karena ketahuan membangun bangunan di daerah yang dilindungi.
Namun, selepas bebas dari penjara di Paraguay, dia tak patah semangat atas keadaan finansial yang dihadapinya itu.
Pemenang Copa America 1999 ini diketahui sempat bertemu dengan Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, saat dibebaskan dari penjara, bersama dengan duta besar pariwisata Brasil lainnya. Ronaldinho pun akhirnya masih dipercaya sebagai bagian dari duta pariwisata Brasil.
Selain itu, mantan pemain AC Milan itu masih terlihat di beberapa iklan gim sepak bola, baik FIFA maupun Pro Evolution Soccer (PES). Bahkan, Ronaldinho telah membuat timnya sendiri, 'R10 Team' yang ditampilkan dalam gim FIFA 21 besutan EA Sports tersebut.
Kisah Ronaldinho: Sempat Sisa Rp 95 Ribu di Rekening, Kini Raup Rp 13 Miliar (52099)
Ronaldinho di AC Milan dengan perut yang mulai buncit. Foto: AFP/Olivier Morin
Tak hanya tampil di iklan gim, Ronaldinho juga didapuk sebagai model iklan dari sebuah aplikasi perjalanan bernama Buser dan terikat kontrak dengan rumah judi, Betcris sejak 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Terkini, Ronaldinho akan menorehkan capaian baru pada 2021. Hal ini karena karier bermainnya dalam sepak bola akan dijadikan sebuah film dan pemain Brasil tersebut digambarkan sebagai sosok pria paling bahagia di dunia.
"Tahap yang sulit akan segera berakhir, terima kasih Tuhan. Saya tidak punya kata-kata untuk berterima kasih atas semua perhatian dan dukungan yang telah saya terima dalam beberapa bulan terakhir," tulis Ronaldinho saat trailer filmnya tersebut dirilis.