Bola & Sports
·
8 Desember 2020 13:01

Profil AC Monza, Klub Anyar Mario Balotelli yang Beraroma Kental AC Milan

Konten ini diproduksi oleh Info Bola
Profil AC Monza, Klub Anyar Mario Balotelli yang Beraroma Kental AC Milan (25821)
Mario Balotelli resmi menjadi pemain baru AC Monza, klub Serie B Italia. Foto: monzacalcio.com
Nama AC Monza mulai ramai dibicarakan ketika Mario Balotelli hijrah ke klub Serie B Italia ini. Balotelli resmi berseragam AC Monza dengan status bebas transfer karena klub sebelumnya, Brescia, memecatnya.
ADVERTISEMENT
Balotelli yang dikontrak sampai Juni 2021 ini tidak datang secara tiba-tiba. Faktor eks pemilik AC Milan, Silvio Berlusconi, dipicu menjadi salah satu alasan Balotelli membela AC Monza. Sebelumnya, santer dikabarkan pemain asal Italia itu akan hijrah ke klub liga Inggris, Barnsley.
Diketahui, terdapat mantan penggawa AC Milan yang saat ini membela AC Monza yakni yakni Kevin Prince Boateng dan Gabriel Palleta. Bahkan, juru latih AC Monza pun merupakan eks Rossoneri, Cristian Brocchi.
Lantas, bagaimana kiprah AC Monza?
Klub dengan warna jersi merah ini berdiri pada 1912. Mereka berjuang dari divisi bawah sampai akhirnya mulai menembus ke Serie B pada 1951. Selama 15 tahun, klub berjuluk I Bagai itu akhirnya degradasi ke Serie C.
ADVERTISEMENT
Pada 1939, AC Monza sempat melenggang ke babak perempat final Coppa Italia. Dengan prestasinya tersebut, sang klub pun dinobatkan sebagai klub kasta rendah yang mampu mencapai titik perempat final salah satu kompetisi di Italia.
Profil AC Monza, Klub Anyar Mario Balotelli yang Beraroma Kental AC Milan (25822)
Pemain AC Monza. Foto: Instagram/@acmonza
Perjalanan AC Monza tak berjalan mulus. Banyak jalan terjal yang mengadang perjalanan klub. Salah satunya kebangkrutan AC Monza pada 2014/2015.
Dengan kondisi itu, AC Monza harus mulai lagi dari Serie D karena ketentuan federasi sepak bola Italia yang mengharuskan klub yang bangkrut harus memulai kembali dari bawah.
Tak berselang lama, AC Monza kembali naik level pada musim 2016/2017. Melihat perkembangannya yang melonjak naik, Silvio Berlusconi yang memiliki hasrat memiliki sebuah klub, resmi mengakuisisi AC Monza pada 2018.
ADVERTISEMENT
Berlusconi membawa orang-orang kepercayaannya semasa di Milan, seperti sang adik, Paolo Berlusconi, yang menjadi Presiden AC Monza, dan Adriano Galliani, yang kini menjadi chairman AC Monza.
Profil AC Monza, Klub Anyar Mario Balotelli yang Beraroma Kental AC Milan (25823)
Silvio Berlusconi, pemilik AC Monza. Foto: AFP/MIGUEL MEDINA
Mantan Perdana Menteri Italia itu kembali menjadi presiden salah satu klub bukan atas tujuan politik. Terbukti, Berlusconi membangun besar-besaran AC Monza di bursa transfer Januari.
AC Monza mendatangkan total 30 pemain dari berbagai macam negara untuk memperkuat tim dalam targetnya menembus Serie A.
"ini murni soal romantisme," ucap Galliani seperti dikutip dari New York Times.
Berlusconi ingin mewujudkan mimpinya untuk menantang Milan lewat AC Monza. Target AC Monza sudah pasti promosi ke Serie A dan menjadi klub penantang Milan.
"Derby melawan AC Milan dalam tiga tahun ke depan? Itu bukan sebuah mimpi," kata Berlusconi dilansir lewat Football Italia.
ADVERTISEMENT
Klub yang sudah berdiri selama 108 tahun sebenarnya memiliki berbagai prestasi. Tujuh kali klub itu menjuarai Serie B, Serie D sebanyak satu kali pada musim 2016/2017, lalu sempat empat kali jawara Coppa Italia Serie C.