• 1

USER STORY

Selain Neymar, Ada 5 Pesepakbola Ternama yang Gemar 'Diving'

Selain Neymar, Ada 5 Pesepakbola Ternama yang Gemar 'Diving'


Neymar

Neymar mengerang kesakitan. (Foto: REUTERS/David Gray )
Dalam dunia sepak bola, diving merupakan aksi tak terpuji. Aksi ini sengaja dilakukan agar tim lawan mendapat hukuman, seperti diganjar kartu, penalti, tendangan bebas, bahkan mengulur waktu.
Tak heran jika Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Jim Boyce, menganalogikan diving dengan kanker dalam tubuh, atau bisa merusak sportivitas sepak bola.
Salah satu pelakunya adalah Neymar. Ia kerap melakukan aksi kotor itu sejak bermain untuk FC Barcelona. Bahkan, ia lakukan saat membela Tim Nasional Brazil. Yang terbaru, kala Brazil menghadapi Meksiko dalam babak 16 besar Piala Dunia.
Aksi diving yang dilakukan Neymar mendapat tanggapan dari legenda pesepakbola Inggris, Alan Shearer. Shearer malu atas aksi yang dilakukan Neymar.
“Benar-benar menyedihkan. Tidak ada yang meragukan kemampuannya, tetapi itu benar-benar menyedihkan ketika dia beguiling kesakitan, mengapa dia merasa perlu melakukan itu? Ini adalah Piala Dunia yang hebat, tetapi satu sisi buruknya adalah pemain yang berpura-pura cedera dan melakukan diving. Itu adalah masalah besar,” ucap Shearer, seperti yang diwartakan Mirror, Selasa (3/7/2018).
Tidah hanya Neymar, rupanya ada sederet pesepakbola ternama yang juga sering melakukan diving. Mereka dianggap sangat lihai sehingga mampu mengelabuhi wasit. Berikut, Info Bola merangkumnya untuk Anda.
1. Sergio Busquets

Sumber: YouTube
Sergio Busquets salah satu gelandang terbaik di dunia. Skill mengolah bolanya sudah terakui. Tapi, di balik kemampuanya, Busquets dikenal sebagai pesepakbola yang hobi melakukan diving.
Aksi diving Busquets yang paling terkenal adalah kala ia menjamu Inter Milan di semi final Liga Champion 2010. Saat itu, Busquets terkena hantaman Thiago Motta.
Ia menutupi wajah untuk menunjukkan ekspresi kesakitan. Namun, hal tersebut ternyata bagian dari 'akting'. Busquets mengintip dari sela jari, apakah aksi pura-puranya itu mampu mengelabui wasit. Benar, Motta mendapat hadiah kartu kuning.
2. Ashley Young

Young adalah salah satu pemain penting di Manchester United. Dia dikenal suka melakukan diving, khususnya saat berduel di kotak penalti. Ia pernah melakukan aksi diving yang diingat publik. Benturan kaki yang minim, dimanfaatkannya seolah-olah dia dijegal Brown di kotak penalti. Wasit Martin Atkinson langsung menghadiahi Brown dengan kartu kuning.
3. Dani Alves

Sumber: Goal.com
Dani Alves lebih banyak bermain sebagai bek kanan. Skill-nya mumpuni. Tidak hanya bertahan, Alves juga rutin membantu serangan. Ia sukses membawa El Barca menyabet belasan gelar juara.
Namun, di balik penampilannya yang gemilang, Alves dikenal sebagai pesepakbola yang hobi melakukan aksi diving. Salah satu yang paling diingat adalah saat dia mengerang kesakitan setelah kaki kakanannya dihantam Pepe.
Padahal hantaman Pepe sama sekali tidak mengenai kaki Alves. Tetapi, berkat aksi diving Alves, Pepe diusir wasit Wolfgang Stark dari lapangan.
4. Luis Suarez

Sumber: IBTimes.uk
Bisa dibilang, Luis Suarez adalah bomber yang subur. Dalam satu musim bersama Liverpool, Suarez mampu menorehkan 31 gol dari 37 pertandingan.
Namun, banyaknya gol yang dia torehkan, berbanding sama dengan banyaknya aksi diving yang ia lakukan. Tak heran jika Suarez dijuluki sebagai raja diving.
Aksi diving paling lucu yang pernah dilakukan Suarez adalah saat dia dikepung tiga pemain bertahan Stoke City. Tanpa diduga, Suarez tiba-tiba terjungkal dengan sendirinya. Dari rekaman yang terlihat, tak ada sedikitpun kontak fisik dengan lawan.
5. Gareth Bale

Sumber: Buzz.ie
Gareth Bale punya karier yang cemerlang, sejak kepindahannya ke Real Madrid. Bale berhasil mengantarkan tim yang berjuluk Los Blancos itu menjuarai beberapa laga.
Namun seiring kariernya yang meroket, ia dijuluki sebagai pesepakbola yang gampang jatuh. Aksi jatuhnya Bale tak lebih dari sekadar diving.
Salah satunya saat dia dihadang 2 pemain Sevilla dalam kotak penalti. Namun, aksinya tak begitu ditanggapi wasit yang memimpin jalannya pertandingan pada saat itu.

Sepak BolaNeymarPiala Dunia 2018Sports

presentation
500

Baca Lainnya