Simak, Ini 5 Hal yang Dapat Menggugurkan Kelulusan CPNS

Menyajikan informasi terkini dan teraktual seputar Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) yang meliputi jadwal, tes, contoh soal hingga pengumuman.
Konten dari Pengguna
7 Januari 2022 9:21
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info CPNS tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Simak, Ini 5 Hal yang Dapat Menggugurkan Kelulusan CPNS (404828)
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS) tahun 2021 di Gedung Balai Prajurit Makodam I/BB, Medan, Sumatera Utara, Rabu (15/9). Foto: Fransisco Carolio/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Seorang CPNS yang sudah lulus ternyata bisa kehilangan statusnya. Ada beberapa hal yang dapat menggugurkan kelulusan CPNS. Apa saja?
ADVERTISEMENT
Rekrutmen CPNS 2021 telah sampai di tahap akhir. Peserta yang dinyatakan lulus diminta melengkapi dokumen dan mengisi Daftar Riwayat Hidup sebagai syarat pemberkasan.Tahap inilah yang menentukan apakah peserta berhak lulus atau tidak.
Pasalnya, dalam mengikuti tes CPNS, penilaian kelulusan tidak hanya ditentukan oleh skor SKD dan SKB saja. Ada banyak faktor yang dapat berpengaruh pada kelulusan seorang peserta CPNS.
Gugurnya status CPNS tersebut bisa terjadi pada siapa saja jika tidak memenuhi sejumlah persyaratan. Jika dinyatakan gugur, maka peserta tidak akan mendapatkan NIP.
Lantas, apa saja hal yang dapat menggugurkan kelulusan CPNS? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Hal yang Dapat Menggugurkan Kelulusan CPNS

Simak, Ini 5 Hal yang Dapat Menggugurkan Kelulusan CPNS (404829)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hal yang dapat menggugurkan kelulusan CPNS. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Aturan terkait hal yang dapat menggugurkan kelulusan CPNS tercantum dalam Permen PANRB Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil.
ADVERTISEMENT
Syarat-syarat berikut juga termuat dalam surat pernyataan 5 poin yang ditandatangani peserta di atas materai untuk diserahkan sebagai syarat pemberkasan CPNS.
Adapun yang membuat seseorang dapat kehilangan status CPNS adalah sebagai berikut:
1. Pernah dipidana
Seorang CPNS bisa kehilangan statusnya jika terbukti pernah dipidana atau menjalani hukuman pidana. Seseorang yang pernah dipidana di penjara dua tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan, maka status CPNS-nya akan gugur.
2. Diberhentikan dengan hormat/tidak hormat
Riwayat pekerjaan rupanya juga menjadi penentu kelulusan CPNS. Seseorang yang mempunyai riwayat pemberhentian dari perusahaan sebelumnya secara hormat tapi tidak atas keinginannya sendiri dapat dinyatakan gugur.
Hal ini juga berlaku bagi PNS, TNI, atau Kepolisian Negara Republik Indonesia, termasuk pegawai BUMN atau BUMD yang diberhentikan dengan hormat maupun tidak dengan hormat.
ADVERTISEMENT
3. Berkedudukan sebagai abdi negara
Hal yang dapat menggugurkan kelulusan CPNS selanjutnya ialah status kedudukan pekerjaannya. Seseorang yang masih berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri otomatis akan digugurkan dalam seleksi.
Jika ingin mengikuti seleksi CPNS, disarankan untuk mengundurkan diri terlebih dahulu dari kedudukan selanjutnya. Setelah itu, baru berkesempatan dalam seleksi penerimaan CPNS hingga tahap akhir.
4. Tidak terlibat Parpol
Seorang CPNS tidak boleh berstatus sebagai anggota atau pengurus partai politik maupun politik praktis. Jika terbukti akan digugurkan dan tidak mendapatkan NIP. Namun, jika sudah mendapatkan NIP tapi terbukti sebagai pengurus parpol, tetap harus diberhentikan.
5. Tidak bersedia mengabdi di tempat yang telah ditentukan
Setelah mendapat NIP, seorang CPNS akan ditempatkan di wilayah NKRI yang sudah ditentukan oleh instansi pemerintah. Peserta yang menolak dan tidak bersedia ditempatkan di tempat tersebut akan gugur.
ADVERTISEMENT
(ADS)
Apa saja hal yang dapat menggugurkan kelulusan CPNS?
chevron-down
Jabatan apa yang otomatis digugurkan pada seleksi CPNS?
chevron-down
Apa itu surat pernyataan 5 poin?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020