3 Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel yang Bisa Dicoba

Konten dari Pengguna
30 Mei 2024 14:51 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi aki mobil. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi aki mobil. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aki mobil yang soak atau kehabisan daya dapat diatasi dengan cara jumper aki tersebut. Sejatinya, untuk melakukan jumper aki mobil, maka perlu menggunakan kabel untuk menyambungkan aki yang soak dengan aki lain yang menjadi ‘pendonor’.
ADVERTISEMENT
Namun, bagaimana jika tidak memiliki kabel untuk jumper aki mobil? Apabila mengalami kondisi seperti ini, simak uraian berikut untuk mengetahui cara jumper aki mobil tanpa kabel yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Cara Jumper Aki Mobil Tanpa Kabel

Ilustrasi jumper aki mobil. Foto: Unsplash
Merangkum dari laman The Drive dan Car From Japan, di bawah ini adalah beberapa cara jumper aki mobil tanpa kabel yang bisa Anda coba.

1. Push Start (Pendorong Tangan)

Untuk bisa menggunakan teknik ini, pastikan bahwa mobil Anda menggunakan transmisi manual. Selain itu, Anda pun memerlukan jalan yang pendek dan datar atau sedikit tanjakan serta bantuan orang lain untuk mendorong mobil Anda. Berikut langkah-langkahnya:
ADVERTISEMENT

2. Teknik lepas kabel busi

Melepas kabel busi juga bisa menjadi cara jumper aki mobil tanpa kabel selanjutnya. Cabut kabel busi dari satu busi di mesin mobil Anda, lalu gunakan kabel busi yang masih terhubung untuk menghubungkannya langsung ke busi yang lainnya.
Hal ini akan menciptakan sirkuit listrik yang sederhana untuk menghidupkan mesin. Pastikan Anda melakukan ini dengan hati-hati dan memiliki pengetahuan dasar tentang sistem kelistrikan mobil.

3. Memanfaatkan jump-starter box

Jump-starter pada dasarnya adalah baterai portabel kecil dengan kabel jumper terpasang. Baterai ini juga menggunakan perangkat lunak untuk mencegah lonjakan tegangan yang dapat merusak sistem kelistrikan mobil Anda, sehingga lebih aman dibandingkan kabel jumper.
Beberapa dilengkapi dengan lampu pengaman internal, stop kontak AC, dan port USB untuk mengisi daya ponsel Anda. Harganya juga tidak mahal dan tersedia di perangkat keras, suku cadang mobil, dan toko online. Berikut cara menggunakannya:
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
(NDA)