5 Jenis Kaca Spion Mobil dan Motor yang Paling Umum Digunakan

Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 14:49 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kaca spion mobil. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Kaca spion mobil. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kaca spion merupakan komponen kendaraan yang memiliki peran penting bagi keselamatan pengendara. Penggunaan kaca spion pada kendaraan bahkan sudah diatur dalam Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).
ADVERTISEMENT
Fungsi kaca spion pada kendaraan sendiri adalah untuk membantu pengendara agar dapat melihat keadaan sekitar, seperti di samping kanan dan kiri atau belakang saat berkendara. Spion juga bisa dimanfaatkan pengendara untuk ketika ingin menyeberang.
Maka dari itu, jika kaca spion rusak segeralah ganti dengan yang baru. Lalu, apa saja jenis kaca spion mobil dan motor? Simak penjelasan lengkap seputar jenis-jenis kaca spion yang digunakan pada mobil dan motor dalam uraian di bawah ini.

Jenis Kaca Spion Mobil

Kaca spion mobil. Foto: Unsplash

1. Kaca Spion Standar (Manual)

Kaca spion standar adalah jenis yang paling umum ditemukan pada mobil. Kaca spion ini bisa disesuaikan secara manual oleh pengendara menggunakan tuas atau langsung menggerakkan kaca.

2. Kaca Spion Elektrik

Kaca spion elektrik bisa disesuaikan secara elektronik menggunakan tombol di dalam mobil. Ini memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara karena pengaturan bisa dilakukan tanpa harus membuka jendela atau menggerakkan tuas.
ADVERTISEMENT

3. Kaca Spion Lipat Elektrik (Power Folding Mirrors)

Jenis spion ini dapat dilipat secara otomatis melalui tombol di dalam mobil, yang sangat berguna saat parkir di area sempit. Kaca spion ini tentunya juga dapat mengurangi risiko kerusakan saat parkir.

4. Kaca Spion Dengan Lampu Sein Terintegrasi

Spion ini memiliki lampu sein yang terpasang di dalamnya, memberikan sinyal tambahan kepada pengendara lain saat kendaraan berbelok atau berpindah jalur.

5. Kaca Spion Panoramik (Wide Angle Mirror)

Kaca spion panoramik memberikan sudut pandang yang lebih luas, sehingga pengendara bisa melihat area yang lebih besar di sekitar kendaraan.

Jenis Kaca Spion Motor

Kaca spion motor. Foto: Unsplash

1. Kaca Spion Standar

Kaca spion standar pada motor adalah yang paling umum digunakan. Biasanya dipasang di setang dan dapat disesuaikan secara manual.

2. Kaca Spion Bar End (Bar End Mirrors)

Kaca spion ini dipasang di ujung setang motor, memberikan tampilan yang lebih sporty dan sudut pandang yang berbeda.
ADVERTISEMENT

3. Kaca Spion Lipat

Kaca spion lipat bisa dilipat saat tidak digunakan, misalnya saat parkir di area sempit atau saat berkendara di jalur off-road.

4. Kaca Spion Convex (Cembung)

Kaca spion cembung memiliki permukaan yang melengkung, memberikan sudut pandang yang lebih luas dan membantu mengurangi blind spot.

5. Kaca Spion Aftermarket

Kaca spion aftermarket adalah spion tambahan yang dipasang untuk meningkatkan fungsionalitas atau estetika motor. Mereka tersedia dalam berbagai desain dan fitur.
(NDA)