5 Merk Ban Motor untuk Jalan Basah dan Kering

Konten dari Pengguna
14 Maret 2024 11:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pengendara naik motor. Foto: Luthfi Syahwal/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pengendara naik motor. Foto: Luthfi Syahwal/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memilih ban yang sesuai kondisi jalan dapat meningkatkan keamanan saat berkendara. Dengan begitu, pengendara dapat terhindar dari kecelakaan, tergelincir di jalan, dan slip ketika hujan.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Teknik Mengemudi: Pedoman Aman dan Selamat Berkendara karya Khusnul Khotimah (2023), jalan basah memungkinkan gesekan dan cengkraman ban pada jalanan lebih minim. Jika tidak berhati-hati, kendaraan berisiko tergelincir dan berputar.
Itu mengapa pengendara tidak disarankan untuk menarik rem dengan keras saat jalanan licin. Mereka dianjurkan untuk menerapkan teknik pengereman intermiten (ON/OFF) sampai kendaraan berhenti.
Sementara di jalan kering, ban cenderung memiliki daya cengkram yang tinggi sehingga berpotensi mengalami kebotakan. Agar aman berkendara di kedua kondisi jalanan tersebut, simak rekomendasi merk ban motor untuk jalan basah dan kering berikut ini.

Rekomendasi Merk Ban Motor untuk Jalan Basah dan Kering

Ilustrasi ban motor baru yang memiliki rambut. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Hanya sedikit ban motor yang memiliki kualitas prima di jalanan basah dan kering. Beberapa di antaranya adalah:
ADVERTISEMENT

1. Aspira Premio 80/90-17

Aspira Premio memiliki fleksibilitas yang tinggi di berbagai kondisi jalan. Ban ini menawarkan cengkeraman dan stabilitas yang seimbang dengan dimensi 80/90-17.
Desainnya dirancang untuk meningkatkan traksi dan kontrol, sehingga efektif mengurangi risiko tergelincir di atas air dengan cara menyebarkan air dari bawah ban. Selain itu, komponen karetnya memastikan cengkeraman yang baik di permukaan basah maupun kering.

2. Michelin Pilot MotoGP

Ban ini memiliki tapak semi-slick yang dapat memberikan cengkeraman kuat di jalanan basah. Michelin menyediakan empat ukuran yang cocok untuk berbagai model motor. Fleksibilitasnya pun sangat tinggi dan cukup unggul di kelasnya.

3. Dunlop

Soal kualitas dan kinerjanya, ban Dunlop memang paling juara. Merk ban ini bahkan digunakan oleh pebalap Formula 1 dan pengendara di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Ban Dunlop menawarkan keamanan dan stabilitas yang maksimal. Pengendara bisa menggunakannya di berbagai jenis permukaan jalan, termasuk basah dan kering. Hal itu dapat membuat perjalanan berlangsung dengan aman dan nyaman.
Ilustrasi ban motor baru. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

4. IRC

Ban IRC dirancang untuk kondisi jalan basah dan kering. Merk ban ini dilengkapi dengan teknologi canggih untuk pembuangan air dan pengereman yang efisien.
Ada banyak pilihan ban yang tersedia, mulai dari IRC NR 69, NR 82, hingga NR73. Pengendara dapat memilih yang sesuai dengan model sepeda motor mereka.

5. FDR Genzi

FDR termasuk salah satu produsen ban motor terkemuka di Indonesia. Merk ban ini menggunakan komponen karet berkualitas tinggi yang dapat memberikan cengkeraman dan daya tahan maksimal.
Ban FDR didesain dengan alur khusus untuk mengurangi risiko tergelincir di atas air. FDR Genzi juga menawarkan kombinasi yang seimbang antara kinerja, traksi, dan kenyamanan, sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari maupun gaya berkendara yang sporty.
ADVERTISEMENT