Konten dari Pengguna

8 Aksesoris Mobil yang Wajib Ada supaya Lebih Aman dan Nyaman

8 Juli 2024 11:40 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi aksesoris mobil. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi aksesoris mobil. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aksesoris mobil tidak hanya dibutuhkan untuk membuat kendaraan semakin bergaya. Namun, penambahan fitur-fitur ini juga diperlukan untuk menunjang kenyamanan dan keamanan selama berkendara.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa aksesoris yang bisa dipertimbangkan bagi pemilik mobil untuk dapat ditambahkan pada mobil kesayangan. Lantas, apa saja aksesoris mobil yang wajib ada? Simak pembahasan selengkapnya pada informasi yang disajikan di bawah ini.

Aksesoris Mobil yang Wajib Ada

Ilustrasi aksesoris pada mobil. Foto: Unsplash
Pemilik mobil perlu melengkapi kendaraan dengan sejumlah aksesoris berikut supaya berkendara menjadi aman dan nyaman. Merangkum dari laman Spinny dan sumber lainnya, beberapa jenis aksesoris mobil yang harus ada pada kendaraan antara lain sebagai berikut.

1. Dashcam

Dashcam atau dikenal juga sebagai kamera dasbor merupakan perangkat kecil yang memberikan manfaat besar saat berkendara. Kamera ini berfungsi untuk merekam segala sesuatu yang terjadi di jalan.
Selain dapat digunakan untuk menangkap pemandangan indah, rekaman dari dashcam juga bisa dijadikan bukti jika terjadi kecelakaan atau kejadian merugikan lainnya.
ADVERTISEMENT

2. Charger USB

Aksesoris lain yang tidak boleh dilewatkan adalah charger USB. Komponen ini berfungsi untuk melakukan pengisian daya pada perangkat elektronik seperti ponsel, tablet, dan sebagainya.
Pemilik mobil juga dapat memilih charger USB yang memiliki lebih dari slot supaya bisa mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan.

3. Tempat Sampah

Keberadaan tempat sampah kecil sangat membantu membuat mobil tetap bersih dan rapi. Aksesoris ini menyediakan ruang khusus untuk membuang sampah kecil seperti bungkus makanan, tisu, dan barang lainnya sehingga menjaga mobil tetap bersih.

4. Cup Holder

Cup holder merupakan aksesoris tambahan yang juga diperlukan. Cup holder berfungsi untuk menjaga minuman tetap aman dan tidak tumpah.

5. Organizer

Menjaga mobil tetap rapi seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik kendaraan. Jika sering melakukan perjalanan jauh, maka organizer bisa menawarkan solusi yang tepat.
ADVERTISEMENT
Aksesoris ini menyediakan ruang ruang penyimpanan khusus untuk segala sesuatu mulai dari botol air dan makanan ringan.
Dengan kompartemen, saku, dan tali pengikat yang dapat disesuaikan, ini membantu pemilik mobil menjaga barang-barang tetap mudah dijangkau sekaligus membuat kabin rapi.

6. Kotak P3K

Kotak P3K berisi perlengkapan darurat medis yang bisa memberi pertolongan kepada pengemudi atau penumpang saat mengalami cedera.

7. Pompa Ban

Ban kempes menjadi permasalahan yang kerap terjadi. Situasi ini tentu merepotkan pengemudi, apalagi jika berada di tempat yang jauh dari bengkel.
Oleh karena itu, keberadaan pompa sangat membantu untuk memompa ban dengan cepat hingga mencapai tekanan yang tepat. Apalagi pompa ban portable mudah dibawa dan tidak memakan banyak ruang.

8. APAR (Alat Pemadam Api Ringan)

Aksesoris lain yang berfungsi penting saat menghadapi situasi darurat yang melibatkan api adalah APAR. Alat ini digunakan untuk memadamkan kebakaran kecil.
ADVERTISEMENT
Pemilik kendaraan dapat melengkapi mobil dengan aksesoris ini dan menempatkannya di tempat yang mudah dijangkau. Pastikan pula kondisinya supaya dapat digunakan dengan baik.
(SA)