Apa Itu Dastek Unipin Mobil? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
27 Januari 2022 15:56
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa Itu Dastek Unipin Mobil? Ini Penjelasannya (57504)
zoom-in-whitePerbesar
Dastek Unichip X. Foto: Unichip.com
ADVERTISEMENT
Apa itu Dastek Unipin mobil? Istilah ini mungkin jadi pertanyaan bagi para modifikator pemula. Dastek Unipin atau lebih dikenal dengan Dastek Unichip merupakan salah satu inovasi teknologi otomotif. Teknologi ini termasuk dalam kategori piggyback yang berfungsi untuk mengatur komponen bahan bakar.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Auto2000, piggyback adalah teknologi komputer yang dipasang pada mesin mobil. Bentuk piggyback adalah chip microcomputer. Chip tersebut ditanamkan pada electronic control unit (ECU) sebuah mobil.
Dengan adanya ECU dan berkembangnya teknologi kelistrikan, mobil konvensional dapat dipasang sistem piggyback. Dengan menambahkan fitur ini, performa mobil akan meningkat. Bahkan, mobil mampu digeber dengan lebih baik. Efisiensi bahan bakar dapat dilakukan sebab piggyback dapat meningkatkan tenaga mobil.
Dastek unipin atau unichip banyak digemari oleh kalangan modifikator mobil. Berikut ini adalah penjelasan Dastek Unipin

Cara Kerja Dastek Unipin pada Mobil

Apa Itu Dastek Unipin Mobil? Ini Penjelasannya (57505)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pemasangan Dastek Unichip. Foto: Unichip.com
Dastek Unipin memiliki cara kerja seperti sistem piggyback pada umumnya. Dilansir dari Auto2000, sistem ECU pada mobil konvensional hanya memberi sinyal kepada sistem injeksi sesuai dengan kebutuhan mobil. Namun, penambahan sistem piggyback seperti Dastek Unipin akan "memanipulasi" sinyal tersebut sehingga tenaga yang dihasilkan mesin mobil pun lebih besar.
ADVERTISEMENT
Diilansir dari kumparanOTO, cara kerja sistem ini yang pertama adalah membaca sinyal dari ECU untuk sistem injeksi mobil. Sinyal yang telah terbaca kemudian akan dimanipulasi oleh sistem piggyback dan akan diteruskan ke sistem injeksi bahan bakar. Sistem injeksi nantinya akan membaca data yang diberikan oleh sistem piggyback bukan dari ECU lagi.
Piggyback juga dihubungkan dengan panel khusus yang terdapat di kabin pengemudi. Dengan adanya panel, pengemudi dapat mengatur injeksi bahan bakar yang dibutuhkan. Dilansir dari kumparanOTO, piggyback dapat digunakan pada kebutuhan harian. Namun, piggyback tidak akan membantu secara maksimal jika digunakan untuk balapan.

Fitur, Varian dan Harga Dastek Unipin Pada Mobil

Dastek unipin atau unichip memiliki fitur lima pengaturan mesin. Dilansir dari KabarOto, fitur tersebut yakni pemilihan jenis bahan bakar, penghematan konsumsi BBM, optimasi tenaga mesin meski nantinya akan ada sedikit pemborosan serta pengaturan lainnya yang membuat mobil lebih bertenaga. Dastek unipin memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan merek lainnya seperti Standalone.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari KabarOTO, Dastek unipin model terbaru saat ini adalah Dastek Unichip X. Dastek Unichip X memiliki perbedaan dari varian sebelumnya. Perbedaan yang mencolok adalah processor yang lebih konsisten serta software dan firmware yang lebih stabil. Pada proses tuner, Unichip X memiliki kenyamanan dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.
Menurut Kabaroto, Dastek Unichip X dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 11 juta hingga Rp 12 juta untuk paet komplit dengan wiring, tuning, dan dyno. Pemilik pun dapat memilih varian Dastek Unichip lainnya yang dijual di pasaran. Harga Dastek Unichip seperti Unichip Q hingga Q+ bervariasi mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 9 juta. Namun, pemilik harus menyiapkan dana lebih untuk melakukan pemasang wiring sekitar Rp 2,5 juta. Sedangkan, jika pemilik ingin melakukan tuning, maka total dana yang harus disisihkan adalah Rp 5 juta. Pemasangan wiring dan tuning yang tepat sangat diperlukan karena jika salah akan mempengaruhi kinerja mesin.
ADVERTISEMENT
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020