Apa Itu Motor Listrik AC dan DC? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 16:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Motor listrik SMEV EM1 buatan Donny Ariyanto dari Studio Motor, Ciputat, Tangerang Selatan. Foto: SMEV
zoom-in-whitePerbesar
Motor listrik SMEV EM1 buatan Donny Ariyanto dari Studio Motor, Ciputat, Tangerang Selatan. Foto: SMEV
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sumber arus kelistrikan pada motor listrik dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Direct Alternating Current (AC) dan Direct Current (DC). Apa itu motor listrik AC dan DC?
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Pembelajaran Konsep Listrik dan Magnet oleh Dr. Saiman, motor listrik AC berarti kendaraan roda dua yang sumber arus listriknya bergerak secara bolak balik.
Sementara itu, motor listrik DC adalah kendaraan roda dua yang sumber arus listriknya satu arah. Simak informasi lengkapnya dalam uraian artikel di bawah ini.

Apa Itu Motor Listrik AC?

Ilustrasi motor listrik. Foto: Unsplash
Motor listrik AC adalah jenis motor listrik yang disuplai oleh sumber tegangan arus bolak balik. Motor ini berfungsi untuk mengubah energi listrik arus bolak-balik menjadi energi gerak atau energi mekanik berupa putaran rotor.
Indra Gunawan menjelaskan dalam bukunya yang bertajuk Panduan Menggulung Ulang Kumparan Motor Listrik Satu Fasa, motor listrik arus bolak-balik (AC) biasanya terdiri dari dua bagian dasar, yaitu strator dan rotor.
ADVERTISEMENT
Bagian stator luar memiliki kumparan yang disuplai dengan arus bolak-balik untuk menghasilkan medan magnet yang berputar. Sementara itu, bagian rotor dalam yang melekat pada poros keluaran yang menghasilkan medan magnet berputar kedua.
Mengutip laman Suzuki, AC adalah sistem kelistrikan yang hanya mengandalkan poros engkol. Dengan begitu, energi listrik yang dibutuhkan akan mengikuti putaran mesinnya. Pada motor dengan arus AC, listrik pada lampu depan akan dipasok langsung oleh spul.
Spul digerakkan oleh poros engkol, sementara besar arus yang diperlukan akan dikontrol kiprok agar bohlam tidak putus. Lampu motor yang menggunakan arus AC baru akan menyala ketika mesin telah dihidupkan. Besar kecilnya arus tergantung pada putaran mesin.
Jika putarannya pelan, lampu akan menyala sayup-sayup atau bahkan mati. Sebaliknya, jika putarannya cepat, cahaya lampu terpancar lebih terang.
ADVERTISEMENT

Apa Itu Motor Listrik DC?

Ilustrasi motor listrik. Foto: Unsplash
Motor listrik DC adalah suatu perangkat yang bisa mengubah energi listrik searah atau direct current (DC) menjadi energi kinetik. Motor ini membutuhkan arus listrik searah pada kumparan medan untuk dikonversikan menjadi energi kinetik.
Kumparan medan (field winding) adalah kumparan atau gulungan/lilitan yang terdapat pada bagian bergerak pada motor DC yang disebut dengan rotor. Motor arus searah bekerja berdasarkan prinsip interaksi antara dua fluksi magnetik.
Energi kelistrikan DC disuplai langsung oleh aki ke semua komponen motor sebelum mesin kendaraan dinyalakan. Karena itu, lampu depan motor dengan sistem kelistrikan DC otomatis menyala dengan terang saat kunci kontak diputar pada posisi ON.
ADVERTISEMENT
Nyala lampu terpancar secara maksimal meski tanpa putaran mesin. Putaran mesin pun tidak berpengaruh pada redup atau terangnya cahaya lampu tersebut.
Sepeda motor zaman sekarang umumnya menggunakan lampu LED. Model lampu seperti ini membutuhkan kelistrikan yang stabil. Karena itu, kebanyakan sepeda motor saat ini memakai arus DC sebagai sistem kelistrikannya.
(NDA)