Konten dari Pengguna

Apa Itu Spul Motor? Ini Penjelasannya

8 Juli 2024 15:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi komponen spul motor. Foto: dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi komponen spul motor. Foto: dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Spul merupakan salah satu komponen yang berperan penting dalam menunjang sistem kelistrikan sepeda motor. Bagian ini berfungsi sebagai penghasil arus listrik supaya dapat digunakan oleh komponen yang membutuhkan.
ADVERTISEMENT
Secara umum, spul motor terdiri dari kumparan atau lilitan kawat tembaga yang dililitkan pada besi sehingga dapat menghasilkan medan magnet.
Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai apa itu yang dimaksud dengan spul motor, simak rangkuman yang disajikan di bawah ini.

Apa itu Spul Motor?

Ilustrasi sepeda motor. Foto: Unsplash
Spul motor memainkan peran vital dalam memfasilitasi seluruh kebutuhan sistem kelistrikan kendaraan.
Dalam buku Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor SMK/MAK Kelas XII:Program Keahlian Teknik Otomotif (2021) karya Z. Furqon, S.T dan Drs. Joko Pramono, komponen ini berfungsi untuk menghasilkan arus listrik.
Adapun arus listrik yang dihasilkan oleh spul ini berbentuk arus bolak-balik atau AC. Supaya dapat menjadi arus serah atau DC maka arus tersebut harus melewati komponen kiprok terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Setelah diubah menjadi arus searah, maka selanjutnya energi tersebut dapat disalurkan ke komponen kelistrikan yang membutuhkan seperti busi, lampu hingga klakson agar dapat beroperasi.
Sementara itu, spul memiliki dua komponen utama yaitu rotor magnet dan stator coil.
Rotor magnet merupakan magnet permanen yang berputar bersama-sama dengan putaran mesin. Sementara itu, stator coil merupakan konduktor yang dililit oleh kumparan spul yang diletakkan di dalam rotor magnet.
Saat rotor magnet berputar maka stator coil akan memotong medan magnet yang dihasilkan oleh rotor magnet sehingga pada stator coil akan timbul induksi listrik.

Penyebab Spul Motor Rusak

Ilustrasi penyebab spul motor rusak. Foto: Pexels
Pada beberapa kondisi, spul motor dapat menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang dapat berdampak pada sistem kelistrikan motor secara keseluruhan.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari laman Autonation Mobile Service, penyebab spul motor rusak adalah sebagai berikut.

1. Keausan Komponen

Seperti komponen listrik lainnya, spul motor dapat mengalami keausan. Paparan getaran, lingkungan dan perubahan suhu akan berdampak pada umur pakai spul.

2. Kelebihan Tegangan

Kelebihan beban tegangan adalah penyebab umum lainnya yang membuat spul tidak dapat bekerja dengan semestinya. Hal ini bisa terjadi jika terlalu banyak aksesori kelistrikan yang dijalankan secara bersamaan.
Ketika motor memiliki banyak aksesoris tambahan melebihi kapasitasnya, spul akan bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan listrik. Sehingga bukan tidak mungkin bahwa spul dapat terbakar karena terbebani tegangan yang terlalu besar.
(SA)