Konten dari Pengguna

Apa yang Dimaksud Kendaraan Tipe FR? Ini Penjelasannya

10 Juli 2024 13:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kendaraan tipe FR. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kendaraan tipe FR. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kendaraan roda empat seperti mobil saat ini terbagi menjadi beberapa tipe, salah satunya tipe FR atau Front Engine Rear Drive (FR). Apa yang dimaksud kendaraan tipe FR?
ADVERTISEMENT
FR atau Front Engine Rear Drive (FR) berarti penggerak roda depan. Mobil tipe FR artinya memiliki mesin di depan, namun tenaga (power) yang dihasilkannya akan ditransmisi ke roda bagian belakang.
Komponen-komponen sistem pemindah tenaga mobil tipe FR, antara lain kopling (clutch), transmisi (transmission), drive shaft/propeller shaft, differential, rear axle dan roda (wheel).
Keunggulan dari mobil tipe FR umumnya dapat membuat pengendara merasakan manuverabilitas lebih baik dibandingkan jenis sistem penggerak mobil lainnya. Berikut beberapa contoh kendaraan tipe FR.

Contoh Kendaraan Tipe FR

Ilustrasi kendaraan tipe FR. Foto: Pexels
Di antara semua sistem penggerak, Front Engine Rear Drive atau FR jadi yang paling sering ditemui di Indonesia. Berikut beberapa contoh kendaraan roda empat atau mobil tipe FR.

Toyota

ADVERTISEMENT

Daihatsu

Suzuki

Hyundai

Kia

MG

DFSK

Esemka

Mini

Mercedes-Benz

BMW

Keunggulan Kendaraan Tipe FR

Ilustrasi kendaraan tipe FR. Foto: Pexels
Keuntungan pakai mobil tipe FR adalah distribusi bobot lebih merata lantaran posisi mesin di depan, transmisi dan as kopel di tengah dan differensial (gardan) di belakang.
Lantaran distribusi bobot yang lebih ideal ini, penggerak roda belakang memiliki pengendalian lebih baik namun cenderung oversteer.
Karena fungsi roda depan hanya untuk kemudi dan roda belakang untuk penggerak, beban kerja masing-masing roda dapat terdistribusi lebih optimal sehingga usia pakai komponen suspensi, kemudi, rem, dan penggerak dapat lebih panjang.
ADVERTISEMENT
Mobil dengan penggerak roda belakang juga dianggap lebih andal melahap tanjakan. Hal itu karena roda penggerak di belakang membuat ban tidak mudah kehilangan traksi akibat pindahnya bobot mobil ke belakang saat di jalan menanjak.

Kekurangan Kendaraan Tipe FR

Di balik keunggulannya, mobil tipe FR memiliki beberapa kekurangan seperti kurang efisien menyalurkan tenaga berkurang akibat kerugian mekanis, di mana tenaga akan disalurkan via komponen ekstra seperti as kopel sebelum ke gardan belakang.
Umumnya mesin mobil tipe FR menganut tata letak longitudinal atau membujur sehingga membutuhkan ruang mesin lebih besar dan mengorbankan area kabin penumpang.
Ditambah lagi, lantai kabin akan muncul gundukan untuk transmisi dan jalur as kopel. Belum lagi kabin lebih "berisik" saat sistem mekanikal di bawah lantai bekerja. Namun umumnya pabrikan menambah peredam untuk meredam suara-suara masuk ke interior.
ADVERTISEMENT
(NDA)