Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Terbakar?

Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 14:38 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kebakaran pada mobil. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kebakaran pada mobil. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kebakaran mobil merupakan kejadian yang dapat terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja. Hal ini tentu bisa membahayakan keselamatan pengendara dan menimbulkan kerugian yang besar.
ADVERTISEMENT
Insiden kebakaran mobil biasanya dapat disebabkan karena adanya masalah kelistrikan hingga kerusakan pada komponen dalam mobil. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui cara mengatasi kebakaran mobil yang tepat.
Supaya tidak salah penanganan, simak penjelasan dalam uraian di bawah ini mengenai hal yang harus dilakukan ketika mobil terbakar.

Cara Mengatasi Mobil yang Terbakar

Ilustrasi cara mengatasi mobil yang terbakar. Foto: Unsplash
Jika terjadi kebakaran pada mobil, pengendara akan melihat sejumlah tanda-tanda seperti suhu mesin meningkat hingga keluar asap dari mobil. Ketika menjumpai hal tersebut, pengemudi diimbau untuk bertindak dengan cepat dan tidak panik agar dapat melakukan penyelamatan.
Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mengatasi mobil terbakar.

1. Menepi dengan Aman

Ketika mobil terbakar saat berkendara, segera menepi ke tempat yang lebih aman. Pinggirkan mobil ke tempat yang jauh dari keramaian. Sesudah menepikan kendaraan di pinggir jalan, pastikan untuk mematikan kunci kontak supaya mesin mobil mati.
ADVERTISEMENT

2. Evakuasi Semua Penumpang

Apabila mobil sudah benar-benar berhenti dan mesin dimatikan, evakuasi penumpang yang ada di dalam kendaraan. Buka kunci pintu dan jendela agar lebih mudah keluar dari mobil.
Setelah keluar, segera menjauh dari mobil pada jarak yang aman karena terdapat bahan-bahan dalam mobil yang mudah meledak. Peringatkan pengguna jalan lain supaya mereka dapat melindungi diri dan menghindari kecelakaan.
Mobil yang terbakar dapat dengan mudah menyebabkan kerusakan pada mobil lain, orang, dan properti di sekitarnya sehingga pengendara harus memberi tahu siapa pun yang berada dalam radius dekat mobil tersebut.

3. Padamkan dengan APAR

Jika memiliki alat pemadam api ringan (APAR) kecil khusus mobil, gunakan alat tersebut sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi kebakaran sebelum api membesar.
ADVERTISEMENT
Semprotkan APAR ke sumber api agar cepat padam. Biasanya api berasal dari ruang mesin mobil. Namun penggunaan APAR hanya untuk menangani api yang kecil atau kebakaran yang sifatnya masih bisa dikendalikan.
Jika api sudah tidak terkendali, maka membutuhkan pemadam kebakaran yang memiliki peralatan yang lebih memadai.

4. Hubungi Pemadam Kebakaran

Apabila api semakin membesar dan tidak terkendalikan, segera hubungi pemadam kebakaran atau polisi lalu lintas untuk mendapatkan bantuan.
Pemadam kebakaran akan memiliki keahlian dan peralatan yang memadai untuk memadamkan api, sedangkan polisi lalu lintas dapat menyiagakan lalu lintas di area tersebut dan menciptakan area aman di sekitar kendaraan yang terbakar.
(SA)