Arti Cuci Steam Mobil dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Konten dari Pengguna
11 Mei 2022 15:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Arti Cuci Steam Mobil dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan (8598)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cuci steam mobil. Foto: Pexels
Apakah Anda pernah berkendara dan melewati tempat pencucian mobil lalu melihat tanda “cuci steam mobil”. Tetapi Anda tidak tahu apa sebenarnya cuci steam itu. Lantas, apa arti cuci steam mobil?
ADVERTISEMENT
Menurut BMKG, Indonesia masih dalam musim pancaroba (musim peralihan). Jadi, kita tidak bisa memprediksi kapan hujan akan turun. Mungkin Anda ingin mencuci mobil tapi takut karena hujan tidak dapat diprediksi sehingga takut mobil Anda akan kotor kembali.
Ingat, mencuci mobil tidak hanya untuk kelihatan bersih, tetapi juga untuk membersihkan kotoran di sela-sela mobil yang dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil.
Dilansir dari dari clink.co.id, mencuci mobil dapat membantu mobil Anda terhindar dari bercak jamur dan karat. Mencuci mobil juga bermanfaat bagi kesehatan, karena di dalam mobil terdapat debu dan kotoran yang jika tidak dibersihkan akan berdampak pada kualitas udara kabin mobil.
Selain itu, mencuci mobil juga dapat menjaga komponen mobil seperti kaca mobil. Jika Anda jarang mencuci mobil, maka kualitas kaca mobil Anda dapat menurun diakibatkan oleh jamur, kerak, kotoran, dan lain-lain. Hal tersebut dapat mengganggu visibilitas Anda dalam mengemudi.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui manfaat dari cuci mobil, apakah itu cuci steam mobil?

Arti Cuci Steam Mobil

Arti Cuci Steam Mobil dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan (8599)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cuci mobil. Foto: Pexels
Dilansir dari daihatsu.co.id, cuci steam mobil adalah kegiatan mencuci menggunakan mesin steam. Mesin steam adalah sebuah alat semprot air yang menggunakan mesin kompresor hingga air memiliki tekanan tinggi yang dapat mengikis kotoran-kotoran yang berada di sela-sela mobil.
Oleh karena itu, banyak tempat cuci mobil yang menyediakan cuci steam karena cuci steam dapat membersihkan mobil secara menyeluruh, terlebih sampai bagian dalam mobil.
Karena maraknya tempat pencucian yang menyediakan cuci steam, Anda juga harus memperhatikan mobil Anda saat melakukan cuci steam. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil Anda.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Cuci Steam Mobil

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cuci steam mobil menggunakan adalah teknik cuci mobil menggunakan air bertekanan tinggi. Walaupun sangat efektif untuk membersihkan kotor-kotoran di sela-sela mobil, Anda juga harus memperhatikan prosesnya agar mobil Anda tidak mengalami kerusakan.
ADVERTISEMENT
Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat cuci steam mobil dilansir dari otoklix.com:
1. Hindari Semprotan Mengarah ke Sensor Kendaraan
Walaupun mobil-mobil modern sudah memiliki komponen kelistrikan yang kuat dan tahan air, Anda disarankan untuk tidak sering mencuci dengan air bertekanan tinggi. Terlebih jangan juga menyemprot air langsung ke sensor parkir, karena tetap rentan walaupun terdapat segel karet.
2. Hindari Lapisan Anti Karat
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tekanan air dapat mengikis lapisan anti karat. Selain itu, banyak tempat penyedia cuci mobil yang menggunakan sikat guna membersihkan kotoran di mobil yang juga dapat mengakibatkan terkikisnya lapisan anti karat.
3. Perhatikan Bodi dan Cat Mobil
Memang cat mobil tidak secara mudah akan terkelupas dengan air bertekanan tinggi. Namun, cat mobil dapat terkelupas dengan mudah bagi mobil yang sudah melakukan pengecatan ulang yang mungkin memakai cat kualitas rendah. Terlebih lagi sisi bodi mobil bisa tidak presisi.
ADVERTISEMENT
Walaupun cuci steam banyak manfaatnya untuk mobil, Anda juga harus tetap memperhatikan segala aspek dalam mobil Anda.
Apa manfaat cuci mobil?
chevron-down
Apa itu mesin steam cuci mobil?
chevron-down
Apa yang perlu dihindari saat cuci steam mobil?
chevron-down
(AA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020