Bahan Bakar Oktan Tinggi Cocok untuk Motor Jenis Ini

Konten dari Pengguna
7 Maret 2023 14:18 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bahan bakar oktan tinggi. Foto: dok. AHM
zoom-in-whitePerbesar
Bahan bakar oktan tinggi. Foto: dok. AHM
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagi yang ingin mengisi bensin kendaraan dengan bahan bakar oktan tinggi, Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan spesifikasi jantung mekanis, yaitu rasio kompresi mesin. Agar tidak salah memilih, ini cara menyesuaikan kadar oktan BBM dengan motor.
ADVERTISEMENT
Sebelum lanjut ke pembahasan utama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu nilai oktan BBM yang ada pada kategori bensin, berikut informasinya.

Apa itu Nilai Oktan BBM?

Dikutip dari laman auto2000, nilai oktan pada BBM merupakan sebuah angka yang menunjukkan besaran tekanan yang diberikan sebelum proses pembakaran bensin secara spontan. Nama oktan sendiri berasal dari kata “oktana” (C8) yang memiliki sifat kompresi paling bagi dari seluruh molekul penyusun bensin.
Pada mesin, bahan bakar dan campuran udara ditekan oleh piston sampai volumenya mengecil yang kemudian akan dibakar oleh percikan api yang diciptakan oleh busi. Apabila campuran gas terbakar karena tekanan tinggi, maka akan terjadi ketukan pada mesin (nglitik).
Maka dari itu, nilai oktan BBM perlu disesuaikan dengan perbandingan kompresi mesin. Hal ini dikarenakan semakin tinggi nilai oktan proses pembakarannya juga akan lebih lama. Lantas, bahan bakar oktan tinggi cocoknya untuk mesin apa? Berikut ulasannya.
ADVERTISEMENT

Bahan Bakar Oktan Tinggi Cocoknya untuk Motor Apa?

Bahan bakar oktan tinggi. Foto: ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, nilai oktan BBM perlu disesuaikan dengan rasio kompresi mesin motor agar proses pembakaran bisa optimal dan tidak merusak jantung mekanis.
Adapun rasio kompresi mesin ini merupakan perbandingan antara volume silinder dan ruang bakar ketika piston berada di Titik Mati Bawah (TMB) dengan volume ruang bakar ketika piston berada di Titik Mati Atas (TMA). Semakin tinggi perbandingannya akan semakin besar juga tenaga yang dihasilkan.
Oleh karenanya, rasio kompresi mesin sepeda motor perlu disesuaikan dengan nilai oktan yang terkandung pada BBM. Agar bisa menyesuaikannya, berikut nilai oktan BBM yang sesuai digunakan untuk rasio kompresi mesin tertentu:
ADVERTISEMENT
Apabila sesuai informasi tersebut, maka bahan bakar oktan paling tinggi yang cukup mudah ditemui adalah RON 98. Adapun bahan bakar oktan tinggi ini cocoknya digunakan untuk motor dengan rasio kompresi di atas 12:1.
Demikianlah informasi mengenai bahan bakar oktan tinggi cocoknya digunakan untuk motor apa. Dengan mengetahui informasi di atas, Anda diharapkan sudah tidak lagi salah dalam memilih bahan bakar yang cocok untuk sepeda motor. Semoga bermanfaat.
(AA)