Ban Mobil Sobek Samping, Begini Cara Mengatasinya

Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 15:14 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ban mobil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ban mobil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ban mobil sobek samping merupakan salah satu kerusakan yang umum dialami banyak orang. Jika sudah begini, tentu harus segera ditangani agar tidak merusak ban lebih jauh.
ADVERTISEMENT
Cara mengatasi ban mobil yang sobek di bagian samping sejatinya dapat dilakukan sendiri di rumah. Namun, proses pengerjaannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan.
Jadi apabila ragu, sebaiknya datangi bengkel tepercaya agar ban mendapat penanganan yang tepat. Bagi yang ingin mengerjakannya sendiri di rumah, berikut cara mengatasi ban mobil sobek samping.

Cara Mengatasi Ban Mobil Sobek Samping

Ban mobil. Foto: Pexels
Sebagai pengingat, tidak semua ban mobil sobek samping itu bisa ditangani. Apabila sobek pada bagian samping ban mobil terlalu besar dan dalam, sebaiknya ganti dengan ban baru.
Jika sobek pada bagian samping ban mobil tergolong kecil, berikut cara mengatasinya yang bisa Anda coba sendiri di rumah sebagaimana dirangkum dari laman Michelin.

1. Tandai kerusakan pada ban

Sebelum melakukan perbaikan, Anda perlu memberi tanda pada ban yang mengalami kerusakan. Perhatikan dengan saksama, apakah kerusakan tersebut hanya terjadi pada satu atau kedua sisi ban.
ADVERTISEMENT

2. Lepaskan roda

Setelah menandai bagian yang bocor, berikutnya adalah melepaskan ban dari mobil. Jangan pernah memperbaiki ban tanpa melepasnya dari mobil lebih dahulu.
Selain akan menyulitkan, pada beberapa kasus hasil ban yang diperbaiki tanpa melepasnya dari mobil maka tidak bisa maksimal. Namun, sebelum melepas ban, pastikan penyangga mobil sudah terpasang.

3. Lepaskan ban dari velg

Setelah ban terlepas dari mobil, langkah berikutnya adalah melepaskan ban dari velg-nya. Perhatikan kerusakan ban, jika kerusakan membuat benang atau kawat yang tertanam di dalam ban terputus, maka ban sudah tidak bisa diperbaiki. Cari juga di dalam ban benda asing yang mungkin ikut masuk ke dalamnya.

4. Bersihkan sobekan pada ban

Langkah berikutnya, bersihkan sobekan ban dengan menggunakan kikir atau amplas halus untuk memastikan agar alat tambal bisa merekat dengan sempurna.
ADVERTISEMENT

5. Tambal ban

Jika sobekan ban berbentuk lubang kecil, maka Anda bisa menggunakan tambalan tau patch yang berbentuk karet. Sebelumnya, lumuri lubang dengan lem agar karet penambal bisa merekat dengan maksimal.
Jika berbentuk sobekan, Anda bisa menggunakan lem yang khusus untuk menambal ban bagian luar. Agar perekatan bisa maksimal, Anda bisa melakukan pengepresan pada bagian yang ditambal tersebut.

6. Cek tambalan

Langkah terakhir adalah dengan melakukan pengecekan pada ban. Pasang ban kembali ke velg dan isi dengan angin. Cek bagian pada ban yang rusak dengan mencelupkannya ke dalam air. Jika tak ada gelembung yang dihasilkan, maka ban sudah aman untuk digunakan. Anda kini bisa memasang roda tersebut ke mobil kembali.
(NDA)