Otomotif
·
22 Juli 2021 5:37
·
waktu baca 3 menit

Ban Motor Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Merk yang Aman di Segala Medan

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Ban Motor Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Merk yang Aman di Segala Medan (90790)
searchPerbesar
Ilustrasi ban motor (Foto: Alfons Yoshio/kumparanOTO)
Ban adalah komponen penting pada sebuah kendaraan, khususnya motor. Dengan kondisi ban yang baik, motor dapat berjalan dengan lancar dan membuat Anda yang mengendarainya merasa nyaman.
ADVERTISEMENT
Sama seperti komponen lainnya pada motor, ban tentunya memiliki masa pakai. Kebanyakan, para pemilik motor melakukan penggantian ban setelah digunakan selama bertahun-tahun. Akibatnya, kondisi ban menipis dan sering membahayakan.
Untuk itu, saat berencana mengganti ban, pastikan Anda memilih ban untuk motor kesayangan Anda dengan tepat. Hal ini penting untuk kenyamanan Anda pada saat berkendara, terutama pada saat musim hujan.
Ada beberapa merk ban motor yang bisa Anda pilih. Yang jadi pertanyaan, apa saja merek ban motor yang berkualitas dan cocok dipakai di segala kondisi jalan?
Ban Motor Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Merk yang Aman di Segala Medan (90791)
searchPerbesar
Ban sepeda motor (Foto: Gesit Prayogi/kumparanOTO)

Rekomendasi Ban Motor Terbaik

Agar Anda tidak salah pilih, berikut penulis rangkum rekomendasi merk ban terbaik, dikutip dari moladin.com.
1. Ban IRC (Inoue Rubber Company)
ADVERTISEMENT
Yang pertama ada dari IRC. Ban merek ini menjadi produk yang cukup familiar di kalangan pengguna motor Indonesia.
IRC ini adalah perusahaan ban dari Jepang yang menyediakan berbagai tipe ban motor yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. IRC menyediakan berbagai jenis tipe ban juga, mulai dari Yamaha R15, Honda CBR150R, sampai dengan Yamaha MT-15.
Soal harga, ban IRC relatif ramah di kantong. Ban IRC dibanderol mulai dari Rp 135 ribu hingga Rp 500 ribuan. Tipe Enviro NR91 memberi keunggulan pada kestabilan dan menjadi produk favorit dari IRC.
2. Ban Dunlop
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan merek ini. Dunlop sendiri merupakan merek ban motor yang sudah cukup lama berkiprah di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dunlop berdiri sejak tahun 1889 di kota Birmingham, Inggris. Produk ban dari Dunlop pernah menjadi pilihan ban yang digunakan untuk mobil Formula 1 pada rentang 1958 hingga 1970.
3. Ban Michelin
Selanjutnya adalah Michelin. Untuk kualitasnya sendiri sudah cukup teruji di Indonesia.
Harganya cenderung lebih mahal dibandingkan IRC. Tapi harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas yang diberikan, mengingat kualitas ban Michelin dikenal tangguh untuk menghadapi segala kondisi.
Salah satu contohnya adalah ban Michelin Pilot Street untuk Nmax. Tersedia ukuran 120/70-13 inci dan 140/70-13 inci. Karet bundar ini didesain untuk penggunaan harian serta nyaman di berbagai kondisi jalan. Harga mulai dari Rp 500 ribuan.
4. Ban Aspira
Yang keempat ini tentu sangat terkenal di Tanah Air. Produk ban Aspira sendiri kini cukup beragam di pasar Nasional.
ADVERTISEMENT
Aspira menyediakan deretan ban yang bisa dipilih untuk melintasi berbagai jenis medan. Selain itu, ban Aspira juga punya keunggulan pada durabilitas, serta daya jelajah yang jauh.
Menyoal harganya, Aspira ini cenderung terjangkau. Sebagai contoh, ban jenis matic merek Aspira biasanya ditawarkan mulai Rp 159 ribu, tergantung dari ukuran dan jenis ban.
5. Ban Pirelli
Yang terakhir mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda untuk penggunaan harian. Produk asal Italia ini merupakan salah satu produk premium yang kerap digunakan untuk ban kendaraan mewah.
Ban Pirelli ini kerap menjadi pilihan bagi para pengguna motor skuter matik (skutik) di Indonesia. Banyak pengguna motor matic menganggap Pirelli merupakan ban motor yang bagus untuk kendaraan mereka.
Pirelli juga menjadi merk ban motor yang dipakai pada ajang balap motor bergengsi dunia, yakni Superbike dan MotoGP.
ADVERTISEMENT
Itulah 5 rekomendasi ban motor terbaik untuk motor kesayangan Anda. Semoga bermanfaat.
(HDZ)