Begini Cara Merawat Helm Full Face agar Tetap Awet

Konten dari Pengguna
29 April 2021 21:25 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi helm full face. (Foto: dok. Istimewa)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi helm full face. (Foto: dok. Istimewa)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika mengendarai sepeda motor, helm adalah perlengkapan wajib yang harus dikenakan pengendara. Menggunakan helm ketika berkendara motor sangat penting untuk meningkatkan keselamatan berkendara.
ADVERTISEMENT
Dalam memilih helm yang akan digunakan, terdapat beberapa jenis helm yang bisa dipilih. Salah satunya adalah helm full face yang menutupi seluruh wajah pengendara.
Helm full face yang menjamin perlindungan lebih kerap menjadi pilihan banyak orang. Dengan kualitas yang lebih baik, helm full face memiliki harga yang lebih tinggi dibanding helm biasa.
Nah, ketika memiliki helm full face, Anda tentu ingin merawatnya dengan baik. Perawatan merupakan hal penting untuk menjaga kondisi helm selalu awet. Lalu, bagaimana perawatan helm full face yang bisa dilakukan?

Cara Merawat Helm Full Face

Dilansir dari motoress.com, berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya:
1. Menggunakan Tas Helm
Ketika sedang tidak digunakan, sebaiknya helm full face dimasukkan ke dalam tas khusus helm. Ini berguna untuk menghindari kontak yang dapat merusak permukaan helm ketika Anda sedang tidak mengawasinya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, tas helm juga memungkinkan helm bisa dibawa bersama Anda ketika sedang tidak berkendara untuk menghindari pencurian.
2. Jangan Menggantung Helm di Kaca Spion
Agar bagian dalam helm tetap awet, sebaiknya jangan menggantungnya di kaca spion motor. Cara ini juga penting untuk mengurangi potensi helm lecet karena terjatuh.
Anda bisa menyimpannya di tas helm, lalu membawanya bersama Anda atau menaruh helm dengan mengaitkannya di atas jok motor.
3. Jangan Menempel Stiker
Stiker yang mengandung perekat bisa merusak permukaan helm. Stiker yang lengket bisa menimbulkan lecet ketika dilepas. Selain itu, permukaan helm yang halus bisa rusak karena adanya lecet dari stiker sehingga tingkat perlindungannya berkurang.
4. Hati-hati Memilih Produk Pembersih
ADVERTISEMENT
Ketika ingin menggunakan pembersih seperti sabun untuk mencuci helm full face, sebaiknya hati-hati dalam memilih produknya. Salah memilih produk dapat merusak permukaan helm Anda.
Oleh karenanya, gunakan sabun pembersih yang memang dikhususkan untuk mencuci helm. Jika Anda ragu terhadap cairan pembersih, air sudah cukup untuk membersihkannya.
5. Menggunakan Lap Basah atau Tisu
Cara ini Anda gunakan ketika harus membersihkan kotoran pada kaca helm. Ketika ada kotoran seperti debu, jangan gunakan tangan Anda meskipun kotorannya sangat sedikit.
Ini untuk menjaga kaca helm tetap jernih sehingga penglihatan Anda dari dalam helm tidak terganggu.
6. Jauhkan dari Panas Berlebih
Agar permukaan helm Anda tetap awet, jauhkan helm dari suhu panas yang berlebih ketika tidak digunakan. Untuk melakukannya, tas helm juga berguna untuk melindungi helm full face dari suhu panas berlebih.
ADVERTISEMENT
Jika Anda menemukan tempat penyimpanan helm, maka lebih baik untuk menaruhnya di sana.
7. Jangan Memasukkan Sarung Tangan ke Dalam Helm
Tindakan ini juga penting untuk menjaga interior helm. Sarung tangan bisa menyimpan kotoran atau memiliki bahan yang berpotensi merusak interior helm. Simpanlah sarung tangan di jok motor atau tempat lain yang Anda sediakan.
Setelah membaca cara-cara perawatannya, Anda sebaiknya merawat helm full face yang dimiliki seperti pada penjelasan di atas. Perawatan rutin serta hati-hati dapat menjaga helm full face Anda tetap awet meskipun selalu digunakan. (RAS)