Biaya Derek Mobil, Berikut Tarif Setiap Jenis Kendaraan

Konten dari Pengguna
10 November 2021 14:45
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Biaya Derek Mobil, Berikut Tarif Setiap Jenis Kendaraan (37073)
zoom-in-whitePerbesar
Mobil Derek Jasa Marga. Foto: dok. Jasa Marga
ADVERTISEMENT
Musibah di jalan seperti kendaraan mobil tiba-tiba mogok atau mati di jalan bisa saja terjadi tanpa kita tahu penyebabnya. Untuk itu, kita harus mempersiapkan segala macam untuk keperluan di jalan.
ADVERTISEMENT
Salah satunya dengan menyimpan nomor telepon dan biaya derek mobil. Hal ini untuk mengantisipasi mobil Anda mogok di tengah jalan. Jadi, kendaraan Anda bisa diantarkan ke bengkel terdekat dengan cara di derek.
Salah satu istilah derek mobil yang sering kita dengar yaitu towing mobil. Namun, selain towing ternyata ada beberapa jenis derek mobil dengan fungsinya masing-masing.
Jenis Derek Mobil
Dikutip dari lifepal.co.id, berikut ini beberapa jenis derek mobil, antara lain :
  • Boom
Boom adalah kendaraan beroda empat derek yang memakai boom/kran yang biasanya diterapkan untuk mengangkat kendaraan beroda empat yang jatuh ke dalam sungai atau parit, atau untuk membalikkan kendaraan yang terbalik.
  • Kait
Kait dan tarik biasa digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi.
ADVERTISEMENT
  • Roda diangkat
Roda diangkat adalah penderekan dengan mengangkat roda depan atau belakang kendaraan kemudian ditarik. Hal ini biasanya dilakukan pada kendaraan yang salah parkir, di mana kendaraan hal yang demikian rem parkirnya dikerjakan sehingga roda yang terkunci diangkat.
  • Towing mobil
Derek gendong atau yang biasa disebut towing mobil adalah kendaraan yang diderek digendong ke atas kendaraan truk, biasanya diterapkan untuk mengangkut kendaraan beroda empat mewah dari show room ke rumah pembeli atau untuk mengangkat kendaraan beroda empat mewah yang rusak atau mogok ke bengkel.
Biaya Derek Mobil, Berikut Tarif Setiap Jenis Kendaraan (37074)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Derek Towing Foto: Muhammad Ikbal/kumparan

Biaya Derek Mobil

Layanan jasa derek mobil hampir ada di setiap kota. Bahkan, perusahaan Jasa Marga juga memberikan layanan tersebut bagi pengendara di jalan tol.
Biaya untuk derek mobil pun berbeda-beda. Umumnya, harga jasa derek mobil tergantung dari jenis mobilnya. Rincian mengenai biaya derek jalan tol ini telah diatur dalam Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 Tahun 2015 tentang Tarif Retribusi Pelayanan Perhubungan.
ADVERTISEMENT
1. Mobil penumpang
Mobil penumpang seperti sedan, jeep, station wagon, mobil barang seperti pick up, mobil box, light truk dan sejenisnya serta mobil bus kecil yang meliputi mikrolet, APK dan sejenisnya.
  • Jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan.
  • Jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp35.000 per kendaraan.
  • Jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp10.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya.
2. Mobil bus
Mobil bus seperti bus mikro, bus besar, bus tingkat, bus tempel dan mobil barang yang meliputi truk, kereta penarik, tempelan gandengan, kereta tempelan, kereta gandengan dan kendaraan khusus.
  • Untuk jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya Rp45.000 per kendaraan.
  • Buat jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya Rp80.000 per kendaraan.
  • Untuk jarak lebih dari 20 kilometer akan dikenakan biaya Rp20.000 per kendaraan setiap 5 kilometer berikutnya.
ADVERTISEMENT
Namun, bagi yang memiliki mobil matik, jangan sembarangan dalam urusan menderek kendaraan. Pasalnya, menderek mobil matik tidak sesederhana seperti mobil manual. Sehingga jika salah menderek, bisa menyebabkan gangguan di komponen transmisi mobil Anda.
Bila mobil Anda memiliki penggerak di bagian roda belakang, jangan diderek dengan cara diangkat di bagian depan sehingga roda belakang yang berputar di jalan.
Jika hal ini terjadi, artinya roda penggerak malah memutar transmisi. Padahal, seharusnya mesinlah yang memutar transmisi untuk membuat roda bergerak.
(FOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020