Buku yang Berisi Tata Cara Perawatan Kendaraan Disebut OMM, Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
8 Desember 2021 15:19
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi membaca buku manual Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membaca buku manual Foto: Istimewa
ADVERTISEMENT
Pada saat Anda membeli kendaraan baru pasti akan diberikan buku yang berisi tata cara perawatan kendaraan. Buku ini merupakan buku pedoman atau petunjuk sesuai standar pabrikan kendaraan untuk menjaga kendaraan agar tidak salah dalam perawatan.
ADVERTISEMENT
Banyak orang yang menyepelekan buku ini padahal penting sekali untuk dibaca. Tujuannya agar pemilik kendaraan mengerti cara merawat dan jadwal penggantian komponen tertentu secara berkala.
Buku yang berisi tata cara perawatan kendaraan tersebut disebut OMM. OMM atau Operation Maintenance Manual adalah buku panduan yang digunakan dalam memandu pelaksanaan service yang mengacu pada standar servis pabrik.
Selain OMM, ada juga buku yang berisi mengenai informasi penting pada kendaraan yaitu buku manual. Karena pentingnya dokumen tersebut, ada beberapa produsen yang membuat versi digitalnya dan mengintegrasikannya ke dalam head unit mobil.
Hal ini bertujuan agar pengguna kendaraan dapat selalu mengakses dokumen tersebut. Selain itu, pengguna kendaraan juga tidak akan lupa mengenai jadwal perawatan kendaraannya.
ADVERTISEMENT

Isi Buku Panduan OMM

Buku manual dan buku servis Toyota Crown Super Saloon 3.0. Foto: dok. Car-a-Holic-Garage
zoom-in-whitePerbesar
Buku manual dan buku servis Toyota Crown Super Saloon 3.0. Foto: dok. Car-a-Holic-Garage
Ada beberapa ulasan yang terdapat pada buku panduan operasional servis kendaraan antara lain :
  1. Sistem operasi: cara mengoperasikan suatu alat
  2. Pembongkaran dan perakitan: cara atau standar operasional prosedur pembongkaran komponen
  3. Pengujian dan pengaturan: cara mengkalibrasikan dan menyetel alat
  4. Spesifikasi Produk: informasi spesifikasi alat yang dibuat.
Dalam OMM termuat jadwal perawatan rutin, seperti tiap berapa kilometer penggantian oli dilakukan dan prosedurnya. Dalam dokumen ini hanya disajikan tata cara perawatan dan tidak mencakup tata cara perbaikan kendaraan.
Isi OMM dapat dipraktikkan dengan mudah oleh pemilik kendaraan karena hanya merupakan pekerjaan perawatan. OMM dapat diberikan ke pemilik kendaraan dalam bentuk "buku pedoman pemilik kendaraan" (owner manual) sebagai pedoman untuk melakukan perawatan.
Selain memuat jadwal dan tata cara perawatan rutin (berkala), dalam OMM juga memuat bagaimana cara menggunakan kendaraan dengan benar.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakan ini meliputi pengenalan fitur-fitur yang ada pada kendaraan dan bagaimana cara mengoperasikannya. Misalnya, sebuah mobil memiliki fitur penyejuk ruangan (AC).
Pada OMM biasanya akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menghidupkan dan menyetel suhu penyejuk ruangan tersebut. OMM juga memuat hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan supaya kendaraan dapat digunakan dengan benar.
Isi Buku Manual
Dilansir dari laman Auto2000, ada lima informasi penting yang terdapat di dalam buku manual untuk Anda ketahui secara jelas dan pasti. Berikut penjelasan selengkapnya.
1. Kapasitas Tangki dan Jenis Bahan Bakar
Informasi pertama adalah kapasitas tangki dan jenis bahan bakar yang digunakan mobil Anda. Jika ditanya, apakah Anda mengetahui kapasitas tangki mobil yang dimiliki? Kalau tidak bisa menjawabnya, berarti sudah seharusnya Anda harus mencari informasi tersebut di dalam buku manual.
ADVERTISEMENT
Di dalam buku tersebut, ada informasi kapasitas tangki dari mobil yang dimiliki. Selain itu, ada juga jenis bahan bakar yang minimal digunakan mobil itu. Misalnya minimal RON 92. Namun perlu diingat bahwa untuk mobil bermesin diesel, satuan jenis bahan bakar yang digunakan adalah CN (Cetane Number), bukan RON.
2. Fungsi Lampu Indikator Mobil
Coba perhatikan lampu indikator mobil ketika Anda memutar kontak kunci otomatis. Ada beberapa lampu indikator yang menyala di sana. Sayangnya, banyak yang mengabaikan hal ini.
Kalau memang Anda penasaran dengan arti dari masing-masing lampu indikator, maka baca buku manual yang diberikan. Ada beberapa lampu indikator yang ketika menyala, maka itu artinya Anda harus mengunjungi bengkel.
3. Jenis dan Volume Oli
ADVERTISEMENT
Cairan yang penting di dalam mesin mobil adalah oli mesin. Berfungsi sebagai pelumas untuk melumasi seluruh bagian mesin agar kinerja tetap prima, Anda harus mengetahui jenis dan volume oli mobil tersebut.
Biasanya akan diberi tahu kode oli dari sisi viskositas atau tingkat kekentalan oli mesin yang memang cocok bagi mobil Anda. Pastikan volume dan jenisnya memang sesuai anjuran pabrikan.
4. Ban Cadangan dan Perkakas
Di dalam buku manual juga terdapat penjelasan dan informasi terkait lokasi ban cadangan dan perkakas mobil. Anda harus mengerti penggunaan dan letak ban cadangan. Termasuk perkakas hingga dongkrak yang biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian mobil. Jangan sampai hal ini terlewatkan karena sangat membantu di dalam kondisi darurat.
ADVERTISEMENT
5. Fitur-fitur Pendukung di Mobil
Informasi terakhir yang wajib diketahui dari buku manual adalah fitur-fitur pendukung di mobil. Hal ini sangat membantu karena fitur-fitur ini mencakup teknologi keselamatan yang ada di dalam mobil tersebut. Dimulai dari Vehicle Stability Assist (VSA), Blind Spot Monitoring (BSM), hingga Traction Control System (TCS).
(FOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020