Cara Belajar Mobil Matic bagi Pemula, Perhatikan Poin Penting Ini

Konten dari Pengguna
12 Mei 2022 12:36
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Belajar Mobil Matic bagi Pemula, Perhatikan Poin Penting Ini (68734)
zoom-in-whitePerbesar
Tuas transmisi matik dan tombol pengaturan dashboard Daihatsu Taft Foto: dok. Motor Fan via Daihatsu
Cara belajar mobil matic bagi pemula cukup mudah. Mobil matic merupakan salah satu pilihan bagi pengendara pemula. Mobil ini telah banyak diproduksi oleh produsen otomotif dunia. Selain itu, mobil ini lebih banyak diproduksi oleh produsen dibandingkan dengan mobil transmisi manual.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari laman Suzuki, mobil memiliki dua jenis transmisi yakni transmisi manual dan otomatis (matic). Sistem transmisi memiliki fungsi untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar. Sistem transmisi akan bekerja dengan memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke diferensial.
Perbedaan antara mobil transmisi manual dan mobil matic terletak pada perpindahan gigi. Mobil transmisi manual harus memindahkan gigi secara manual dengan perseneling atau gearbox sedangkan transmisi matic hanya mengandalkan gearbox.
Lalu, bagaimana cara belajar mobil matic bagi pengendara pemula dengan mudah? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Belajar Mobil Matic bagi Pemula

Cara Belajar Mobil Matic bagi Pemula, Perhatikan Poin Penting Ini (68735)
zoom-in-whitePerbesar
Desain tuas transmisi Toyota Kijang (Innova) generasi kelima Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Cara Belajar Mobil Matic bagi Pemula
Dilansir dari laman Honda, Anda perlu mengenali, mempelajari dan memahami cara kerja mobil matic. Mobil matic dasarnya didesain untuk mempermudah dan memberikan kenyamanan pada penggunanya. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah cara mengendarai mobil matic dengan mudah.
1. Fokus
Dilansir dari laman Auto2000, hal pertama yang perlu diperhatikan oleh Anda ketika memulai belajar mengendarai mobil matic adalah fokus. Anda perlu memperhatikan bahwa berkendara di jalan raya berarti Anda berkendara bersama pengguna jalan lainnya seperti pengendara motor, bus hingga pejalan kaki. Anda perlu memfokuskan pikiran Anda untuk tidak gugup dan tidak terganggu oleh hal lainnya seperti bermain telepon genggam. Sebab, mobil matic akan tidak terkendali jika pengemudi tidak menguasainya.
2. Mengepaskan Posisi Duduk
Sebelum memulai berkendara, pastikan posisi duduk Anda sudah sesuai dan nyaman untuk menginjak pedal rem, gas, maupun memindahkan atau memegang kemudi. Jika Anda dalam posisi tidak nyaman, hal tersebut akan berpengaruh pada keleluasaan dalam mengendalikan mobil.
3. Mengenali Posisi Gas dan Rem
Dilansir dari laman Honda, mobil matic hanya memiliki dua pedal yakni untuk gas dan rem. Anda perlu mengingat dan mengenali posisi keduanya. Tujuannya adalah agar Anda tidak menggunakan pada waktu yang salah terutama dalam kondisi panik.
4. Mempelajari dan Memahami Fungsi dan Fitur Transmisi
Anda perlu mempelajari cara kerja transmisi mobil. Transmisi pada mobil matik memiliki perbedaan dengan mobil manual.
5. Menyalakan Mobil dengan Benar
Saat menyalakan mobil matic, pastikan gear berada pada posisi P atau Parkir. Jika gear tidak berada posisi ini, mobil biasanya tidak akan menyala. Anda sebenarnya dapat menyalakan mobil pada posisi N atau Netral tetapi sangat berisiko.
6. Mulai Berkendara dan Sering Berlatih
Saat mobil matic telah menyala, Anda dapat memindahkan gear pada posisi yang anda inginkan. Posisi tersebut dapat berupa D atau Drive untuk posisi maju dan R atau Reverse untuk posisi mundur. Saat memindahkannya pastikan kaki Anda menginjak rem.

Fungsi dan Fitur Transmisi

Anda perlu mempelajari cara kerja transmisi mobil. Transmisi pada mobil matik memiliki perbedaan dengan mobil manual. Pada mobil manual, transmisi menggunakan perseneling yang ditandai dengan angka satu (1) hingga lima (5). Sedangkan pada mobil matik menggunakan huruf untuk memindahkan gigi pada persenelingnya.
ADVERTISEMENT
Pada mobil dengan transmisi matik, perseneling dilengkapi dengan huruf P, R, N, dan D. Indikator P merupakan indikator yang digunakan saat mobil dalam kondisi parkir. Indikator R digunakan saat mobil posisi mundur. N digunakan saat mobil dalam kondisi netral dan D digunakan pad pemilihan kecepatan. Pemilihan kecepatan yang tersedia dalam posisi D antara lain D untuk jalan yang datar, D3 untuk kecepatan di atas D, D2 untuk menanjak dengan kemiringan di bawah 30 derajat dan D1 atau L digunakan untuk jalur menanjak dengan kemiringan di atas 30 derajat.
Jika gear sudah pindah pada posisi yang Anda inginkan, Anda dapat melepaskan injakan secara perlahan agar mobil dapat berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan. Ini adalah tahapan mengemudi mobil untuk pemula, terutama yang sedang belajar mengendarai mobil matic. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu sering berlatih untuk berkendara menggunakan mobil matic.
ADVERTISEMENT
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020