Cara Cek Biaya Pajak Motor, Mudah Tanpa Keluar Rumah

Konten dari Pengguna
25 Januari 2022 12:57
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Cek Biaya Pajak Motor, Mudah Tanpa Keluar Rumah (60190)
zoom-in-whitePerbesar
Berkas perpanjang STNK Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Cara Cek biaya pajak motor dapat dilakukan secara mudah dengan berbagai cara. Anda dapat melakukannya cek pajak kendaraan dengan mudah menggunakan panggilan atau melalui laman website yang telah disediakan pemerintah daerah masing-masing.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Koinworks, semua orang atau badan yang memiliki kendaraan bermotor dikenakan pajak atas kepemilikan dan atau penguasaan kendaraan bermotor sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor. Kendaraan bemotor adalah kendaraan beroda beserta gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat dan digerakkan oleh tenaga mesin atau tenaga motor.
Pajak dikenakan bagi orang dan badan atau perusahaan yang memiliki kendaraan bermotor. Saat ini, pemerintah telah menyediakan berbagai layanan pengecekan pajak dengan mudah tanpa keluar rumah. Lalu bagaimana cara cek pajak sepeda motor dengan mudah? Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Cek Biaya Pajak Motor Melalui Format SMS

Layanan pengecekan pajak motor dapat dilakukan melalui SMS. Layanan ini dapat digunakan dengan mengirim SMS ke nomor yang telah disediakan oleh daerah masing-masing. Misalnya, anda berdomisili di wilayah Jakarta, anda dapat mengirim SMS ke nomor 1717 dengan format SMS yakni METRO(spasi)Nomor Kendaraan Anda (tanpa menggunakan spasi).
ADVERTISEMENT
Jika anda telah mengirimkan SMS tersebut, anda akan mendapat SMS yang berisi informasi kendaraan anda. Informasi tersebut seperti merek kendaraan, masa berlaku STNK, hingga jatuh tempo perpanjangan STNK.

Cara Cek Biaya Pajak Motor Melalui Unstructred Supplementary Service Data (USSD)

Cara Cek Biaya Pajak Motor Melalui Unstructred Supplementary Service Data (USSD)
Dilansir dari situs Lifepal, cara cek pajak motor di beberapa wilayah Indonesia seperti Jabodetabek dan Jawa Timur dapat menggunakan panggilan telepon di nomor *368#. Caranya sangat mudah yakni:
1. Masuk Fitur Telepon di Ponsel
Anda masuk ke dalam fitur telepon yang dimiliki oleh telepon genggam anda. Setelah itu, lakukan pengetikan nomor *368#. Setelah itu, anda klik tombol untuk melakukan panggilan tersebut.
2. Memilih Layanan
Setelah anda melakukan panggilan, anda akan ditawarkan lokasi layanan yang ingin diakses.
3. Pilih Menu
Setelah anda melakukan panggilan, menu akan ditampilkan oleh telepon genggam anda. Pilihlah menu Info Pajak Ranmor yang terdapat di menu nomor dua. Setelah anda mengklik menu tersebut, anda akan diminta memasukkan nomor kendaraan anda. Masukkan nomor kendaraan anda tanpa spasi lalu klik kirim. Tunggu sesaat hingga informasi pajak motor ditampilkan

Cara Cek Biaya Pajak Motor Melalui Website

Anda dapat melakukan pengecekan pajak motor menggunakan website yang telah disediakan oleh daerah masing-masing. Pengecekan melalui website sangat mudah.Misalnya, pengecekan pajak motor di wilayah Jabodetabek dapat melalui website https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Situs tersebut dapat diakses oleh seluruh Masyarakat Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).
Anda hanya perlu menyiapkan Nomor Polisi yang terdiri dari empat digit angka dan huruf serta Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berada di KTP anda. NIK diperlukan untuk data kepemilikan kendaraan pribadi. Setelah anda memasukkan data tesebut, sistem akan secara otomatis akan menampilkan data informasi besaran pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang harus dibayar oleh pemilik atau WP akan ditampilkan. Informasi tersebut salah satunya adalah besaran PKB berupa pokok, denda, bunga, hingga progresif.
ADVERTISEMENT

Cara Cek Biaya Pajak Motor Melalui Aplikasi SIGNAL

Cara Cek Biaya Pajak Motor, Mudah Tanpa Keluar Rumah (60191)
zoom-in-whitePerbesar
Halaman Aplikasi SIGNAL. Foto: Samsat Digital Nasional
Dikutip dari kumparanOTO, cara lain untuk mengecek pajak mobil di wilayah Tangerang dapat menggunakan aplikasi Samsat Online Nasional dengan nama SIGNAL (SAMSAT Digital Nasional). Aplikasi ini disediakan oleh POLRI dan dapat diunduh di App Store untuk smartphone iOS dan Play Store untuk smartphone Android. Aplikasi ini memanfaatkan pangkalan data kendaraan bermotor yang terdapat di Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri dan informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh setiap Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) provinsi di Indonesia.
Aplikasi SIGNAL dapat menampilkan info kendaraan anda, pajak, serta melakukan pajak kendaraan baik motor maupun mobil di seluruh wilayah Indonesia. Anda hanya perlu menyiapkan data NIK, nomor seluler dan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) untuk melakukan pendaftaran di aplikasi tersebut. Pastikan anda telah mengunduh aplikasi SIGNAL sebelum melakukan proses registrasi ya.
ADVERTISEMENT
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020