Cara Daftar Pertamina untuk Solar dengan Mudah

Konten dari Pengguna
29 Desember 2022 6:42 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara daftar Pertamina untuk Solar. Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Cara daftar Pertamina untuk Solar. Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Sejak pertengahan tahun 2022, Pertamina sudah membuka pendaftaran kendaraan pengguna bahan bakar subsidi (Pertalite & Solar) melalui website dan aplikasi MyPertamina. Maka dari itu, berikut cara daftar Pertamina untuk solar.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari kumparanTECH, pendaftaran kendaraan pengguna bahan bakar subsidi ini bertujuan untuk mengonfirmasi apakah pembeli layak atau tidak mendapatkan Pertalite atau Solar.
Dengan begitu, penjualan bahan bakar subsidi bisa tepat sasaran. Adapun tujuan lainnya adalah untuk mencatat transaksi secara digital agar perusahaan dapat lebih dekat dengan pelanggannya.
Meskipun demikian, pemberlakuan regulasi pembelian melalui aplikasi MyPertamina ini masih dalam tahap uji coba, alias belum diwajibkan. Pemerintah sendiri sempat melakukan uji coba pembelian bahan bakar subsidi menggunakan MyPertamina di 11 kota dan kabupaten.
Karena tanggal pasti ditetapkannya regulasi ini masih belum diketahui, ada baiknya Anda menyiapkan diri terlebih dahulu dengan mendaftar kendaraan melalui website atau aplikasi MyPertamina, ini langkah-langkahnya.

Cara Daftar Pertamina untuk Solar

Cara daftar Pertamina untuk Solar. Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
Cara daftar MyPertamina untuk Solar dan Pertalite berbeda, karena saat pendaftaran terdapat pendataan jenis bahan bakar yang digunakan kendaraan. Berikut langkah-langkah daftar MyPertamina untuk Solar:
ADVERTISEMENT

1. Siapkan Persyaratan Pendaftaran Kendaraan

Pertama, Anda bisa menyiapkan beberapa persyaratan untuk bisa mendaftar. Adapun persyaratan ini meliputi foto STNK (depan dan belakang), foto KTP, foto kendaraan (tampak depan dan sisi), dan foto nomor polisi kendaraan.

2. Kunjungi Website Pendaftaran

Setelah semua persyaratan sudah disiapkan, Anda bisa mengunjungi laman pendaftaran MyPertamina pada pranala berikut: https://subsiditepat.mypertamina.id/. Anda disarankan menggunakan laptop agar lebih mudah.

3. Centang Informasi Memahami dan Tekan “Daftar Sekarang”

Setelah laman berhasil terbuka, Anda perlu scroll ke bawah sampai menemukan kotak centang sebagai persetujuan memahami persyaratan. Setelah sudah tercentang, maka Anda bisa memulai pendaftaran dengan menekan menu “Daftar Sekarang”.

4. Isi Data dan Tunggu Konfirmasi

Selanjutnya, Anda perlu mengisi formulir dan memasukkan data seputar kendaraan. Pastikan Anda mengikuti instruksi dalam website dengan benar.

5. Tunggu Konfirmasi

Apabila formulir sudah diisi dengan benar, Anda harus menunggu pencocokan data yang berdurasi maksimal 7 hari kerja. Konfirmasi ini akan dikirimkan ke alamat surel yang didaftarkan, atau Anda bisa mengeceknya dengan mengakses websitenya.
ADVERTISEMENT

6. Simpan QR Code

Apabila sudah terkonfirmasi, maka Anda perlu menyimpan QR Code guna membeli Solar Subsidi.
Demikianlah informasi seputar cara daftar Pertamina untuk solar menggunakan website. Semoga bermanfaat.
(AA)