Otomotif
·
22 Juli 2021 20:37
·
waktu baca 2 menit

Cara Kerja Mesin Diesel dan Kelebihannya

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Kerja Mesin Diesel dan Kelebihannya (39726)
searchPerbesar
Tampilan depan Isuzu Panther si mobil diesel. Foto: Bangkit Jaya Putra
Memiliki mobil harusnya paham mengenai bagian dan jenis komponen yang ada di kendaraan. Khususnya jenis mesin, Anda harus mengerti mesin jenis apa yang dipakai dalam kendaraan Anda. Umumnya jenis mesin yang ada di mobil ada dua, yaitu mesin bensin dan mesin diesel.
ADVERTISEMENT
Dengan mengetahui jenis mesin, Anda jadi paham cara kerja mesin tersebut dan cara pemakaian, serta perawatannya. Setiap jenis mesin mobil memiliki perawatan sendiri karena cara kerjanya berbeda. Perbedaan dari kedua mesin tersebut adalah mesin bensin menggunakan bahan bakar bensin, sedangkan mesin diesel menggunakan solar.
Kebanyakkan, kendaraan seperti bus dan truk menggunakan mesin diesel. Namun, tak hanya kendaraan besar saja yang menggunakan mesin diesel, beberapa mobil seperti mobil Innova dan Fortuner tertentu menggunakan jenis mesin tersebut.

Cara Kerja Mesin Diesel dan Kelebihannya

Dilansir dari lamann resmi Auto2000, cara kerja mesin diesel mempunyai beberapa langkah untuk bekerja, yaitu:
1. Langkah Isap
Yang pertama adalah langkah isap. Langkah isap adalah langkah yang bekerja dengan udara yang masuk ke dalam ruang bakar melalui bagian katup. Kondisi tersebut dapat terjadi karena piston atau torak bergerak dari arah TMA ke TMB.
ADVERTISEMENT
Tentunya langkah ini bekerja ketika kondisi katup buang masih tertutup. Maka dari itu Anda perlu memahami kode oli terlebih dahulu, agar dapat menemukan oli yang cocok untuk mobilmu.
2. Langkah Kompresi
Langkah kompresi adalah proses kompresi yang terdapat di dalam mesin diesel karena proses memampatkan udara oleh piston ketika bergerak dari TMB menuju TMA. Bagian katup udara isap dan buang juga dalam keadaan tertutup. Jadi, hal ini akan mengakibatkan tekanan dan suhu menjadi naik.
3. Langkah Kerja
Berikutnya yaitu langkah kerja. Langkah kerja merupakan langkah terjadinya proses pembakaran mulai berjalan. Proses tersebut membuat piston mulai bergerak mendorong dan bekerja untuk menggerakan mesin mobil. Tak hanya itu, proses ini juga terus berjalan ketika piston bergerak dari TMA ke TMB.
Cara Kerja Mesin Diesel dan Kelebihannya (39727)
searchPerbesar
Mesin Diesel Isuzu Panther Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
4. Langkah Buang
ADVERTISEMENT
Ini adalah langkah terakhir di dalam cara kerja mesin diesel. Hasil pembakaran yang sudah muncul akan dibuang melalui katup pembuangan. Sama seperti langkah sebelumnya, kondisi piston tetap bergerak dari TMA ke TMB. Untuk kondisi katup isa akan tertutup juga.
Setelah Anda tahu cara kerja mesin diesel, ada beberapa kelebihan dari mesin tersebut. Yang pertama jelas harga bahan bakar solar cenderung lebih terjangkau karena mesin ini menggunakan tenaga bahan bakar solar.
Kemudian sistem kerjanya tanpa menggunakan spark yang menjadikan kendaraan lebih efisien. Mesin diesel juga lebih awet serta tidak perlu melakukan penggantian busi karena memang tidak menggunakan komponen tersebut. Secara biaya perawatan sudah pasti menjadi lebih hemat.
(FOV)