Cara Melihat Biaya Pajak Motor di STNK dan Secara Online

Konten dari Pengguna
31 Januari 2023 14:29 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara melihat biaya pajak motor di STNK. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Cara melihat biaya pajak motor di STNK. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
ADVERTISEMENT
Cara melihat biaya pajak motor di STNK bisa membantu Anda dalam membayar pajak sebelum tenggat waktu yang telah ditentukan, alias tidak telat. Berikut cara mengidentifikasi jumlahnya.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor yang pemungutannya dilakukan di Kantor Samsat.
PKB ini termasuk ke dalam Pajak Provinsi yang menjadi bagian dari Pajak Daerah sehingga besarannya bisa berbeda di setiap wilayahnya. Secara garis besar, besaran PKB adalah 1,5% sampai 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).
Bagi yang belum tahu, PKB perlu dibayarkan setiap tahunnya bersama dengan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ). Besaran SWDKLLJ untuk sepeda motor dan mobil juga berbeda, ini daftar biayanya:
Setelah mengetahui informasi singkat mengenai pajak yang perlu dibayarkan pemilik kendaraan setiap tahunnya, berikut cara melihat besaran biaya pajak motor di STNK.
ADVERTISEMENT

Cara Melihat Biaya Pajak Motor di STNK

Cara melihat biaya pajak motor di STNK. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Besaran biaya pajak motor yang harus dibayarkan setiap tahunnya bisa Anda identifikasi di salah satu sisi STNK. Pada lembaran tersebut sudah terlihat jelas besaran PKB & SWDKLLJ yang harus dibayarkan.
Apabila Anda ingin mengetahui besaran pajak motor yang perlu dibayarkan per tahunnya, Anda bisa melihat kolom “JUMLAH” di satu sisi lembaran STNK.
Meskipun demikian, besaran ini bisa berbeda apabila Anda telat membayar pajak. Sebab, pemilik kendaraan yang terlambat membayar pajak akan dikenakan sanksi administratif berupa denda pajak dan denda SWDKLLJ.
Apabila permasalahan serupa terjadi, Anda bisa melihat besaran pajak yang harus dibayarkan per tahunnya secara daring. Berikut informasinya.

Cara Melihat Biaya Pajak Motor Secara Online

Cara melihat biaya pajak motor di STNK. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, pemerintah bersama dengan Samsat sudah mengunggah beberapa fasilitas daring guna mempermudah masyarakat dalam membayar pajak, tak terkecuali mengecek besaran pajak.
ADVERTISEMENT
Pengecekan pajak kendaraan secara online ini terbilang cukup akurat, karena di dalamnya sudah tertera besaran biaya denda pajak apabila terjadi keterlambatan membayar PKB. Berikut cara cek pajak secara daring melalui laman E-Samsat:
Demikian informasi mengenai cara melihat biaya pajak motor di STNK dan secara online. Semoga bermanfaat.
ADVERTISEMENT
(AA)