Cara Membersihkan Filter Bensin pada Mobil yang Benar

Konten dari Pengguna
10 Juni 2024 13:53 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi cara membersihkan filter bensin. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara membersihkan filter bensin. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Perawatan filter bensin dapat dilakukan dengan cara membersihkan komponen ini secara rutin. Namun tidak sedikit pengguna mobil yang belum tahu bagaimana cara membersihkan filter bensin dengan benar.
ADVERTISEMENT
Padahal perawatan secara berkala perlu dilakukan agar performa mobil tetap optimal. Selain itu, tindakan ini juga berguna untuk mencegah terjadi kerusakan mobil saat sedang dikendarai.

Cara Membersihkan Filter Bensin

Ilustrasi cara membersihkan filter bensin. Foto: Unsplash
Seiring berjalannya waktu, filter bensin cenderung dapat mengalami penumpukan berbagai jenis kotoran maupun partikel lain yang masuk ke mesin.
Untuk memastikan umur mesin yang panjang, pembersihan filter bahan bakar perlu dilakukan secara teratur. Pada uraian ini dijabarkan mengenai bagaimana cara membersihkan filter bensin yang telah Info Otomotif rangkum dari laman Fresh Gear.

1. Tahap Persiapan

Sebelum melakukan pembersihan filter bensin, pengguna mobil perlu melakukan persiapkan terlebih dahulu. Parkir mobil di tempat yang berventilasi baik dan matikan mesin.
Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, di antaranya kunci pas, pengaman, sarung tangan, wadah untuk menampung bahan bakar, dan beberapa kain lap atau handuk kertas bersih.
ADVERTISEMENT

2. Temukan Lokasi Filter Bensin

Lokasi filter bensin dapat berbeda-beda tergantung kendaraan. Komponen ini biasanya terletak di sepanjang saluran bahan bakar, baik di bawah mobil atau di dekat mesin.
Untuk memastikannya, periksa buku panduan pengguna untuk membantu menemukannya.

3. Kurangi Tekanan Bahan Bakar

Untuk mencegah bahan bakar menyembur keluar saat filter dilepas, kurangi tekanan bahan bakar dengan melepas sekring pompa bahan bakar atau melepaskan relai pompa bahan bakar.

4. Putuskan Sambungan Saluran Bahan Bakar

Gunakan kunci pas untuk melonggarkan klem yang menahan saluran bahan bakar ke filter. Lepaskan saluran dari filter dengan hati-hati, pastikan untuk menangkap bahan bakar yang mungkin bocor.

5. Lepas dan Bersihkan Filter

Lepaskan braket pemasangan atau tali yang menahan filter pada tempatnya. Keluarkan filter dan bersihkan secara menyeluruh menggunakan larutan pembersih yang direkomendasikan untuk jenis filter.
ADVERTISEMENT
Periksa juga saluran saluran bahan bakar apakah ada tanda-tanda kerusakan atau penyumbatan. Jika diperlukan, bersihkan komponen tersebut dengan udara bertekanan atau larutan pembersih yang sesuai.

6. Pasang filter yang Sudah Dibersihkan

Setelah filter dan saluran bahan bakar bersih dan kering, saatnya memasang kembali.
Pasang filter yang sudah dibersihkan pada posisi yang sama dengan filter lama, pastikan terpasang erat. Sambungkan kembali saluran bahan bakar dan kencangkan klemnya.

7. Lakukan Pengujian

Langkah terakhir, pengguna mobil dapat memeriksa kembali kekencangan semua sambungan dan pastikan tidak ada kebocoran bahan bakar.
Pasang kembali sekring pompa bahan bakar atau sambungkan kembali relai pompa bahan bakar. Nyalakan mesin dan biarkan bekerja selama beberapa menit untuk mengembalikan tekanan bahan bakar.
(SA)