Otomotif
·
11 Juni 2021 9:50
·
waktu baca 2 menit

Cara Memperbaiki Aki Kering yang Cepat Habis

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Memperbaiki Aki Kering yang Cepat Habis (241207)
Aki kering pada DFSK Glory i-Auto Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Beberapa pemilik mobil pasti sering dikeluhkan dengan permasalahan mengenai aki kering dan cepat habis atau mudah soak.
ADVERTISEMENT
Memperbaiki aki mobil yang mulai kering adalah hal yang sangat sederhana. Salah satunya adalah menggantinya dengan aki mobil yang baru.
Akan tetapi, cara ini tentunya akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah aki mobil yang satu ini.

Cara Memperbaiki Aki Kering

Namun, Infootomotif telah merangkum beberapa cara memperbaiki aki kering yang cepat habis. Dikutip dari itstillruns.com berikut cara-caranya.
  • Congkel tutup sel aki yang terletak dibagian atas kaki mobil dengan menggunakan obeng pipih sebagai tuasnya. Dorong obeng ke dasar tutup sel dan tarik perlahan ke atas hingga tutup sel terlepas. Tempatkan tutup di tempat yang aman jauh dari blok mesin.
  • Selanjutnya, agar terlihat lebih jelas, gunakan senter untuk menyorotkan cahaya ke sel-sel aki mobil. Tentukan apakah sel aki benar-benar kering dan tidak ada benda asing lain yang tersangkut di dalam sel. Cari bagian dalam wadah sel, pastikan tidak ada perubahan warna. Bagian dalam sel harus benar-benar hitam.
  • Jika aki benar benar kering, Isi ulang setiap sel menggunakan distilled water atau bisa disebut air aki. Isi setiap sel dengan 1/2 inci air aki.
  • Terakhir, pasang kembali tutup sel dengan memasangnya dengan erat di bagian atas baterai. Ketuk mereka ke tempatnya menggunakan ujung obeng pipih.
ADVERTISEMENT
Nah itulah beberapa cara memperbaiki aki yang kering yang bisa membuat air aki cepat abis. Semoga bermanfaat!
Cara Merawat Aki Mobil
Faktor penting yang tak boleh dilewatkan dalam menjaga komponen-komponen mobil tetap bekerja dengan baik adalah perawatan. Hal ini juga berlaku pada aki mobil.
Agar tak mudah kering atau soak, beberapa cara perawatan berikut ini wajib dilakukan.
1. Beban menggunakan aki
Cara pertama adalah dengan memerhatikan beban penggunaan aki. Untuk hal ini, pemeriksaan wajib dilakukan secara berkala. Salah satunya adalah ketika servis berkala yang wajib dilakukan pemilik mobil.
2. Rutin Memanaskan Mobil
Kebiasaan rutin memanaskan mobil ternyata juga bisa membantu merawat performa aki. Bahkan, ketika mobil sedang tidak digunakan sekalipun, sebagai pemilik mobil Anda tetap wajib memanaskan mobil agar aki tidak mudah rusak atau soak.
ADVERTISEMENT
3. Bersihkan Aki
Sama seperti komponen mobil lainnya, aki mobil pun wajib dibersihkan. Terutama di bagian terminal aki. Bagian aki yang satu ini kerap terpapar debu dan kotoran.
Jika debu dan kotoran tidak dibersihkan, bisa menyebabkan hantaran listrik dari aki ke komponen mobil menjadi terhambat.
Nah, itulah cara memperbaiki aki kering yang mudah dan ampuh. Jangan lupa juga untuk selalu merawat aki kering agar tak cepat soak.
(HDZ)