Otomotif
·
20 Juli 2021 6:45
·
waktu baca 1 menit

Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor (36252)
searchPerbesar
Busi motor Honda Vario Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Busi merupakan salah satu komponen yang sangat penting dan vital pada motor. Busi merupakan sumber utama dari sistem pengapian sepeda motor. Kecepatan atau performa motor juga bisa bersumber dari komponen tersebut.
ADVERTISEMENT
Seringkali, busi mengalami masalah jika tidak diketahui penyebabnya. Ini akan menimbulkan mesin menjadi mati atau mogok karena tidak ada sumber pengapian dalam mesin.
Busi motor memiliki fungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin api di akhir langkah kompresi.

Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor

Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor (36253)
searchPerbesar
Busi Motor Kawasaki W175 Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Jika Anda ingin meningkatkan atau memperbesar pengapian, tentunya Anda harus paham mengenai cara yang benar. Ini bisa berakibat fatal jika Anda sembarangan meningkatkan pengapian busi motor.
Apabila pengapian busi motor diperbesar, tenaga yang dihasilkan dalam mesin akan menjadi lebih besar dan tentunya membuat bahan bakar yang dikeluarkan akan menjadi optimal. Bahan yang diperlukan untuk memperbesar pengapian busi motor adalah menggunakan klem dan kabel kawat yang berukuran 0,9 mm.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari video di kanal Youtube Lucky Motor Channel, berikut cara memperbesar pengapian busi motor dengan benar.
  1. Ukur kawat email 3 sampai 5 cm dari ujung kabel koil lalu lilit dengan secara perlahan hingga memenuhi kabel tersebut. Usahakan masukkan sedikit ujungnya dan tekuk untuk ditindih dengan lilitan agar tidak lepas dan usahakan lilitannya kuat dan serapat mungkin.
  2. Teknik melilit email pada kabel koil ini biasa disebut dengan ground strap. Trik ini biasa diaplikasikan di berbagai sepeda motok, baik untuk motor harian maupun tune up. Bahkan, motor besar yang memiliki ukuran di atas 200 cc dan 2 silinder banyak yang menggunakan teknik tersebut untuk menyempurnakan proses pembakaran.
  3. Jika dirasa lilitannya telah memenuhi kabel koil, pasangkan isolasi dari ujung bawah lilitan hingga atas agar tidak kelihatan kabel emailnya.
  4. Kerok ujung kawat email menggunakan pisau dan bersihkan isolator kabel tersebut.
  5. Setelah bersih, siapkan klem kabel lalu pasangkan pada ujung atas kawat email yang sudah melilit dan tekuk kawat agar klem kuat dan tidak mudah copot.
  6. Jika sudah selesai, pasangkan klem tersebut ke baut pemegang regulator. Klem juga bisa dipasangkan di tempat lain yang memiliki baut. Pertimbangan di tempat tersebut karena posisinya yang paling dekat dengan kabel koil.
  7. Tes perubahan loncatan bunga api dengan menempelkan kabel koil ke busi motor kemudian starter motor berkali-kali. Jika loncatan bunga api sudah besar dari sebelumnya, berarti langkah tersebut berhasil.
ADVERTISEMENT
Nah, begitulah cara memperbesar pengapian busi motor dengan mudah dan bisa dipraktekkan sendiri di rumah.
(FOV)