Konten dari Pengguna

Cara Mengatasi Busi Motor Basah dengan Mudah dan Cepat

13 Maret 2023 14:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara mengatasi busi motor basah. Foto: Darryl Ramadhan/Antara Foto
zoom-in-whitePerbesar
Cara mengatasi busi motor basah. Foto: Darryl Ramadhan/Antara Foto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara mengatasi busi motor basah bisa bermanfaat untuk pemilik sepeda motor yang sering berkendara pada musim hujan seperti saat ini. Sebab, melintasi genangan air umumnya akan membuat busi motor menjadi basah, ini solusinya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman Suzuki, busi motor merupakan komponen utama dalam sistem pengapian kendaraan yang berfungsi sebagai pengubah tegangan listrik yang berasal dari koil menjadi percikan api yang mampu membakar campuran bahan bakar dan udara.
Oleh karenanya, busi memiliki peranan penting untuk sepeda motor, khususnya dalam proses menghidupkan mesin. Nah, busi motor yang basah akan mempersulit adanya percikan api yang membuat mesin hidup, bahkan mesin tidak bisa menyala.
Bagi yang memiliki permasalahan serupa pada sepeda motornya, ini cara mengatasi busi motor basah dengan mudah dan cepat tanpa harus ke bengkel.

Cara Mengatasi Busi Motor Basah

Cara mengatasi busi motor basah. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, busi motor basah umumnya terjadi akibat motor yang terendam banjir atau yang menerjang genangan air. Tidak hanya berlaku untuk busi, perilaku tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.
ADVERTISEMENT
Meskipun demikian, salah satu permasalahan umum dalam menerjang genangan air adalah busi menjadi basah sehingga tidak mampu melaksanakan tugasnya secara optimal. Maka dari itu, berikut cara mengatasi busi motor basah dengan mudah dan cepat:

1. Lepaskan Busi dari Motor

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencopot busi dari motor menggunakan kunci busi dan obeng yang sesuai. Sebelum membukanya, pastikan sepeda motor sudah dalam kondisi mati atau dalam keadaan yang dingin.
Agar mempermudah prosesnya, Anda bisa menggunakan kunci busi yang panjang. Caranya juga cukup mudah, yakni meletakkan kunci busi pada busi kemudian masukkan obeg di antara lubang kunci busi. Setelah itu, Anda bisa memutar berlawanan arah jarum jam secara perlahan.

2. Cek Kondisi Busi

Setelah busi sudah terlepas dari sepeda motor, Anda bisa mengecek kondisi busi terlebih dahulu. Umumnya hal ini bisa diketahui dengan melihat warnanya. Sebab, sebagian busi yang basah tidak bisa dikeringkan karena masa pakainya yang memang sudah habis.
ADVERTISEMENT
Apabila warna busi masih abu-abu atau seperti merah bata, maka busi masih dalam kondisi terbaiknya. Namun, jika busi sudah berwarna hitam, putih pucat, atau hitam berlumuran oli, Anda disarankan untuk menggantinya dengan busi yang baru.

3. Keringkan Busi

Jika busi pada motor masih dalam kondisi terbaiknya (warna abu-abu atau merah bata), Anda bisa langsung mengeringkan komponennya pada bagian elektroda menggunakan kain yang bersih.
Pastikan seluruh bagian busi sudah kering agar bisa menunjang mekanisme pembakaran pada kendaraan. Jika sudah, maka Anda bisa memasang kembali busi layaknya Anda melepasnya.
Demikianlah informasi mengenai cara mengatasi busi motor basah dengan mudah dan cepat. Dnegan mengetahui informasi di atas, Anda diharapkan dapat lebih waspada terhadap segala macam komponen yang tersemat pada kendaraan. Semoga bermanfaat.
ADVERTISEMENT
(AA)