Konten dari Pengguna

Cara Mengatasi Klakson Motor Bunyi Terus

30 April 2024 13:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Controler dan saklar kiri di BMW S1000XR. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparam
zoom-in-whitePerbesar
Controler dan saklar kiri di BMW S1000XR. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparam
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Klakson merupakan komponen pada motor yang berfungsi sebagai isyarat atau tanda peringatan kepada pengguna jalan lain. Jika tombol klakson ditekan, maka akan terdengar bunyi yang cukup keras.
ADVERTISEMENT
Bunyi tersebut berasal dari getaran diafragma yang terjadi secara cepat. Diafragma klakson dipasangkan sedemikian rupa pada sebuah inti kumparan.
Namun, terdapat beberapa gangguan yang dapat terjadi sehingga membuat klakson motor berbunyi terus menerus. Cari tahu informasi mengenai penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Klakson Motor Bunyi Terus

Saklar kiri setang Piaggio MPE 500 HPE Sport Advanced. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Gangguan pada komponen klakson dapat membuat klakson berbunyi terus. Supaya dapat berfungsi dengan normal, langkah perbaikan harus dilakukan sesuai dengan penyebabnya.
Berikut adalah beberapa cara memperbaiki klakson motor yang berbunyi terus menerus.

1. Periksa Kondisi Kabel

Masalah kelistrikan seringkali jadi penyebab umum klakson motor terus berbunyi. Mengutip dari laman Boss Horn, hal ini biasanya dapat disebabkan karena korsleting pada kabel atau adanya kabel yang terkelupas.
ADVERTISEMENT
Dalam beberapa kondisi, faktor lingkungan seperti suhu ekstrem atau kelembapan dapat mempengaruhi fungsi klakson. Kelembapan atau pengembunan bisa membuat kabel klakson mengalami korsleting.
Jika terjadi masalah pada sistem kelistrikan motor, maka dapat menyebabkan klakson berbunyi secara tiba-tiba.

2. Ganti Saklar Klakson yang Rusak

Kerusakan pada saklar klakson juga menjadi kemungkinan penyebab lain klakson berbunyi terus. Saklar yang tertahan pada posisi “on” atau rusak dapat menyebabkan klakson berbunyi tanpa ada masukan dari pengemudi.
Apabila kondisi ini terjadi, pengguna motor perlu mengganti komponen tersebut dengan komponen baru untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Lakukan Pemerikaan pada Relay Klakson

Komponen lainnya yang perlu diperiksa saat klakson terus berbunyi adalah relay.
Relay bertugas sebagai penghubung antara baterai dengan aliran arus listrik. Komponen otomotif ini juga memiliki berfungsi penting untuk menyalurkan daya pada rangkaian klakson motor.
ADVERTISEMENT
Jika terdapat kerusakan pada relay klakson, hal ini bisa menyebabkan klakson terus berbunyi atau tidak mati setelah saklar klakson dimatikan.
Pengguna motor dapat mengganti relay yang sudah aus atau rusak untuk memperbaiki masalah ini. Selain itu, untuk relay yang terlalu kotor dapat diatasi dengan cara membersihkannya dengan amplas.
Demikian adalah sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi klakson sepeda motor yang berbunyi terus sesuai dengan penyebabnya.
(SA)