Cara Mengatasi Mobil Tidak Kuat Nanjak

Konten dari Pengguna
7 Juni 2024 15:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi mobil tidak kuat nanjak. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi mobil tidak kuat nanjak. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat melintasi tanjakan yang curam, seringkali mobil tidak mampu untuk berakselerasi. Akibatnya mobil dapat mundur tidak terkendali atau tergelincir.
ADVERTISEMENT
Kondisi ini tentu dapat membahayakan pengemudi maupun penumpang di dalam mobil. Ada banyak faktor yang menyebabkan mobil gagal menanjak, seperti kondisi kendaraan yang kurang prima hingga cara mengemudi.
Supaya dapat mengatasi mobil tidak kuat nanjak, simak beberapa hal yang bisa dilakukan pengemudi agar dapat melewati setiap tanjakan jalan dengan mudah.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Kuat Nanjak

Ilustrasi cara mengatasi mobil tidak kuat nanjak. Foto: Pexels
Untuk meminimalisasi kejadian buruk, pengguna kendaraan perlu tahu bagaimana cara mengatasi mobil yang tidak kuat menanjak. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan berdasarkan penjabaran dari berbagai sumber.

1. Kurangi Muatan Mobil

Penyebab mobil gagal menanjak kerap kali disebabkan karena kelebihan muatan. Semakin berat barang yang dibawa, maka mobil akan semakin terbebani dan performa mobil akan melemah.
Pada gilirannya, mobil tidak mampu untuk menaklukkan tanjakan. Pastikan untuk menyesuaikan jumlah muatan ketika akan melewati tanjakan yang curam. Setelah penumpang atau barang bawaan dikurangi, coba lagi menanjak sambil menggunakan gigi rendah.
ADVERTISEMENT

2. Atur Gigi

Cara mengatasi mobil yang tidak kuat menanjak adalah dengan melakukan sejumlah trik mengemudi dan mengatur gigi dengan tepat.
Mundurkan mobil secara perlahan ke permukaan jalanan yang lebih rata. Pastikan kondisi sekitar aman supaya bisa mengambil ancang-ancang.
Untuk mobil dengan transmisi manual, bisa memulai dengan gigi 1 atau gigi L untuk mobil matic. Kemudian injak pedal secara perlahan, biarkan mobil naik dibantu dengan menggunakan torsi yang cukup.
Selain itu, ketika mobil gagal menanjak, pengemudi bersiap menarik handbrake untuk mencegah kendaraan mundur.

3. Membersihkan Karburator atau Injektor

Baik mobil yang menggunakan karburator atau sudah memakai sistem injektor, perlu dibersihkan setiap akan melakukan perjalanan. Apalagi jika medan yang akan dilalui berupa tanjakan yang curam.
ADVERTISEMENT
Injektor bahan bakar atau tersumbat karena terkena endapan dari tangki bensin bisa membuat mobil menghasilkan tenaga yang lemah.

4. Memeriksa Filter Bahan Bakar

Filter bahan bakar berfungsi untuk mencegah kotoran bercampur ke dalam bahan bakar sehingga menghasilkan kinerja mesin yang lebih baik.
Kondisi komponen yang buruk dapat menyebabkan volume bahan bakar rendah, mengakibatkan performa mesin buruk, sehingga mobil sulit untuk menanjak.
Ada banyak alasan yang menyebabkan filter bahan bakar rusak, namun yang paling umum adalah keausan. Filter bahan bakar dapat kehilangan fungsinya seiring dengan penggunaannya.
Demikian adalah sejumlah cara untuk mengatasi mobil yang tidak kuat. Pengguna kendaraan dapat melakukan tindakan di atas supaya berhasil melewati setiap tanjakan.
(SA)