Otomotif
·
16 Juli 2021 6:00
·
waktu baca 1 menit

Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Mobil Avanza

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Mobil Avanza (684966)
searchPerbesar
Ilustrasi cara mengganti kampas rem belakang mobil. (Foto: Autoindustriya.com)
Rem adalah bagian pada mobil yang sangat penting yang berfungsi untuk mengurangi laju kecepatan pada kendaraan Anda. Rem ini tentu sangat penting untuk keselamatan berkendara. Sebab banyak kecelakaan yang terjadi diakibatkan rem yang tidak berfungsi atau rem blong.
ADVERTISEMENT
Biasanya ini terjadi karena minyak rem dan kampas rem yang sudah habis. Untuk mengganti kampas rem belakang pada mobil, salah satunya, Avanza, Anda bisa datang langsung ke bengkel kesayangan Anda atau jika Anda mempunyai pengalaman di bidang otomotif, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah.
Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Mobil Avanza (684967)
searchPerbesar
Ilustrasi rem pada mobil (Foto: Pixabay)

Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Mobil Avanza

Dikutip dari video di kanal YouTube Fauzan Twin Speed, ada beberapa cara untuk melakukan penggantian kampas rem belakang pada mobil Toyota Avanza. Berikut cara-caranya.
  1. Langkah pertama lepaskan tromol yang terpasang agar memudahkan untuk membongkar part-part lainnya yang ada pada sistem pengereman tersebut. Selanjutnya lepas pegas luar kampas
  2. Lepaskan pengancing kampas kanan dan juga yang kiri menggunakan sekrup. Selanjutnya lepaskan juga pegas dalam kampas rem. Perlu digarisbawahi bahwa Anda harus berhati-hati dalam melepas pegas ini karena begitu pegas lepas, semua part akan lepas juga.
  3. Putar ke arah minimal agar memudahkan saat Anda memasangkan yang baru. Lalu periksa juga wheell silinder apakah macet atau tidak. Lalu periksa juga apakah ada kebocoran pada minyak rem. Jika tidak, lanjut ke tahap selanjutnya.
  4. Langkah selanjutnya lepaskan pengunci setelan rem agar dapat membuka semua part bagian dalam. Namun kabel hand rem tidak perlu dilepas agar nantinya tidak menyulitkan ketika hendak memasangnya lagi.
  5. Ketika semua part sudah terbongkar. Alangkah baiknya untuk melakukan penataan terhadap part-part komponen rem belakang tersebut agar tidak berserakan kemana-mana dan menyebabkan kehilangan part tersebut.
  6. Ketika sudah benar-benar terbongkar, siapkan kampas rem yang baru Anda beli. Lalu cocokkan kampas rem tersebut karena kampas rem yang kanan dan kiri berbeda fungsi juga bentuknya. Jika abai, ini akan mempengaruhi leading dan trailing yang berpengaruh pada daya pengereman
  7. Buka pengunci dengan obeng dan tang. Setelah lepas, pasang kampas rem baru. Jangan lupa gunakan pengancing yang baru, biasanya ada beserta kampas rem baru tersebut. Tekan atau jepit dengan tang hingga mengunci dengan rapat.
  8. Ketika menguncinya harus hati-hati, karena posisinya sempit dan sulit, dikhawatirkan akan membuat kerusakan pada part lainnya.
  9. Rakit kembali kedua kampas dengan penghubung pegas bawah
  10. Pasang per bagian dalam, yaitu per yang kecil, penyetel celah rem tromol belakang, pengunci setelan rem, pengunci kampas rem yang kiri dan yang kanan, dan pasang pegas luar
  11. Pasang kembali tromol rem belakang, kemudian lepaskan lagi. Langkah ini untuk menempatkan kampas pada tempatnya
  12. Dan yang terakhir setel celah pada rem. Hal ini dapat mempengaruhi ketinggian hand rem. cara menyetelnya sendiri diputar ke atas sampai berbunyi "klik klik klik"
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa cara mengganti kampas rem belakang mobil Toyota Avanza. Cara ini mungkin gampang-gampang susah, namun bagi Anda yang hobi memperbaiki kendaraan dan penasaran, kegiatan ini bisa menjadi sebuah tantangan kecil. Jangan khawatir, jika Anda masih ragu melakukannya sendiri, alangkah baiknya untuk membawa mobil Avanza kesayangan Anda ke bengkel resmi.
(HDZ)