Cara Menghemat Bensin Motor, Perhatikan 5 Hal Ini

Konten dari Pengguna
4 April 2024 17:44 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi motor matik isi bensin. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi motor matik isi bensin. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Memiliki kendaraan yang irit bensin tentu menjadi impian bagi banyak orang. Motor yang tidak boros bahan bakar membuat pengendara tidak perlu merogoh kocek dalam untuk mengisi bensin setiap saat.
ADVERTISEMENT
Meski konsumsi bahan bakar setiap motor ditentukan berdasarkan jenis mesin hingga teknologi yang digunakan, namun rupanya terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menekan penggunaan bensin secara umum.
Lantas bagaimana cara menghemat bensin motor? Ikuti langkah-langkah di bawah ini supaya dapat bahan bakar kendaraan tetap irit.

Cara Menghemat Bensin Motor

Ilustrasi cara menghemat bensin motor. Foto: Shutterstock
Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan agar motor irit BBM.

1. Hindari Membawa Beban Terlalu Berat

Salah satu cara untuk menghemat bahan bakar adalah dengan mengetahui beban maksimal motor tersebut. Hindari untuk membawa beban yang terlalu berat melebihi daya angkut motor.
Motor yang membawa beban berat akan membuatnya bekerja lebih keras, sehingga membutuhkan lebih banyak bensin dari biasanya.
ADVERTISEMENT

2. Menjaga Kecepatan Berkendara

Cara berkendara seseorang juga dapat mempengaruhi berapa banyak bensin yang dihabiskan. Memacu motor dengan kecepatan tinggi akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.
Sebagai gantinya, jaga kecepatan motor tetap konstan agar dapat menghemat bahan bakar. Hindari juga menarik gas dan melakukan pengereman secara tiba-tiba saat berkendara.

3. Periksa Tekanan Angin pada Ban

Sebelum memulai perjalanan, periksa semua bagian motor secara menyeluruh, termasuk tekanan angin pada ban. Pasalnya, tekanan angin ban dapat mempengaruhi konsumsi bensin.
Tekanan angin ban yang terlalu sedikit akan membuat tarikan motor menjadi lebih berat. Pada gilirannya, hal ini mengakibatkan motor membutuhkan jumlah bensin yang lebih besar.
Begitu pula, jika tekanan angin ban terlalu tinggi dapat membuat motor menjadi tidak stabil dan berisiko kehilangan traksi.
ADVERTISEMENT

4. Perhatikan Kualitas Oli

Pemilik motor juga perlu memperhatikan kualitas oli yang digunakan supaya irit bahan bakar. Kesalahan dalam pemilihan oli dapat berdampak buruk pada mesin seperti mengakibatkan banyak gesekan dalam mesin.
Gesekan mesin yang berlebihan membuat banyak tenaga untuk menggerakkan, sehingga semakin banyak pula jumlah bensin yang digunakan.
Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti oli secara berkala sesuai dengan interval yang ditentukan.

5. Gunakan Bensin dengan Oktan Lebih Tinggi

Apabila sepeda motor membutuhkan bensin dengan nilai oktan tertentu, pastikan untuk menggunakan bensin yang sesuai. Bensin dengan oktan yang lebih tinggi dapat meningkatkan efisiensi pembakaran dan mengoptimalkan kinerja mesin.
Pada gilirannya, mengisi motor dengan BBM beroktan tinggi mampu menghemat bahan bakar dan menjadikan mesin motor tetap awet.
Demikian adalah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya bensin motor tetap irit.
ADVERTISEMENT
(SA)