Cara Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara, Catat 5 Poin Ini

Konten dari Pengguna
7 November 2021 10:17
·
waktu baca 1 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara, Catat 5 Poin Ini (13030)
zoom-in-whitePerbesar
Selalu ingat gunakan sabuk pengaman sebelum berpergian Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Hal utama yang perlu diperhatikan saat berkendara adalah memastikan keselamatan berkendara. Beberapa kasus kecelakaan kendaraan terjadi akibat kelalaian terhadap faktor keselamatan.
ADVERTISEMENT
Terlebih, saat melintas di jalan raya yang ramai dan berkecepatan tinggi. Ada beberapa hal agar dapat selamat sampai tujuan saat bepergian menggunakan kendaraan yaitu mengecek seluruh kondisi kendaraan dan kesiapan Anda sebagai pengendara atau pun penumpang.
Dua hal utama ini harus selalu diperhatikan. Memang, musibah bisa datang kapan saja. Namun, Anda harus menyiapkan beberapa hal keselamatan agar meminimalisasi kejadian tersebut.
Sementara itu, beberapa hal juga yang bisa dirugikan saat terjadi kecelakaan seperti kendaraan yang rusak, perawatan diri akibat luka, serta trauma pasca kejadian kecelakaan.

5 Cara Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara

5 Cara Menghindari Kecelakaan Saat Berkendara
Kecelakaan bisa kita hindari atau meminimalisasi dengan beberapa cara. berikut ini cara menghindari kecelakaan saat berkendara.
1. Gunakan Helm atau Sabuk Pengaman
Dilansir dari laman Megainsurance, bagi Anda pengendara motor, menggunakan helm adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan, baik pengendara maupun penumpang. Namun, tidak jarang pengendara sepeda motor yang menyepelekannya. Demi meningkatkan keselamatan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda selalu menggunakan helm saat berkendara sepeda motor sedekat apa pun jaraknya. Sementara itu, menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil juga sangat penting. Jika telanjur terjadi tabrakan atau kecelakaan, Anda akan terlindungi dari benturan terhadap setir karena akan terlebih dahulu tertahan oleh sabuk pengaman yang terikat di badan. Gunakan sabuk pengaman dengan posisi yang benar saat berkendara untuk melindungi tubuh Anda sepenuhnya.
2. Hindari Menggunakan Telepon Genggam
Banyak ditemukan pengemudi yang menggunakan telepon genggamnya baik untuk berkomunikasi atau sekadar melihat notifikasi saat berkendara. Namun, nyatanya hal tersebut sangat berakibat fatal karena dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika berkendara. Tidak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengendara asyik menggunakan telepon genggamnya saat berkendara. Maka dari itu, biasakan untuk tidak menggunakan telepon genggam sama sekali ketika berkendara karena akan membahayakan keselamatan Anda.
3. Periksa Kendaraan Secara Berkala
Kendaraan juga butuh pengecekan secara berkala karena kerusakan bisa saja terjadi tanpa kita ketahui. Lakukan pemeriksaan dan perawatan kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisinya apakah layak jalan atau butuh dilakukan penggantian komponen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama digunakan.
4. Berkendara Secara Perlahan tapi Pasti
Saat berkendara selalu jagalah kecepatan secara stabil untuk menghindari tabrakan dengan mobil lain atau pejalan kaki. Namun, hindari juga melaju kendaraan Anda dengan kecepatan yang terlalu lambat sehingga menghambat pengendara lain. Permenhub No 111 Tahun 2015 Pasal 3 menyatakan batas kecepatan di jalan bebas hambatan dalam kondisi arus bebas paling rendah 60 km/jam, dan paling tinggi 100 km/jam. Untuk jalan antarkota, batas paling tinggi adalah 80 km/jam. Sementara di kawasan perkotaan, batas kecepatan paling tinggi 50 km/jam, tetapi di kawasan permukiman batas paling tinggi hanya 30 km/jam.
5. Membawa Barang Seperlunya Saja
Jika kendaraan Anda membawa beban secara berlebihan, maka akan mempengaruhi konsumsi BBM yang semakin boros. Oleh karena itu, hindari membawa barang secara berlebihan ketika berkendara, baik Anda menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Bagi pengendara mobil yang menggunakan roof racks hindari melaju kendaraan Anda dengan kecepatan yang tinggi agar kendaraan tetap stabil ketika melaju di jalan.
(FOV)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020