Cara Menyalakan Mobil Matic yang Benar, Begini Panduannya

Konten dari Pengguna
10 Juli 2024 11:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menyalakan mobil matic yang benar. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menyalakan mobil matic yang benar. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mobil matic menjadi pilihan yang populer bagi banyak orang karena menawarkan kemudahan dalam penggunaannya. Pasalnya, pengemudi tidak perlu lagi mengatur kopling dan memindahkan gigi seperti di mobil manual.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, tidak sedikit yang belum mengetahui bagaimana cara mengoperasikan mobil dengan transmisi otomatis ini dengan tepat.
Supaya dapat dijadikan panduan bagi pengemudi pemula, berikut adalah penjelasan mengenai cara menyalakan mobil matic yang benar.

Cara Menyalakan Mobil Matic yang Benar

Ilustrasi mobil matic. Foto: Unsplash
Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkendara dengan mobil matic. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah petunjuk cara mengemudikan mobil matic.

1. Pastikan Tuas Transmisi pada Posisi P

Langkah pertama yang harus dilakukan pengemudi sebelum menyalakan mobil matic yaitu memastikan posisi tuas transmisi dalam keadaan P atau Park.
Fungsinya supaya mobil tidak bergerak atau melompat saat dinyalakan. Namun, pada beberapa mobil ada pula yang hanya bisa dihidupkan jika tuas transmisi berada di N atau Netral.
ADVERTISEMENT

2. Injak Pedal Rem Mobil Sebelum Menyalakan

Setelah posisi mobil sudah aman, pengemudi dapat menginjak pedal rem sebelum menyalakan mobil. Hal ini bertujuan supaya mobil tidak bergerak tiba-tiba. Kemudian masukkan kunci mobil ke dalam lubang ignisi dengan hati-hati.

3. Pastikan Semua Fitur Berfungsi

Hindari menyalakan atau starter mobil secara langsung. Tunggu beberapa saat sampai semua indikator di panel instrumen telah aktif. Hal tersebut menunjukkan bahwa sistem kendaraan berfungsi dengan baik.
Umumnya informasi yang tertera di panel instrumen antara lain seperti penunjuk kecepatan, indikator bensin, tingkat bahan bakar, dan informasi lainnya.
Untuk menghidupkan mesin mobil matic, terdapat beberapa cara. Ada yang menggunakan kunci dengan diputar dan ada pula yang menggunakan tombol engine start stop.

4. Tunggu Putaran Mesin Stabil

Setelah mesin hidup, biarkan mobil tetap berada di posisi P dan menunggu sampai putaran mesin stabil selama beberapa saat. Apabila semua sistem telah stabil, maka setelah itu pengemudi baru bisa menjalankan mobil.
ADVERTISEMENT
Pengemudi dapat memindahkan tuas transmisi ke posisi D atau R. Saat mengganti tuas transmisi, pengemudi melakukannya sambil menginjak pedal rem.
Mengutip dari laman Car From Japan, mobil matic memiliki beberapa pengaturan transmisi, seperti P, D, R, N, L. Penting bagi pengemudi untuk memahami fungsi dari masing-masing transmisi tersebut.
ADVERTISEMENT
(SA)