Cara Merawat AC Mobil agar Tetap Dingin

Konten dari Pengguna
4 April 2024 17:43 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara merawat AC mobil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara merawat AC mobil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Kenyamanan di dalam ruangan mobil merupakan hal yang penting bagi penumpang. Penumpang akan merasa nyaman apabila temperatur dan kelembapan udara di dalam kendaraan sesuai.
ADVERTISEMENT
Supaya udara di dalam mobil tidak terlalu panas atau terlalu dingin, sistem Air Conditioning (AC) harus mampu bekerja dengan optimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pengguna mobil adalah dengan merawat AC secara rutin.
AC yang tidak dirawat dengan benar akan mudah mengalami permasalahan, seperti dari AC tidak dingin, keluar bau tidak sedap hingga muncul suara berisik dari AC. Agar hal ini tidak terjadi, simak uraian mengenai cara merawat AC mobil dengan benar di bawah ini.

Cara Merawat AC Mobil dengan Benar

Pengaturan AC Toyota Corolla Cross. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
AC mobil merupakan mesin penyejuk udara yang banyak digunakan di kendaraan seperti mobil.
Mengutip dari buku Merawat & Memperbaiki AC Mobil (2008) oleh Juni Handoko, AC memiliki sejumlah fungsi diantaranya untuk mengontrol temperatur, mengontrol sirkulasi udara, mengontrol kelembapan, dan membersihkan udara.
ADVERTISEMENT
Supaya AC tetap bekerja dengan baik, pemilik kendaraan perlu menerapkan cara perawatan AC mobil dengan benar seperti berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Kabin Mobil

Kebersihan kabin mobil dapat mempengaruhi AC mobil. Hal ini karena sistem sirkulasi udara mobil memanfaatkan udara yang ada di dalam kabin mobil.
Jika debu dan kotoran yang ada pada kabin mobil ikut masuk ke dalam ventilasi AC, maka udara yang keluar dari AC pun juga akan ikut kotor.

2. Jangan Membuka Jendela Mobil saat Mengemudi

Debu dan kotoran yang ada di dalam kabin akan mempengaruhi kebersihan AC mobil, terutama udara dari luar secara langsung.
Oleh karena itu, hindari kebiasaan membuka jendela saat berkendara. Selain akan membuat kabin mobil dan AC menjadi kotor, penumpang juga bisa terkena debu dan kotoran dari luar.
ADVERTISEMENT

3. Bersihkan Filter Udara secara Rutin

Salah satu merawat AC mobil berikutnya adalah dengan selalu memeriksa filter udara. Komponen ini umumnya terletak di bawah dasbor mobil.
Filter udara dapat memerangkap debu dan polutan yang masuk ke dalam kabin kendaraan. Jika tidak dibersihkan secara berkala, filter ini mungkin akan tersumbat sehingga membatasi aliran udara dan memerangkap kelembapan.
Bahkan bila dibiarkan bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri. Selain iu, filter udara yang tidak dibersihkan dapat membuat AC mobil tidak bekerja efisien.

4. Periksa Penyumbatan pada Kondensor

Selain memeriksa filter udara, bagian kondensor untuk memeriksa apakah ada penyumbatan. Jika kondensor pada sistem AC mobil mengalami penyumbatan, hal ini bisa menyebabkan terhambatnya aliran udara pada pendingin AC.
Untuk menghindari hal ini, penting untuk membersihkan kondensor secara rutin sebagai bagian dari perawatan AC mobil.
ADVERTISEMENT
(SA)